10 Makanan Khas Kota Bekasi yang Lezat dan Nikmat

Makanan Khas Kota Bekasi yang Lezat dan Nikmat

Kota Bekasi dikenal sebagai kota Industri. Mungkin, belum banyak yang tahu bahwa di Kota Patriot ini mempunyai kuliner khas yang lezat dan unik. Karena lokasi kota Bekasi yang berdekatan dengan Jakarta dan berada di wilayah Jawa Barat, beberapa kuliner dari Kota Bekasi merupakan percampuran budaya Betawi dan Sunda.

Buat kamu yang suka berwisata kuliner, makanan khas Bekasi ini nggak boleh ketinggalan.  Langsung aja biar kalian nggak penasaran, berikut rekomendasi makanan khas Kota Bekasi yang wajib kamu coba!

Makanan Khas Kota Bekasi

1. Gabus Pucung

Kalau sedang bahas kuliner khas Bekasi, Gabus Pucung layak dijadikan pembahasan utama. Kuliner khas Bekasi ini merupakan olahan ikan gabus yang digoreng lalu dimasak dengan berbagai rempah-rempah salah satunya kluwek, yang membuat kuah Gabus Pucung berwarna kecoklatan.

Baca Juga: Resep Gabus Pucung, Makanan Khas Bekasi yang Punya Cita Rasa Unik

2. Bandeng Rorod

Mungkin kamu pernah mengenal olahan ikan bandeng seperti bandeng presto. Di Bekasi ada olahan ikan bandeng bernama bandeng rorod yang serupa dengan bandeng presto, namun bedanya ikan bandeng dimasak tanpa tulang/duri dalam olahan bandeng rorod khas Bekasi ini. Rempah-rempah yang digunakan juga berbeda, sehingga punya cita rasa yang lebih khas.

3. Kue Dongkal

Makanan khas Bekasi berikutnya adalah kue dongkal. Kue dongkal merupakan kue khas Bekasi dengan bentuk segitiga yang mirip dengan nasi tumpeng. Kue dongkal menggunakan bahan dasar tepung beras, kelapa parut, daun pandan dan gula jawa. 

4. Kue Biji Ketapang

Kue biji ketapang, adalah salah satu makanan khas Bekasi dengan bentuk unik. Sebab, kue biji ketapang ini dibuat dengan bentuk mirip dengan biji ketapang dengan tekstur agak keras. Rasa manis gurih dari kue biji ketapang bisa membuat kamu ketagihan saat mencobanya.

5. Kue Akar Kelapa

Masih dengan kuliner khas Bekasi yang punya bentuk unik, berikutnya adalah kue akar kelapa. Penamaan akar kelapa dikarenakan bentuk dari camilan khas Bekasi yang mirip dengan akar kelapa. Nggak cuma bentuknya, dari segi cita rasa kue akar kelapa punya kombinasi rasa asin, manis dan gurih.

6. Kue Telur Gabus

Kuliner camilan khas Bekasi berikutnya adalah kue telur gabus. Kue telur gabus punya rasa yang gurih, dan menjadi salah satu oleh-oleh  incaran wisatawan ketika berkunjung ke Kota Bekasi.

7. Sop Janda

Makanan Sop Khas Bekasi ini punya nama yang unik. Nama unik Sop Janda merupakan dari singkatan Jawa-Sunda, yang menjelaskan bahwa makanan ini merupakan perpaduan antara budaya Jawa dan Sunda. Sop Janda dibuat dengan bahan-bahan seperti daging sapi atau tulang sapi, rempah-rempah dan tambahan cabai hijau yang membuat makanan khas ini gurih dan menyegarkan.

8. Pancong Balap

Suka dengan kue manis dengan aneka topping? Kue pancong balap wajib kamu coba. Nama pancong balap sendiri merupakan istilah dari pembuatannya yang cepat, yang identik dengan kata balap. Kue Pancong Balap terbuat dari adonan terigu, gula, telur dan mentega yang dimasak matang atau setengah matang dengan cetakan kue pancong, kemudian ditambahkan topping seperti susu kental manis, keju, meses atau aneka selai.  

9. Kue Rangi

Selain jadi masakan khas Betawi, kue rangi juga menjadi salah satu makanan khas Bekasi. Kue rangi dibuat dari parutan kelapa dan tepung kanji yang punya rasa manis dan tekstur lembut.

10. Bir Pletok

Meski punya nama bir, minuman khas Bekasi ini tidak mengandung alkohol maupun memabukkan. Bir pletok sendiri merupakan minuman tradisional yang terbuat dari berbagai rempah-rempah yang menghangatkan dan menyehatkan tubuh.

Baca Juga: Resep Bandeng Rorod Khas Bekasi, Olahan Ikan Bandeng Praktis Tanpa Tulang

Itu dia rekomendasi kuliner khas yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Kota Bekasi. Semoga bisa jadi referensi wisata kuliner kamu berikutnya ya. Nggak hanya memberikan rekomendasi kuliner, berikutnya Astro akan membagikan beberapa resep masakan khas Bekasi yang bisa kamu sajikan di rumah. Jangan lupa, untuk segala kebutuhan bahan masak kamu, kamu bisa andalkan aplikasi Astro yang cepat hanya dalam hitungan menit sampai rumah. Yuk, langsung download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store untuk pengalaman belanja tanpa ribet dan cepat sampai!

Arie Wahyu
Arie Wahyu