Kenali Manfaat Workout Setiap Hari, Sudah Pasti Badan Bugar

Kenali Manfaat Workout Setiap Hari, Sudah Pasti Badan Bugar

Setiap orang tentu saja menginginkan tubuh yang sehat, dengan kesehatan tubuh siapapun dapat melakukan aktivitas apapun dengan baik. Apakah kamu merupakan orang yang malas melakukan aktivitas atau kegiatan olahraga setiap hari? Jika benar, sebaiknya kamu baca tulisan ini.

Menjalankan kegiatan olahraga atau latihan fisik disebut workout, banyak manfaat yang akan kamu dapatkan apabila kamu melakukan kegiatan latihan fisik setiap pagi, tentunya setiap pagi secara intensif. Walaupun hanya beberapa menit, workout setiap hari merupakan hal yang penting untuk kamu lakukan.

Menurut dr. Andreas Wilson Setiawan, dilansir dari Hellosehat.com, workout setiap hari mampu mencegah setiap orang dari berbagai penyakit dan memberikan dampak positif lainnya terhadap tubuh, maka dari itu kamu sebaiknya membiasakan hal tersebut.

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Manfaat Jasmani dari Workout Setiap Hari

Ada dua manfaat workout apabila dikategorikan, pertama ialah manfaat jasmani, kedua yaitu manfaat kesehatan mental. Manfaat jasmani dari kebiasaan workout setiap hari ada berbagai macam, berikut ini penjelasannya.

 1. Paru-Paru Jadi Lebih Sehat

Workout setiap hari dapat berdampak pada kesehatan paru-paru menjadi lebih baik lagi, dengan berolahraga, paru-paru kamu akan mendapatkan stimulus sehingga dapat lebih optilam dan mampu mengatur nafas dengan baik, dengan kata lain kualitas paru-paru akan meningkat.

Semakin sering kamu berolahraga maka semakin besar kebutuhan oksigen tubuh yang kamu butuhkan. Untuk memenuhi oksigen selama berolahraga, paru-paru harus bisa menyimpan lebih banyak oksigen, maka dari itu dengan berolahraga paru-paru bisa bekerja lebih optimal dan sehat.

2. Mempercepat Regenerasi Tulang

Kontraksi otot terhadap tulang dapat terjadi ketika kamu melakukan kegiatan olahraga, hal tersebut dapat membantu terjadinya proses pembentukan tulang oleh sel tulang yang baru, dengan kata lain tulang akan lebih cepat melakukan regenerasi dengan berolahraga.

Regenerasi tulang biasanya terjadi pada kelompok tulang aksial, yaitu tulang belakang, tulang rusuk, tengkorak dan sternum. Sedangkan regenerasi tulang pada sistem anggota tulang gerak terjadi pada tulang lengan dan paha, tulang pundak, pinggang serta pelvis.

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

3. Menjaga Berat Badan

Workout setiap hari dapat menjaga berat badan. Olahraga yang diimbangi dengan jumlah asupan yang seimbang akan membuat pembakaran kalori yang lebih besar daripada asupan kalori dari makanan yang kamu konsumsi, dengan begitu tubuh akan mengalami defisit kalori.

Defisit kalori kemudian dapat berdampak pada penurunan berat badan. Beberapa olahraga yang efektif mengurangi berat badan diantaranya ialah kardio, senam aerobik, lari, lompat tali dan bersepeda.

4. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan organ terpenting bagi setiap orang, meningkatnya kekuatan jantung ditandai dengan bertambahnya ukuran dan kekuatan otot ventrikel jantung sebelah kiri. Otot itu berperan memompa darah ke seluruh tubuh. Workout ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Orang yang terbiasa dengan kegiatan workout setiap hari biasanya mampu rutin memompa darah hingga 100 ml dalam keadaan istirahat, hal tersebut menandakan bahwa dirinya memiliki kapasitas jantung yang meningkat atau sehat. Olahraga rutin juga dapat membuat jantung tidak berdegup terlalu kencang.

Manfaat Kesehatan Mental dari Workout Rutin

Kebiasaan workout setiap hari bukan hanya berdampak positif terhadap fisik atau kesehatan jasmani, melainkan juga berdampak positif terhadap kesehatan mental. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan mental yang akan kamu rasakan apabila kamu rutin berolahraga setiap hari.

1. Memperbaiki Suasana Hati

Melakukan aktivitas fisik setiap hari akan membantu kamu untuk menstimulasi otak, manfaatnya ialah otak kamu dapat melepaskan senyawa kimia tertentu. Hal tersebut dapat memberikan dampak positif, yaitu ketenangan hati, membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi gejala stress.

Setiap orang tentu saja memiliki tekanan hidup, baik itu disebabkan oleh masalah pekerjaan, keluarga ataupun sekolah. Hal tersebut dapat berdampak buruk apabila kondisi hati sedang tidak baik, namun sebaliknya akan tetap baik-baik saja apabila kondisi hati tetap sedang dalam kondisi baik.

2. Ketenangan Otak

Stressing merupakan tekanan mental yang diakibatkan oleh hal tertentu, misalnya seperti masalah kehidupan dan lain sebagainya. Masalah-masalah yang membuat seseorang stress dapat mempengaruhi kesehatan kinerja otak, hal tersebut dikarenakan kekacauan psikis.

Dengan berolahraga, kamu juga dapat melakukan relaxasi, sehingga kamu akan mendapatkan ketenangan hati dan kesehatan pikiran. Ketenangan otak dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih bijak dalam berpikir dan cerdas dalam menilai sesuatu.

Ternyata olahraga bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan psikis atau mental. Sebaiknya kamu mulai rutin berolahraga setiap hari, demi mendapatkan banyak manfaat seperti menjaga berat badan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol yang Sangat Direkomendasikan

Selain olahraga, sebaiknya kamu seimbangi juga dengan asupan makanan yang cukup namun tetap sehat, misalnya seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging dan lain sebagainya, kamu dapat berbelanja online di Astro untuk menghemat waktu. Pesan bahan makanan sehat di Astro, praktis nggak pakai nunggu lama, pesanan kamu akan diantar dalam hitungan menit. Langsung cek aplikasi Astro yang bisa di download di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu