Ketahui Porsi Makan Bayi 6 Bulan Dalam Sehari

Ketahui Porsi Makan Bayi 6 Bulan Dalam Sehari

Sebagai seorang ibu tentunya harus menjaga pola makan sang buah hati yang masih bayi atau usia 6 bulan. Bahkan ibu juga harus memahami tentang porsi makan bayi 6 bulan dalam sehari bagaimana dan apa saja gizi dan nutrisi yang harus dipenuhi.

Pada umumnya, waktu ideal bagi ibu memberikan MPASI kepada bayi adalah ketika bayi sudah mulai menginjak usia ke 6 bulan sampai dengan usia 9 bulan. 

Baca Juga: Ini Resep Mpasi Untuk Bayi yang Sedang Diare yang Lezat dan Mudah Dibuat

Ketahui Isyarat Bayi Siap Diberikan MPASI

Jika kamu masih bingung kapan waktu yang tepat untuk bayi usia 6 bulan diberikan MPASI atau ASI. kamu bisa mulai dengan kebiasaan atau isyarat dari bayi kamu. Berikut ini adalah beberapa tkamu yang menunjukkan bayi siap diberi MPASI. Intip yuk!

  1. Bayi sudah mulai dapat duduk sendiri, dengan lehernya yang sudah bisa tegak dan sudah dalam keadaan mampu mengangkat kepalanya dengan sendirinya;
  2. Apabila bayi sudah mulai menunjukkan tanda bahwa ia tertarik dengan suatu makanan. Misalnya, bayi melakukan gerakan seperti ingin mengambil dan meraih makanan yang ada di depannya;
  3. Jika bayi kamu sudah memberikan tanda berupa kemampuan motorik dengan cara yang baik. Misalnya bayi sudah mulai menggenggam benda atau makanan dan berusaha memasukkannya ke dalam mulut bayi;
  4. Bayi sudah mulai condongkan badan ke depan, serta jika bayi sudah mulai menunjukkan rasa keinginannya terhadap makanan dengan cara membuka mulutnya;
  5. Apabila bayi sedang menunjukkan rasa lapar meskipun kamu sudah memberikan susu ASI.

Dari kelima tanda dan isyarat dari bayi tersebut, bisa dikatakan bahwa itu waktu yang tepat untuk kamu mulai memberikan MPASI terhadap sang buah hati.

Tips Memberikan Makan Kepada Bayi

Sebelum kepada pembahasan porsi makan bayi, kamu harus tahu apa saja yang harus diperhatikan saat memberi makan kepada bayi usia 6 bulan agar tidak salah langkah. Simak yuk!

  1. Pada umumnya, bayi yang tidur siang dalam waktu yang cukup panjang maka akan mulai merasa lapar. Kamu harus memanfaatkan kesempatan ini untuk melatih makanan bayi dengan mulai memberi menu makanan yang padat, khususnya jika bayi sudah diberi tawaran ASI sebagai penunda lapar bayi;
  2. Usahakan untuk tidak memberikan sereal bayi dalam botol susu. Sebab, tidak akan ada yang tahu, ada kemungkinan bayi bisa tersedak sereal;
  3. Kamu wajib mengawasi bayi saat bayi sedang makan. Usahakan selalu mengawasinya dengan ketat dan jangan lengah.

Baca Juga: Resep Mpasi Untuk Bayi yang Susah Makan, Bunda Harus Tahu

Porsi Makan Bayi Usia 6 Bulan

Pada umumnya, bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan sampai dengan 9 bulan adalah waktu yang ideal untuk diberikan MPASI atau makan. Namun, belum banyak juga ibu yang memahami bagaimana porsi makan yang benar untuk bayi usia 6 bulan.

Perlu dicatat, porsi makan bayi usia 6 bulan setiap hari bisa dilakukan dengan beberapa tahap. Kamu dapat memberikan target setidaknya bayi bisa makan sejumlah tiga sendok makan. Lalu porsinya adalah setengah mangkuk yang kurang lebih berukuran 1250 ml.

Kendati demikian, perlu diingat kembali, tidak semua bayi bisa mencapai target tersebut, maka kamu harus sabar dan semuanya perlu tahapan supaya bayi bisa mencapai target tersebut. Terutama saat masih pertama kali bayi makan padat atau MPASI, bayi juga membutuhkan adaptasi.

  1. Mulai dengan 1 sampai dengan 2 sendok makan dan perhatikan reaksi bayi;
  2. Berikan makan dengan tahapan yang sedikit dan pelan saja, berikan sampai dengan 3 sendok makan;
  3. Dapat dilakukan 1 hingga 2 kali pada setiap harinya;
  4. Setelah itu, jika ada perkembangan, kamu bisa memberikan MPASI sebanyak 3 kali dalam sehari disertakan dengan satu sampai dengan 2 kali (saat jam makan) selingan.

Komposisi Nutrisi

  1.  Kamu harus memberikan menu lengkap untuk bayi yakni berupa makanan yang mengandung karbohidrat, serta protein. Misalnya, nasi dicampur dengan lauk dan bisa juga dengan butter sebagai sumber lemak atau makanan dengan kandungan protein lainnya.
  2. Jangan lupa untuk memberikan air mineral, dan tambahan vitamin.
  3. Kamu harus melembutkan makanan bayi atau harus dalam bentuk bubur lumat dengan cara diblender, kemudian disaring. 
  4. Menyusun jadwal yang rutin. Misalnya dengan diberikan jarak 2 sampai dengan 3 jam saat memberi ASI.
  5. Usahakan tidak memberikan madu & telur yang tidak matang atau setengah matang. Tujuannya agar bayi tidak terkena kontaminasi kuman.
  6. Usahakan tidak memberikan bumbu berupa gula dan garam yang berlebihan.
  7. Kenalkan sayur dan buah.

Baca Juga: Ini Daftar Menu 4 Bintang MPASI 6 Bulan

Demikian penjelasan tentang porsi makan bayi 6 bulan dalam sehari yang wajib kamu ketahui demi tumbuh kembang buah hati. Jika kamu ingin membeli makanan untuk keperluan bayi khususnya usia 6 bulan, bisa belanja di Astro dengan layanan 24 jam siap mengantar pesanan kamu. Yuk download aplikasinya di smartphone kamu! Aplikasi Astro tersedia di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu