Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol yang Sangat Direkomendasikan

Tentu saja kamu sudah tahu bahwa tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga adalah bisa buat tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Olahraga bisa juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit. 

Selain itu, kamu juga akan dapat banyak manfaat termasuk bisa mengurangi adanya kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Bahkan bisa bantu sirkulasi pada darah yang jadi lebih lancar atau meningkat, kemudian kerja jantung juga akan jadi lebih optimal, sampai bisa bantu tubuh kamu jadi terasa lebih segar sepanjang hari setelah olahraga.

Jika kamu mengidap kolesterol maka bisa lakukan beberapa jenis olahraga menurunkan kolesterol yang sangat direkomendasikan dan bisa lakukan secara rutin. Meskipun secara umum memang jenis apapun olahraganya bisa bantu tubuh jadi lebih sehat.

Namun, ada yang harus kamu ingat bahwa untuk olahraga yang paling direkomendasikan khususnya bagi kamu yang ingin mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh juga ada. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Jenis Olahraga yang Paling Direkomendasikan Untuk Turunkan Kolesterol

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa bantu turunkan kolesterol. Intip yuk!

1. Renang

Pilihan pertama yang paling direkomendasikan adalah renang jika ingin lebih efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Meskipun memang tidak ada keringat saat berenang, namun kamu harus tahu bahwa ternyata kalori yang ada dalam tubuh juga terbakar.

Tidak hanya itu saja, bahkan pembakaran kalori yang ada pada tubuh tersebut bisa dengan optimal. Jadi, ini bisa membuat berat badan kamu pun jadi turun.

Selain itu, kamu juga akan terbantu dalam turunkan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Oleh sebab itu, rutin lakukan olahraga renang supaya kamu bisa lebih terbantu dalam turunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Yoga

Bisa dikatakan bahwa yoga ini adalah jenis dari olahraga yang cukup ramai di kalangan para remaja, bahkan anak dan dewasa. Sifat dari olahraga yang satu ini adalah meditasi, maka bisa turunkan kadar stres yang dapat jadi penyebab adanya masalah kesehatan atau penyakit yang salah satunya adalah kolesterol.

Tentu kamu sudah tahu sendiri betapa bahayanya kolesterol jika dibiarkan begitu saja yakni bisa menyebabkan adanya penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi. Kamu bisa lakukan olahraga yang satu ini di mana saja dan kapan saja, tentu harus pada saat keadaan sedang memungkinkan.

Maka dari itu, tidak heran jika yoga ini bisa bantu turunkan kadar kolesterol. Kamu bisa lakukan dengan rutin dan lakukan dengan ahli atau bisa juga ikuti di youtube.

3. Bersepeda

Olahraga menyenangkan yang lain dan bisa turunkan kadar kolesterol selanjutnya adalah bersepeda. Bisa dikatakan olahraga yang satu ini tidak akan membuat kamu bosan, dan menjalaninya juga akan tetap senang.

Usahakan jika ingin menurunkan kolesterol bisa lakukan dengan rutin. Maka peredaran darah kamu juga akan jadi lebih meningkat, nyeri pada sendi juga akan berkurang, serta kolesterol yang jahat juga akan jadi mudah menurun atau berkurang.

4. Jogging

Saat masih pagi, baru bangun tidur dan belum sarapan, maka kamu bisa jogging. Karena masih pagi tentu udara masih segar dan terbebas dari adanya polusi. Kamu akan jadi lebih mudah dalam berinteraksi bersama alam yang masih baik-baik saja.

Udara yang sehat dan menyegarkan membuat mood kamu jadi lebih baik. Bahkan jogging juga akan meningkatkan kinerja pada jantung jadi lebih maksimal.

Sirkulasi pada darah kamu juga akan jadi lebih meningkat. Tentu saja tidak ketinggalan bisa juga bantu dalam turunkan kadar kolesterol yang sedang berusaha kamu buang tersebut dalam darah. 

Selain dari berolahraga, kamu juga bisa menerapkan pola hidup yang jauh lebih sehat. Mulai dari mengatur bagaimana pola makan yang sehat dan juga memilih makanan yang tidak asal. Lakukan juga olahraga dengan rutin, sebab penyebab adanya kolesterol jahat tetap ada dalam darah juga disebabkan olahraga yang kurang dan sering minum alkohol

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Demikian jenis olahraga menurunkan kolesterol yang sangat direkomendasikan. Bisa dibilang secara umum, semua jenis olahraga dapat membuat tubuh jadi lebih baik secara menyeluruh, bahkan kadar kolesterol juga akan jadi terjaga. Namun yang paling direkomendasikan adalah renang, bersepeda, yoga dan juga jogging. 

Jaga asupan gizi dengan memasak menu-menu makanan bergizi lengkap. Untuk mendapatkan bahan-bahannya, kamu bisa andalkan Astro yang siap membantu kamu selama 24 jam! Pesan segala kebutuhan gaya hidup sehatmu di aplikasi Astro sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu