Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diet Vegetarian

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diet Vegetarian

Apapun diet yang dijalankan pasti akan ada kelebihan dan kekurangannya, termasuk pada diet vegetarian. Pastinya akan ada beberapa kelebihan dan kekurangan diet vegetarian yang harus kamu ketahui sebelum memulai diet vegetarian.

Bisa dikatakan bahwa pola makan dengan diet vegetarian adalah salah satu solusi terbaik mengatur pola makan yang sehat. Apalagi jika ingin menurunkan berat badan, tentu diet vegetarian adalah salah satu pilihannya.

Untuk tidak mengkonsumsi berbagai macam produk hewani seperti daging pun juga bisa buat berat badan kamu turun. Kendati demikian, supaya kebutuhan nutrisi harian kamu tetap terpenuhi saat sedang diet vegetarian, ada cara yang harus dilakukan dengan benar.

Kelebihan dari Diet Vegetarian

Untuk kebanyakan orang akan memilih tidak mengkonsumsi daging dan menggantinya jadi pola makan atau diet vegetarian saja. Sebab, diet yang dimaksudkan adalah menurunkan berat badan dengan memiliki kualitas kesehatan yang baik.

Untuk diet vegetarian saja, sudah bagus untuk memberikan kebaikan pada tubuh kamu. Contohnya pada pencegahan penyakit jantung, menurunkan kadar dari kolesterol, mengecilkan adanya risiko dari tekanan darah yang tinggi, dan yang terpenting yakni membantu agar bisa turunkan berat badan.

Secara umum, memang diet vegetarian sendiri merupakan diet yang hanya fokus pada mengkonsumsi biji-bijian, buah, kacang-kacangan dan sayuran tanpa adanya tambahan daging hewani, jadi hanya fokus pada sumber makanan dari nabati. Tetapi, pada jenis makanan untuk vegetarian lain dari produk hewani juga bisa, namun tidak semua.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari diet vegetarian yang wajib kamu  tahu sebelum memulainya. Simak dan perhatikan yuk!

1. Bisa Bantu Cegah Penyakit Degeneratif

Menjalankan diet vegetarian, tentu saja tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, salah satunya mengurangi bahkan tidak mengkonsumsi daging hewani. Sudah dipastikan bagus, karena lemak jenuh tentu saja tidak baik. 

Upaya ini adalah langkah baik agar tubuh terhindar dari resiko penyakit-penyakit kronis. Contohnya adalah kanker, diabetes, jantung dan beberapa penyakit degeneratif lain.

2. Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Diet vegetarian adalah diet yang fokus pada makanan yang bersumber dari nabati yang cenderung bagus untuk menurunkan berat badan. Maka dari itu, jika kamu ingin menurunkan berat badan, sebaiknya coba ikuti pola diet vegetarian di rumah.

Alasannya adalah lemak yang asalnya dari nabati justru lebih rendah daripada yang dari hewani. Meskipun ada kandungan lemaknya, lemak dari sumber nabati tidaklah jenuh. Jadi, bisa membuat energi yang ada pada tubuh lebih sedikit. 

Oleh karena itu, jika kamu sudah diet vegetarian sembari menjalankan aktivitas lapangan yang membutuhkan energi yang banyak, jadi berat badanmu akan semakin menurun.

Kekurangan dari Diet Vegetarian 

Menjalani diet vegetarian dinilai lebih baik dan efektif dalam menurunkan berat badan karena kandungan lemak pada makanan dari sumber nabati tidak jenuh. Berbeda dengan makanan dari sumber hewani yang lebih banyak kandungan lemaknya.

Kendati demikian, yang namanya diet pasti akan tetap ada kekurangannya atau dampak negatif yang kemungkinan bisa terjadi jika menjalankan diet vegetarian. Memang, diet vegetarian adalah upaya yang bagus untuk meningkatkan kebutuhan nutrisi yang banyak dan mengurangi kandungan lemak.

Ternyata hal itu juga harus kamu waspadai, apalagi jika hanya mengkonsumsi makanan yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan saja. Sebab kamu bisa saja kekurangan nutrisi lain yang tidak bisa didapatkan dari nabati. Contohnya adalah kekurangan vitamin B12, vitamin D, zat besi dan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai apa saja kekurangan dari diet vegetarian yang harus kamu tahu.

1. Rentan Anemia

Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya, kamu harus mengkonsumsi makanan sesuai dengan anjuran, yakni 4 sehat dan 5 sempurna atau mengkonsumsinya dengan seimbang. Namun, diet vegetarian juga ada dampak negatifnya berupa bisa saja mengalami kekurangan zat besi, asam folat, vitamin B12, seng. Jika sampai kekurangan nutrisi tersebut, maka kamu bisa terkena anemia.

2. Tidak Mudah Menyerap Kalsium

Diet vegetarian memang identik dengan fokus mengkonsumsi makanan sumber nabati saja. Maka jika dilakukan pada jangka waktu yang lama, bisa saja kamu mengalami gangguan pada penyerapan kalsium.

Resiko itu bisa timbul karena ada kadar asam oksalat dan juga asam fitat di dalam tulang, dan itu bisa ada karena mengkonsumsi makanan dari sumber nabati. Apabila kamu menjalankan diet vegetarian, maka setiap harinya kamu punya 0,8 gram kebutuhan kalsium saja. Itu alasan kenapa bisa meningkatkan risiko terkena pengeroposan pada tulang yang cepat.

Demikian ulasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan diet vegetarian. Jika kamu membutuhkan segala keperluan makanan dan minuman untuk diet vegetarian kamu bisa andalkan Astro yang siap bantu penuhi kebutuhan diet vegetarian kamu dengan pelayanan 24 jam penuh. Selain itu, pesanan kamu juga akan diantar dengan cepat dalam hitungan menit saja, jadi bahan-bahan makanan yang kamu pesan akan datang dalam kondisi yang segar. Yuk belanja di Astro sekarang! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Adakah Efek Negatif Menjalani Diet Vegan?

Penuh Tantangan, Coba Diet ala Vegetarian

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *