Jenis Obat Sakit Kepala Alami yang Harus Diketahui

Apabila sakit kepalamu tidak langsung cepat ditangani, maka rasa nyeri di kepala pastinya semakin berlarut-larut. Nah, bukan hanya bisa disembuhkan dengan obat yang ada di apotik saja, ada pula obat sakit kepala alami yang bisa menjadi pilihan untuk mengusir sakit kepala yang sedang dirasakan. 

Lalu, apa saja obat sakit kepala alami yang sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala? Pastinya kamu semakin penasaran dengan obat tersebut, langsung saja berikut berbagai jenis obat sakit kepala alami yang perlu kamu ketahui. 

Baca Juga: Ini Obat Flu Alami yang Ampuh dan Mudah Didapatkan 

Berbagai Jenis Obat Sakit Kepala yang Ampuh 

Semua orang bisa mengalami sakit kepala ringan maupun yang sangat parah sehingga tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari. Apabila kamu sedang mengalami hal tersebut, kamu harus mengetahui penyebab dari sakit kepala ini. Sebab penyebab sakit kepala ini berbeda-beda pada setiap orang. 

Bedanya penyebab ini menimbulkan jenis sakit kepala yang tentunya tidak sama juga, sehingga pengobatan yang diperlukan juga berbeda. Tetapi, kamu tidak harus khawatir, biasanya beberapa jenis sakit kepala ini dapat diobati dengan perawatan rumahan memakai obat alami seperti berikut ini. 

1. Jahe 

Jahe merupakan rempah herbal yang dianggap bisa menjadi obat sakit kepala yang alami. Riset yang ada di jurnal Pythoter Resource telah membuktikan, dampak pereda nyeri dalam jahe yang sama ampuhnya seperti obat sumatriptan guna mengatasi migrain. 

Selain itu, jahe pun bisa menurunkan muntah dan mual yang biasa muncul jika kamu sedang merasakan sakit kepala yang sangat parah. Untuk memperoleh manfaat ini, kamu dapat mengkonsumsi jahe bubuk yang berbentuk suplemen atau bisa pula diseduh dengan teh tawar. 

2. Kafein 

Memang kafein adalah salah satu penyebab sakit kepala. Tetapi, nyatanya mengkonsumsi kafein ini dapat menjadi cara alami guna menghilangkan sakit kepala. Bahkan, kafein bisa dipakai untuk memperbesar efek paracetamol untuk mengatasi sakit kepala, khususnya migrain dan sakit kepala tegang. 

Walaupun begitu, efek kafein untuk beberapa orang akan berbeda-beda. Kamu mungkin saja merasa bahan alami yang satu ini bisa membuat sakit kepala, namun pada orang lain mungkin bisa meredakan sakit kepala. 

Oleh sebab itu, kamu perlu mengenali bagaimana dampak kafein akan dirimu sendiri. Tidak hanya itu, pantau juga sebanyak apa kafein yang kamu konsumsi dari banyak sumber, seperti coklat, teh, kopi, produk herbal dengan kandungan kafein, maupun obat dengan kandungan kafein dan paracetamol didalamnya. 

Sebab, mengkonsumsi kafein yang berlebihan juga bisa menyebabkan berbagai efek buruk, seperti gangguan pada jantung, sulit tidur, gugup dan mudah tersinggung. 

3. Cuka apel 

Obat alami untuk mengatasi sakit kepala lainnya yaitu cuka apel. Menghirup uap dari air hangat yang sudah ditambahkan cuka apel ini bisa meringankan sakit kepala karena sinusitis. 

Kalium yang terkandung pada cuka apel dianggap bisa mengurangi sakit kepala karena migrain. Tidak hanya itu, cuka apel pun dapat menjadi salah satu cara alami guna mengobati sakit kepala yang berhubungan dengan diabetes. 

Menurut studi yang ada di jurnal Pharmaceutical Sciences, mengungkapkan jika cuka apel bisa menurunkan kadar gula darah para pengidap penyakit diabetes, yang dengan tidak langsung bisa mengurangi sakit kepala yang selalu ditimbulkan. 

Walaupun begitu, efektivitas cuka apel menjadi obat sakit kepala tradisional yang ampuh ini belum bisa dipastikan. Harus dilakukan riset lebih dalam guna membuktikannya. 

4. Suplemen vitamin B2 

Kamu juga dapat memanfaatkan suplemen vitamin B2 menjadi obat alami untuk mengatasi sakit kepala. Belum bisa dipastikan mengapa vitamin yang satu ini bisa meredakan sakit kepala. 

Tetapi, menurut studi pada International Journal for Vitamin and Nutrition Research, ternyata suplemen B2 aman dan bisa ditoleransi secara baik guna menghindari gejala migrain di orang dewasa. 

Kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi riboflavin atau vitamin B2 tidak boleh di atas 27 mg per hari. Tidak hanya dari suplemen, vitamin B2 bisa didapati pada berbagai jenis makanan, yakni susu, produk dengan kandungan susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan telur. 

5. Suplemen magnesium

Tidak hanya vitamin B2, dengan mengkonsumsi suplemen magnesium pun dapat menjadi cara alami berikutnya guna mengobati sakit kepala. 

Dikutip dari Migraine & Headache Australia, biasanya para penderita sakit kepala migrain mengalami kekurangan magnesium daripada yang tidak. Hal tersebut menjadi penyebab melonjaknya kadar magnesium pada tubuh yang diduga dapat mengatasi serangan migrain dan juga menghindari serangan selanjutnya. 

Untuk memperoleh khasiat ini, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi 300 mg suplemen magnesium sebanyak 2 kali dalam sehari. Bukan hanya itu, sejumlah makanan untuk meredakan sakit kepala yang memiliki kandungan magnesium pun dapat menjadi solusi, seperti susu, gandum utuh, pisang, apel, alpukat, brokoli dan bayam.

6. Minyak ikan 

Minyak ikan pun dianggap bisa menjadi obat alami untuk mengobati sakit kepala. Menurut studi kecil yang telah dilakukan di University of Cincinnati, untuk orang yang rajin mengkonsumsi suplemen minyak ikan ini bisa mengalami penurunan frekuensi dan juga kadar keparahan serangan migrain sampai 40-50%. 

Khasiat ini dianggap bersumber dari omega-3 yang ada di dalam minyak ikan. Walaupun begitu, studi kecil tersebut masih di lingkup kecil, sehingga tetap memerlukan penelitian lanjutan guna memastikan efektivitas nya pada orang-orang yang mengalami sakit kepala. 

Tetapi yang pasti adalah omega-3 di dalam minyak ikan ini diperoleh dari berbagai ikan, misalnya ikan sarden atau salmon yang memang bagus bagi kesehatan tubuh kita. 

Baca Juga: Daftar Obat Batuk Alami yang Ampuh

Nah, itu dia sejumlah obat sakit kepala alami yang bisa kamu coba mulai sekarang saat sedang merasakan sakit kepala. Namun, jika sakit kepala mu tidak juga membaik, ada baiknya langsung datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan sebab khawatir terjadi masalah kesehatan tertentu.

Untuk mendapatkan bahan-bahan alami untuk meredakan sakit kepala di atas, kamu bisa membelinya secara online dan praktis melalui aplikasi Astro! Belanja sekarang di aplikasi Astro yang punya waktu pengantaran cepat hanya dalam hitungan menit! Yuk, download aplikasi Astro sekarang di smartphone kamu!

Arie Wahyu
Arie Wahyu