Langkah Cara Membuat Espresso dengan French Press

French press tentunya selalu ada di dunia perkopian. Kehadirannya sudah lama menjadi salah satu pilihan cara untuk menyeduh kopi. Tidak tampak layaknya alat manual brew lainnya yang memakai filter kertas, french press tidak sama seperti kesederhanaan yang justru menjadikannya memikat dan selalu ada di setiap zaman. 

Lalu, bagaimana cara membuat espresso dengan french press yang baik dan benar supaya kopi yang dihasilkan bisa terasa nikmat? Nah, di bawah ini ada beberapa untuk membuat espresso dengan french press yang bisa kamu ikuti. 

Baca Juga: Ragam Jenis Kopi di Indonesia yang Mendunia

Berikut Cara Buat Espresso menggunakan French Press 

Untuk kamu yang bingung dalam menggunakan french press untuk membuat espresso, maka kamu dapat ikuti cara berikut ini untuk mendapatkan seduhan kopi yang sempurna. 

1. Pakai air yang baik 

Kopi memiliki kandungan 98% H2O. Untuk itu, kopi yang bagus perlu berasal dari air yang baik pula. Pastikan air yang dipakai tidak terkontaminasi oleh rasa dan zat yang lain. Wadah air yang kamu ingin gunakan harus benar-benar bersih sehingga tidak ada bekas aroma atau rasa dari minuman lain yang masih ada di sana. 

Ada baiknya, kamu coba air yang ingin dipakai untuk membuat kopi sebelum menggunakannya. Apabila air terasa bersih, maka kamu bisa menyeduh kopi menggunakan air tersebut. 

2. Pakai kopi yang baru atau benar-benar segar 

Kopi yang telah lama tidak bisa memberikan kenikmatan yang sama layaknya biji kopi segar yang baru dan hal tersebut bisa mempengaruhi ketika di seduh dengan french press. Biji kopi yang sudah lama dibiarkan terbuka akan tidak mempunyai rasa dan aroma yang sama seperti biji yang diletakkan di dalam wadah kedap udara. 

Biji kopi yang masih baru dan segar mempunyai aroma yang sangat kuat dan sedikit berminyak. Sebab memang seperti itulah seharusnya kopi yang benar-benar segar. 

3. Giling biji kopi 

Untuk mendapatkan hasil terbaik, pakailah kopi yang baru digiling, bukan menggunakan kopi bubuk yang telah digiling berhari-hari. Kamu perlu menggiling kopi sesaat sebelum diseduh demi hasil yang maksimal. Ini dilakukan agar aroma dan rasanya masih fresh. 

Pastikan tidak menggiling biji kopi terlalu halus sebab dapat menyumbat filter pada french press. Medium merupakan pilihan yang tepat. 

4. Seduh kopi sesuai selera

Kopimu merupakan seleramu sendiri. Sehingga, bila hendak menikmati kopi yang sesuai dengan taste mu, kamu bisa ukur sendiri air dan kopi yang diinginkan. Umumnya untuk 8 ons air, bisa kamu masukan 18-20 gram kopi. Namun, bila kamu ingin merasakan cita rasa kopi yang kuat maka kamu dapat mengurangi air atau menambahkan kopi nya. 

Coba bereksperimen dengan rasa kopi. Kamu tidak perlu selalu mengikuti buku panduan. Kamu bisa membuat rasa kopi sendiri sesuai dengan selera. 

Baca Juga: Minum Kopi Bisa Menghilangkan Kantuk, Ini Alasannya

5. Pakai air bersuhu yang tepat 

Air terlalu panas bisa mengeluarkan rasa pahit pada hasil seduhan kopimu. Sementara air yang tidak terlalu panas bisa mengeluarkan rasa nikmat yang kamu inginkan. Oleh sebab itu, umumnya 94 derajat celcius merupakan suhu yang pas untuk menyeduh kopi dengan french press. 

Namun, bila kamu tidak ingin repot-repot untuk mengeluarkan termometer, maka kamu bisa panaskan air sampai mendidih dan diamkan selama 30 detik sebelum dipakai. Maka suhu yang tepat pun dapat kamu peroleh. 

6. Seduh kopi 

Masukan bubuk kopi yang telah kamu giling ke dasar french press dan tambahkan air sebanyak ⅓ di atasnya. Diamkan air dan kopi selama 30 detik dan aduk secara perlahan-lahan. Pastikan kopi dan air terseduh secara sempurna supaya kamu memperoleh kenikmatan yang diinginkan. Sesudah itu, masukan sisa air dan tunggu proses brewing. 

7. Perhatikan waktunya 

Proses brewing yang sangat singkat bisa menjadikan rasa kopi mu semakin asam dan tipis. Apabila proses brewing ini berlangsung sangat lama, kopi juga akan menjadi pahit. Untuk mendapatkan hasil terbaik, diamkan kopimu pada french press sekitar 4 menit sebelum kamu menikmatinya. 

8. Hati-hati saat menekannya 

Sesudah proses brewing selesai, kamu bisa tekan dengan tegas plunger, perlahan-lahan dan hati-hati. Terlalu keras menekan bisa mengakibatkan kopi menyembur semua keluar dan menjadi berantakan. Kehati-hatian dalam proses ini sangat dibutuhkan. 

9. Nikmati kopimu 

Sesudah semuanya selesai, masukan kopi ke cangkir mu. Nikmati kopi dengan perlahan-lahan. Namun ingat, bila kamu tidak ingin langsung menghabiskan kopi mu dalam satu french press, maka kamu jangan membiarkan sisa nya dalam alat tersebut. 

Kamu bisa tuang sisa kopi pada wadah lain. Sebab kopi yang terlalu lama kamu diamkan pada french press bisa memberikan rasa yang pahit sehingga kamu tidak bisa menikmatinya. 

Baca Juga: Ini Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika, Penggemar Kopi Harus Tahu

Nah, itu dia cara membuat kopi dengan french press yang bisa kamu coba di rumah. Semoga dengan adanya ulasan di atas ini, kamu tidak bingung lagi dalam menyeduh kopi dengan french press, ya! Jangan lupa juga kalau kamu bisa dapatkan biji kopi berkualitas di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro di App Store & Play Store sekarang!

Referensi:

Cara yang Benar Menggunakan French Press

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu