Kenali Perbedaan Sea Salt dan Garam Himalaya

Kenali Perbedaan Sea Salt dan Garam Himalaya

Sekarang ini berbagai produk makanan yang berkaitan dengan kesehatan semakin mudah kamu dapati sebab banyak tersedia dimana-mana. Selain minuman dan makanan, garam juga sekarang ada yang dibuat dalam versi “lebih sehat”. Kamu mungkin pernah mendengar mengenai sea salt dan garam himalaya. Namun tahukah kamu apa perbedaan sea salt dan garam himalaya? 

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan hal tersebut, tidak perlu berlama-lama lagi, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Kumur Air Garam Untuk Kesehatan 

Inilah Bedanya Sea Salt dengan Garam Himalaya  

Setengah bagian garam laut terdiri atas natrium klorida. Tidak sama seperti garam dapur biasanya yang mempunyai tekstur halus, sea salt sendiri mempunyai tekstur yang jauh lebih kasar.

Sea salt dibuat menggunakan metode menguapkan air laut, sehingga memiliki berbagai kandungan mineral, seperti zink, zat besi dan kalium. Warna sea salt yang semakin gelap maka semakin banyak gizi yang terkandung didalamnya. Hal tersebut sebab sea salt dengan warna yang lebih pekat hanya melalui sedikit proses. 

Sedangkan, garam himalaya dibuat dengan metode menambangnya di wilayah pegunungan Himalaya, lebih tepatnya pada tambang garam Khewra yang menjadi tambang garam paling besar di dunia. Garam himalaya berwarna merah muda sehingga banyak juga yang menyebutnya himalaya pink salt. 

Garam himalaya mempunyai warna merah muda sebab mengandung iron oxide. Jenis garam yang satu ini mempunyai kandungan natrium klorida yang sangat rendah daripada garam dapur. Meskipun demikian, garam himalaya lebih banyak mengandung magnesium, kalium, zat besi dan kalsium daripada sea salt dan garam dapur biasa. 

Manfaat Sea Salt dan Garam Himalaya untuk Kesehatan 

Ada banyak manfaat yang dimiliki sea salt dan garam himalaya yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Apa saja manfaat tersebut? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Manfaat Sea Salt 

Manfaat dari sea salt untuk kecantikan yang harus kamu ketahui seperti: 

1. Membuat kulit lembab 

Apabila kamu memiliki masalah kulit kering, ada baiknya selalu memakai pelembab tubuh. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencoba berendam memakai larutan sea salt. Aktivitas ini dapat membantumu guna mengatasi kulit kerang dan mengurangi terjadinya peradangan di kulit. 

Cobalah berendam selama 15 menit, lalu bersihkan tubuh menggunakan air bersih. Lakukan aktivitas ini 2 kali dalam seminggu guna mendapatkan hasil yang sangat maksimal. 

2. Mencerahkan kuku 

Kuku yang rusak terkadang membuat kamu kurang percaya diri. Tidak perlu pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan perawatan kuku, sebab kamu juga dapat melakukannya di rumah dengan memanfaatkan sea salt ini. Sea salt dapat membantu untuk mencerahkan kuku kusam dan membuatnya lebih sehat. 

Kamu dapat mencampurkan perasan lemon ke dalam setengah gelas air yang hangat dan tambahkan sea salt sebanyak satu sendok teh. Lalu, rendam kuku mu selama 10 menit dan sikat pelan-pelan bagian kuku yang kusam. Tahap ini bisa membuat kotoran dalam kuku menghilang sehingga kuku mu tampak lebih cerah dan sehat. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu Sea Salt dan Garam Himalaya di Aplikasi ASTRO!

3. Menyembuhkan mata bengkak 

Mata membengkak sesudah bangun tidur pastinya menjadikan penampilanmu kurang maksimal. Tidak perlu cemas, kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan garam dapur. 

Caranya bisa kamu campurkan sebanyak satu sendok teh sea salt dan larutkan dengan air hangat. Aduk sampai rata. Lalu, basahkan kapas dengan larutan garam tersebut. Taruh kapan di area mata yang membengkak dan kompres. Ulangi sampai area mata membaik. 

Baca Juga: Ini Jenis-Jenis Garam yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Garam Himalaya 

Mempunyai kandungan mineral yang tinggi menjadikan garam ini diyakini kaya akan manfaat guna menunjang kesehatan tubuh dan bagus menjadi menjadi campuran dalam makanan diet. Ada manfaat lain juga yang tidak kalah penting, diantaranya: 

1. Menjaga kestabilan tekanan darah 

Di gadang-gadang, garam himalaya mempunyai potensi untuk membantu menjaga kestabilan tekanan daran dan menurunkan resiko terserang hipertensi. Hal tersebut disebabkan kandungan sodium di dalamnya sangat sedikit daripada garam dapur

Garam dapur sebanyak satu sendok teh mempunyai kandungan sodium sekitar 2.300 mg, sedangkan garam himalaya hanya memiliki 2.000 mg sodium. Tetapi, kamu tetap harus mengetahui jika mengkonsumsi garam terlalu banyak, walaupun kandungan sodiumnya rendah, pastinya bisa menaikan tekanan darah tinggi. 

2. Memiliki sifat alami 

Banyak orang yang meyakini jika garam himalaya mempunyai banyak manfaat kesehatan sebab sifatnya sangat alami. Nyatanya, hal itu memang benar adanya. Garam dapur mempunyai tambahan kandungan guna menghindari terjadinya penggumpalan, seperti natrium alumino silikat dan magnesium karbonat. 

Sedangkan, tahap penyulingan garam himalaya dianggap tidak menggunakan tambahan zat dalam bentuk apapun. 

3. Tidur bisa lebih berkualitas 

Seluruh jenis garam, termasuk garam himalaya juga mengandung natrium klorida. Sehingga, saat kamu ingin membatasi pasokannya dengan diet yang rendah garam, bisa jadi kamu bisa mengalami kesulitan untuk tidur. 

Itulah sebabnya, garam himalaya dianjurkan untuk dikonsumsi sebab dapat membuat tidur mu lebih berkualitas. Hal tersebut berhubungan dengan anggapan jika garam himalaya lebih bagus dibandingkan garam dapur

4. Membantu menghidrasi tubuh 

Manfaat yang dapat kamu rasakan dengan mengkonsumsi jenis garam ini yaitu membantu menghidrasi tubuh. Memang garam dibutuhkan guna menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. 

Garam himalaya dianggap dapat membantu hal tersebut dan cairan dalam tubuh yang menjadikan tubuh selalu terhidrasi dengan maksimal. Namun, tetap kamu harus membatasi asupan per harinya, jangan berlebihan sebab dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. 

Baca Juga: Ini Jenis Garam yang Cocok Untuk Diet

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang perbedaan sea salt dan garam himalaya, bukan? Kedua garam ini mempunyai manfaat yang berbeda sehingga untuk menggunakannya perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan, ya!

Mau belanja garam himalaya atau sea salt? Kamu bisa pesan secara online di aplikasi Astro. Nggak cuma garam, Astro juga menyediakan bahan makanan segar lainnya yg bisa kamu pesan selama 24 jam penuh. Langsung download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store yuk!

Arie Wahyu
Arie Wahyu