6 Jenis Sayuran Untuk Membentuk Otot

Jenis Sayuran Untuk Membentuk Otot

Tidak sedikit orang yang berpikir jika protein hewani merupakan makanan yang sangat bagus guna membentuk massa otot. Padahal, ada beberapa jenis sayuran untuk membentuk otot yang juga sama seperti protein hewani. 

Untuk kamu yang vegetarian dan ingin mempunyai otot, maka kamu bisa mengkonsumsi sejumlah jenis sayuran berikut ini untuk membentuk massa otot. Pastinya kamu semakin penasaran, bukan? Untuk itu, langsung saja inilah jenis sayuran yang bisa membantu membentuk otot. 

Baca Juga: Daftar Resep Sayuran Untuk Diet, Pasti Berat Badan Tetap Ideal

Rekomendasi Jenis Sayuran Pembentuk Otot 

1. Kecambah 

Di dalam secangkir kecambah mempunyai kandungan sekitar 33 gram protein. Bukan hanya membentuk otot, kecambah pun dapat membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol. 

2. Bayam 

Bukan hanya tinggi akan zat besi, bayam pun dapat menambah jumlah darah. Lalu, dalam secangkir banyak juga sama seperti 30 gram protein yang dapat membentuk otot mu. 

3. Kubis 

Kubis mempunyai serat yang tinggi sehingga bagus untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, untuk segelas kubis mengandung sekitar 70 gram protein yang bagus guna membentuk otot. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti sayur-sayuran segar di Aplikasi ASTRO!

Cara Menyimpan Sayur Agar Awet di Kulkas Tetap Fresh dan Tidak Layu

4. Asparagus 

Sayuran yang bisa membantu membentuk otot selanjutnya yaitu asparagus. Dengan mengkonsumsi segelas jus asparagus, kamu bisa mendapatkan 134 gram protein yang pastinya lebih tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. 

5. Kembang kol 

Kembang kol memiliki kandungan 100 gram protein dengan 25 kalori dalam secangkir jus nya sehingga bagus guna membentuk otot dan turunkan berat badan berlebih. 

6. Jamur 

Jamur putih bagus untuk tubuh mu karena mengandung 103 gram protein di dalam satu gelasnya sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mempunyai otot dengan jika mengkonsumsi jamur. 

Baca Juga: Jenis Sayuran yang Bagus Untuk Ibu Hamil agar Selalu Bugar

Jenis Makanan yang Bisa Membentuk Otot 

Tidak hanya mengkonsumsi sayuran saja kamu bisa membentuk otot, jika kamu ingin hasil yang lebih cepat dan maksimal, maka kamu bisa mengkonsumsi beberapa jenis makananan di bawah ini yang dijamin memudahkan mu untuk membentuk otot. 

1. Buah-buahan 

Sebagai fondasi dari semua menu sehat, buah-buah dirasa sudah menjadi menu makanan sehari-hari yang harus kamu konsumsi. Makanan pembentuk otot yang beragam ini adalah sumber vitamin, mineral, serat dan cairan yang bagus untuk tubuh. 

2. Paha ayam 

Tidak sedikit orang yang memilih dada ayam sebab mempunyai lemak yang sedikit. Tetapi paha ayam sebenarnya dapat menjadi makanan yang membantu kamu untuk membentuk otot. Mengapa demikian? 

Paha ayam mempunyai kandungan 25% lebih tinggi zat besi dan zinc yang 3 kali lebih banyak dibandingkan bagian dada. Semua zat tersebut sangat bagus guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

3. Susu

Konsumsi susu rendah lemak menjadi salah satu makanan yang bisa menunjang pembentukan otot yang bagus guna kesehatan. Susu dengan kandungan protein berkualitas tinggi, vitamin dan karbohidrat. Vitamin yang terkandung seperti vitamin D, kalsium dan potasium. 

Haus dan kelelahan sesudah berolahraga angkat beban? Kamu bisa minum susu coklat yang rendah lemak guna melepas dahaga dan menyerap manfaat yang ada di dalam susu tersebut. Alternatif dari susu yang rendah lemak dapat kamu konsumsi yogurt yang juga memiliki kandungan probiotik dan bagus untuk kesehatan pencernaan dan perut. 

4. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan yang bisa kamu olah dengan sehat, misalnya dipanggang atau direbus adalah cemilan dan makanan pembentuk otot yang sangat lezat. Tentunya akan lebih sehat bila tanpa menambahkan gula atau garam. Kacang yang mengandung lemak baik, serat, antioksidan, dan vitamin yang tentunya bisa membantu membentuk otot secara alami. 

Ada jenis kacang yang bagus dikonsumsi menjadi makanan untuk membentuk otot seperti kacang almond sebab mengandung fosfor, magnesium, vitamin E, dan protein. Fosfor bisa membantu tubuh untuk memakai karbohidrat dan lemak menjadi energi ketika kamu beristirahat dan saat sedang berolahraga. 

5. Daging tanpa lemak 

Daging kaya akan protein dengan kualitas yang tinggi, creatine, mineral dan vitamin B. Daging pun mengandung zat besi yang berguna untuk mengalirkan oksigen ke dalam otot, dan leucine dan asam amino yang dapat mendorong pertumbuhan otot dengan lebih maksimal. 

6. Telur 

Manfaat telur bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Telur tinggi akan asam amino dan sering dijadikan makanan untuk membantu membentuk otot yang nikmat dan efektif, dengan harganya yang murah. 

Asam amino sangat penting guna membantu berbagai fungsi tubuh seperti memperbaiki, menjaga dan membangun serat-serat otot. Dengan mengkonsumsi telur menjadi makanan pembentuk harian perlu dibatasi 1 butir setiap harinya, sesuai dengan pedoman diet dari para ahli kesehatan dan nutrisi. 

Ketika mengkonsumsi telur menjadi makanan pembentuk otot, kamu tidak harus menyingkirkan kuning telur yang kerap kali dihindari sebab alasan kesehatan. Karena setengah dari kandungan protein pada telur justru ada di kuning telur, termasuk dengan kandungan nutrisi lutein yang bagus untuk kesehatan mata. 

7. Gandum dan biji-bijian 

Kamu memerlukan sumber karbohidrat yang sangat berkualitas guna membentuk fisik tubuh dan stamina yang sempurna. Tidak hanya menjadi sumber karbohidrat yang bagus, gandum dan biji-bijian pun mengandung kadar protein guna meningkatkan energi dan memperbaiki jaringan otot melalui antioksidan, vitamin dan serat. Kamu bisa mengkonsumsi roti gandum, oat dan jenis makanan lainnya yang terbuat dari biji-bijian dan gandum. 

Baca Juga: Diet Sayur dan Buah Untuk Menurunkan Berat Badan, Ini Jenisnya

Demi membentuk otot, kamu harus menerapkan pola makan yang sehat. Dengan mengkonsumsi sayuran untuk membentuk otot dan berbagai jenis makanan lainnya, diharapkan kamu bisa membentuk otot dengan lebih cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk kamu yang mau mendapatkan aneka sayur yang bermanfaat untuk pembentukan otot, kamu bisa andalkan Astro untuk belanja online yang praktis. Astro siap mengantarkan pesanan kamu dalam waktu singkat, jadi kamu nggak perlu nunggu lama. Yuk, pesan sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store.

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu