Kenali Sayuran Apa Saja yang Bisa Dimakan Mentah

Kenali Sayuran Apa Saja yang Bisa Dimakan Mentah

Sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi, vitamin-vitamin yang terkandung dalam sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun, tidak sedikit orang enggan memakan sayuran, padahal khasiatnya sangatlah baik untuk tubuh dan bahkan sangat dibutuhkan tubuh.

Sayuran biasanya disantap dengan cara dimasak terlebih dahulu sebelum disajikan. Hal tersebut dilakukan orang-orang agar sayuran yang mereka makan memiliki rasa lezat, sehingga selain sehat juga enak untuk dikonsumsi. Namun sayuran apa saja yang bisa dimakan mentah, dan dimasak akan tetap mengandung vitamin?

Kamu harus tahu bahwa ternyata ada jenis sayuran yang apabila dimasak akan berkurang vitaminnya, terlebih jika dimasak secara berlebihan, maka akan hilang vitamin yang terkandung di dalamnya, maka sebaiknya sayuran itu dimakan dalam kondisi segar, atau bahkan mentah demi kualitas vitamin di dalamnya.

Baca Juga: 6 Jenis Sayuran Untuk Membentuk Otot

Sayuran yang Bisa Dimakan Mentah

Beberapa sayuran di bawah ini bisa dikonsumsi tanpa dimasak, atau mentah, bahkan lebih baik dikonsumsi dalam kondisi masih mentah. Kamu harus coba sampai terbiasa, supaya kamu mendapatkan khasiatnya. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang bisa dimakan mentah, dikutip dari halodoc.com.

1. Brokoli

Bagi kamu yang membutuhkan jenis sayuran dengan nutrisi tinggi dan menyehatkan tubuh, maka brokoli adalah sayuran yang dapat memberikan semua itu. Brokoli mengandung vitamin C, kalsium dan potasium terbanyak dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.

Selain kandungan vitamin C, Kalsium dan Potasium yang tinggi, brokoli juga mengandung senyawa yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker, yaitu senyawa sulforaphane. Senyawa itu akan hilang apabila dimasak terlalu panas dan terlalu lama, maka sebaiknya brokoli dimakan mentah-mentah.

2. Paprika

Sayuran selanjutnya yang bisa kamu makan mentah-mentah adalah paprika, sayuran yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C, kandungan vitamin C itu kemudian akan hilang apabila dimasak dengan suhu di atas 190 derajat Celcius, sehingga kamu lebih baik memakannya mentah-mentah.

Selain vitamin C, Paprika juga mengandung vitamin B6 dan vitamin E, keduanya itu sangatlah penting untuk tubuh seseorang, namun sama seperti vitamin C, kedua vitamin lainnya itu akan hilang dari paprika apabila dimasak terlalu lama dengan suhu yang sangat panas.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Sayuran kamu di ASTRO!

Kenali Sayuran Apa Saja yang Bisa Dimakan Mentah

3. Sayur kol

Sayur kol merupakan jenis sayur yang bisa dikonsumsi dalam kondisi masih mentah. Sebenarnya sayuran itu biasa dimakan mentah oleh sebagian masyarakat Indonesia, biasanya sayuran yang satu ini dikonsumsi bersamaan dengan makanan berat, atau dijadikan sebagai lalap.

Sayur kol juga memiliki khasiat yang tidak kalah penting dari sayuran lainnya, mengonsumsi empat porsi sayur kol setiap hari dapat membantu seorang wanita mengurangi resiko terkena kanker payudara, namun khasiat itu akan hilang apabila dimasak terlalu lama, maka sebaiknya sayur kol dimakan mentah-mentah.

Baca Juga: Jenis-Jenis Sayuran yang Bisa Membakar Lemak

4. Bayam

Jenis sayur selanjutnya yang bisa dimakan mentah-mentah adalah sayur bayam. Jenis sayuran yang satu ini tentu saja dikenal banyak orang di Indonesia, bayam merupakan sayur yang dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan sangat menarik untuk dijadikan menu masakan.

Namun ternyata nutrisi penting dari bayam, yaitu vitamin C, float, niasin, riboflavin, dan potasium akan berkurang bahkan hilang apabila dimasak dengan cara yang berlebihan, dalam waktu yang terlalu lama dan suhu panas yang tinggi, sehingga bayam sebaiknya dimakan mentah-mentah untuk menjaga nutrisinya.

5. Mentimun

Sebenarnya sudah biasa bagi masyarakat Indonesia mengonsumsi mentimun mentah, bahkan mentimun dapat dijadikan cemilan sehat atau juga pendamping makanan, biasanya mentimun hanya dicuci dan langsung dikonsumsi dalam kondisi masih mentah.

Mentimun mengandung float, potasium dan vitamin A. Semua kandungan nutrisi itu akan kamu rasakan khasiatnya apabila memakan mentimun mentah secara rutin. Rasa mentimun tetap enak ketika dimakan mentah-mentah, teksturnya yang renyah, bagian dalam yang basah dan rasanya yang segar sungguh lezat.

6. Tomat

Sebagian orang mengkonsumsi tomat dengan cara dimasak terlebih dahulu. Namun sebenarnya memasak tomat akan mengurangi kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tomat mengandung vitamin, mineral dan nutrisi itu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Nutrisi yang terkandung di dalam tomat akan terjaga apabila dikonsumsi ketika mentah-mentah atau tanpa dimasak, kamu dapat merasakan khasiatnya secara maksimal, yaitu mencegah resiko penyakit diabetes, batu ginjal, sampai obesitas. Sebaiknya konsumsi tomat dengan cara diblender jadi jus atau dimakan langsung.

7. Seledri

Sayuran yang bisa kamu konsumsi dalam kondisi masih mentah selanjutnya adalah seledri. Sayuran itu memang lebih baik dikonsumsi dalam kondisi mentah untuk menjaga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti vitamin dan mineral. 

Baca Juga: Jenis Sayuran yang Bagus Untuk Ibu Hamil agar Selalu Bugar

Demikian penjelasan tentang sayuran yang bisa kamu konsumsi dalam kondisi masih mentah. Mengonsumsi sayuran secara rutin merupakan pola hidup yang sehat, sebaiknya kamu segera membiasakan itu dengan menyediakan stok sayuran di dapurmu.

Penuhi stok sayuran segar di dapur dengan Astro! Astro merupakan aplikasi belanja online yang praktis, tersedia ribuan produk mulai dari sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Belanja di Astro sekarang! Download aplikasinya di Google Play Store & App Store.

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu