15 Makanan Khas Semarang Mulai Dari Cemilan Hingga Makanan Berat

Sebelum liburan ke kota-kota lainnya yang ada di Jawa Tengah, tentunya harus datang terlebih dahulu ke Kota Semarang. Kota Semarang merupakan Ibukota Jawa Tengah sehingga ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah memburu kuliner khas Semarang. Kamu pasti sudah tahu bahwa rasa dari lumpia Semarang sangat lezat sejak pertama kali digigit. Tetapi makanan khas yang berasal dari Semarang bukan hanya lumpia tetapi masih ada banyak lagi. Bagi kamu yang belum tahu, di bawah ini akan dijelaskan daftar makanan khas Semarang mulai dari cemilan sampai makanan berat.

Baca Juga: 34+ Makanan Khas Daerah tiap Provinsi di Indonesia Serta Daerah Asalnya

Daftar Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicoba

1. Garang Asem

Makanan Khas Semarang - Garang Asem
Sumber: Piknikdong

Salah satu makanan asal Semarang yang selalu diburu oleh orang-orang yang datang ke kota ini adalah garang asem. Makanan yang berisi ayam yang dipadukan dengan kuah santan dilengkapi cabai dan juga belimbing wuluh ini sudah populer sejak lama dan masih terkenal hingga sekarang. Hal yang menarik adalah proses penyajian tidak menggunakan piring atau mangkuk tetapi menggunakan daun pisang yang bisa menambah cita rasanya. Sebagai pendamping, ada juga nasi, perkedel, tempe goreng, dan jeroan ayam.

2. Pecel Semarang

Makanan Khas Semarang - Pecel Semarang
Sumber: Ayosemarang

Menu makanan pecel memang bisa ditemukan di kota mana saja tetapi Pecel Semarang ini berbeda dengan yang lainnya. Walaupun secara bahan-bahan yang digunakan hampir sama yaitu menggunakan sayuran mulai dari kol, kangkung, kenikir, dan juga toge. Perbedaannya ada pada bahan pelengkap atau pendamping untuk pecel yaitu sate keong serta kerupuk karak membuat menu ini semakin lezat rasanya.

3. Soto Semarang

Makanan Khas Semarang - Soto Semarang
Sumber: Cookpad

Jika biasanya soto menggunakan bahan santan tetapi Soto khas Semarang ini menggunakan kaldu ayam kampung sehingga warnanya bening dengan aroma yang wangi. Kamu bisa makan soto ini dilengkapi dengan sate-satean mulai dari sate kerang, telur puyuh, hingga usus. Tidak ketinggalan juga terdapat gorengan yang bisa disantap seperti mendoan dan juga tahu goreng.

4. Tahu Gimbal

Makanan Khas Semarang - Tahu Gimbal
Sumber: Cookpad

Selain makanan berat, terdapat juga cemilan yang menjadi makanan khas Semarang yaitu tahu gimbal. Terbuat dari tahu goreng, lontong, bakwan udang, dan juga sayuran. Lalu dilumuri dengan bumbu kacang yang digoreng lalu ditumbuk kasar. Selain rasanya enak dan gurih tentunya makanan yang satu ini bisa mengenyangkan perut kamu selama berada di Semarang.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Kota Bekasi yang Lezat dan Nikmat

5. Tahu Petis

Makanan Khas Semarang - Tahu Petis
Sumber: Pariwisata Semarang Kota

Ada juga makanan khas yang bernama tahu petis dengan tekstur tahu yang padat sudah pasti akan membuat kenyang. Sesuai dengan namanya, tahu ini diberikan bumbu petis yang sangat kental dengan warna hitam yang ada di bagian dalamnya. Sehingga saat kamu gigit pertama kali akan langsung terasa kenikmatan cemilan ini.

6. Mie Kopyok

Makanan Khas Semarang - Mie Kopyok
Sumber: Perpusda Jateng

Bagi kamu yang suka dengan mie maka bisa mencoba Mie Kopyok Semarang yang sangat cocok dinikmati selagi hangat dan ketika cuaca dingin. Mie kopyok merupakan bakmie basah yang disiram menggunakan air panas lalu ditambahkan dengan daging dan juga tetelan sapi.

7. Nasi Koyor

Makanan Khas Semarang - Nasi Koyor
Sumber: Radar Semarang

Selanjutnya ada nasi koyor atau bisa dibilang juga sego koyor berisi nasi putih dilengkapi dengan koyor yang merupakan urat daging sapi. Kemudian dilumuri dengan kuah koyor, mentimun yang dipotong-potong, hingga petai goreng.

8.Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah sebuah ikon di dunia kuliner Indonesia yang tidak perlu diragukan lagi. Berasal dari warisan kuliner Cina, lumpia ini disulap dengan isian rebung, telur, dan ayam yang gurih, ditambah dengan saus khas yang melengkapi citarasa. Lumpia Semarang bukan hanya sekedar makanan, melainkan sebuah sejarah dan kebudayaan kota Semarang itu sendiri. Gurihnya isi dan kulit lumpia yang renyah menjadikan lumpia Semarang sebagai salah satu makanan khas Kota Semarang yang paling terkenal.

9.Wingko Babad Cap Kereta Api

Makanan Khas Semarang - Wingko Babad Cap Kereta Api
Sumber: Tribunjateng

Wingko Babad merupakan rekomendasi makanan khas Semarang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Diantara yang lainnya, Wingko Babad Cap Kereta Api adalah rekomendasi utamanya. Kue wingko babad terbuat dari kelapa dan beras ketan yang dipanggang hingga memiliki tekstur kenyal. Memiliki citarasa gurih dari kelapa parut, menjadikan WIngko Babad menjadi teman teh atau kopi yang pas untuk kamu coba. 

10.Bandeng Presto Juwana

Makanan Khas Semarang - Bandeng Juwana
Sumber: CNN Indonesia

Tak hanya Wingko Babat, ada Bandeng Presto Juwana, rekomendasi oleh-oleh khas semarang yang wajib dicoba. Hidangan Bandeng Presto Semarang ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977. Dibuat dengan teknis presto yang membuat tulangnya menjadi lunak dan dapat dimakan dengan bumbu-bumbu khas yang meresap sampai ke dalam. Oleh-oleh Semarang ini umumnya dilengkapi dengan sambal yang pedas nan menggoda.

11.Tahu Pong

Makanan Khas Semarang - Tahu Pong
Sumber: Kilasco

Olahan tahu khas Semarang, Tahu Pong adalah tahu yang bagian isinya kosong/kopong yang digoreng garing, namun lembut di dalam. Memiliki citarasa asin dan gurih dan sering dimakan bersama sambal petis. Hidangan khas Semarang yang lezat ini umum dilakukan sebagai cemilan atau bisa juga sebagai pelengkap makan utama.

12.Roti Gambang/Roti Ganjel Rel

Makanan Khas Semarang - Roti Ganjel Rel
Sumber: Jateng Solopos

Roti Gambang, atau yang dikenal juga sebagai Roti Ganjel Rel, adalah makanan khas Semarang yang memiliki sejarah penamaan unik. Dahulu, roti ini merupakan menu sarapan orang Belanda. Namun, karena bentuknya yang padat dan mirip dengan pengganjal rel kereta api, roti ini kemudian dikenal dengan nama Roti Ganjel Rel.

13. Pisang Plenet

Makanan Khas Semarang - Pisang Plenet
Sumber: Merdeka

Pisang Plenet merupakan makanan khas semarang yang terbuat dari buah pisang yang dipenyet kemudian dibakar dan disajikan dengan aneka topping seperti coklat messes, susu, dan keju. Hidangan khas semarang ini banyak dijual pedagang kaki lima dan disukai oleh berbagai kalangan.

14. Torakur

Makanan Khas Semarang - Torakur
Sumber: Viva

Torakur, singkatan dari tomat rasa kurma, merupakan makanan khas Semarang, tepatnya dari daerah Bandungan. Sesuai namanya, Torakur adalah manisan tomat yang dikeringkan sehingga bentuknya menyerupai buah kurma. Memiliki rasa manis dan legit, mirip buah kurma, namun dengan sensasi yang berbeda. Makanan khas semarang ini cocok untuk kamu yang sedang mencari oleh-oleh khas semarang yang unik!

15. Lapis Legit Waiki

Makanan Khas Semarang - Waiki Lapis Legit
Sumber: Shopee

Lapis Legit Waiki atau yang disebut juga lontong spekkoek adalah pilihan oleh-oleh khas semarang yang bisa kamu coba. Lapis legit ini memiliki ciri khas seperti bolu gulung, tetapi di dalamnya terdapat lapisan-lapisan yang terlihat jelas saat dipotong. 

Baca Juga: Dari Stroopwafel hingga Bitterballen: 10 Makanan Khas Belanda yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berbagai makanan khas Semarang yang ada di atas tentunya bisa dimasak di rumah jika kamu belum ada rencana pergi ke Semarang. Walaupun membuat sendiri di rumah tentu rasa otentik dari setiap makanan akan bisa dinikmati asalkan mengikuti resep yang tepat. Setelah melihat resep dan membutuhkan bahan-bahan untuk memasak makanan asal Semarang tentunya langsung saja buka aplikasi Astro. Dijamin semua bahan masakan yang diperlukan tersedia di aplikasi Astro karena ada lebih dari 3000 produk yang bisa dibeli. Yuk, download aplikasi Astro di Play Store & App Store sekarang!

Hakim Habibie
Hakim Habibie