Jenis Buah yang Bagus Untuk Bayi Serta Aman

Jenis Buah yang Bagus Untuk Bayi Serta Aman

Pada awal kehidupan, bayi hanya memperoleh asupan nutrisi dari ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula. Tetapi, menginjak umur 6 bulan, bayi mulai memerlukan makanan pendamping ASI atau Mpasi untuk memenuhi asupan nutrisinya. Tidak hanya dari sayuran saja, buah pun dapat menjadi pilihan nutrisi untuk bayi berusia 6 bulan. 

Ketika berusia 6 bulan, bayi mulai bisa menegakkan kepalanya sendiri, mulai tertarik dengan makanan dan mengatur gerakan lidahnya. Biasanya tanda-tanda ini menunjukkan jika bayi telah siap untuk mendapatkan makanan selain ASI. Saat memilih buah menjadi Mpasi, maka pilihlah buah yang sesuai untuk bayi berusia 6 bulan seperti berikut ini. 

Baca Juga: Resep Mpasi Untuk Bayi yang Susah Makan, Bunda Harus Tahu

Pilihan Buah untuk MPASI  

Seiring dengan perkembangan sistem pencernaannya, bayi berumur 6-8 bulan biasanya sudah bisa kamu berikan makanan dengan tekstur lembut seperti bubur bayi yang sudah disaring. Kamu bisa membuatkan bubur bayi maupun memakai bubur bayi kemasan yang banyak dijual di minimarket. 

Apabila memilih untuk membuatnya sendiri, maka kamu bisa menghaluskan buah tersebut menjadi bubur sebab bayi belum memiliki gigi dan agar si Kecil tidak tersedak. Tidak hanya memiliki banyak nutrisi, buah-buahan juga mempunyai sedikit resiko alergi pada bayi. Beberapa pilihan buah di bawah ini bisa kamu berikan untuk bayi berusia 6 bulan: 

1. Pisang 

Pisang mempunyai banyak gizi penting yang diperlukan oleh bayi pada masa tumbuh kembangnya, seperti kalium, vitamin A, B6, B12, serat dan folat. Selain itu, pisang juga mempunyai tekstur yang halus dan lembut, sehingga bayi tak kesulitan saat mencernanya. 

2. Alpukat 

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh sehingga bagus untuk mendorong pertumbuhan bayi. Tidak hanya mempunyai rasa yang lezat, alpukat pun lembut sehingga cocok sekali untuk kamu jadikan sebagai Mpasi. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Sehat Untuk Bayi kamu di ASTRO!

Resep Protein Shake Sederhana yang Lezat dan Sehat

3. Apel 

Apel mempunyai berbagai nutrisi yang bayi butuhkan, seperti kalium, serat, vitamin C, K dan berbagai mineral lainnya. Kamu bisa mengolah apel dan cara menambahkannya dengan bahan lain guna meningkatkan nafsu makan si Kecil. 

Baca Juga: Ini Resep Mpasi Untuk Bayi yang Sedang Diare yang Lezat dan Mudah Dibuat

4. Pepaya 

Pepaya sudah terkenal menjadi Mpasi saat bayi mulai berumur 6 bulan. Tidak hanya harganya yang murah dan mudah didapatkan, pepaya juga mempunyai rasa manis dengan tekstur yang tidak sulit untuk dicerna oleh bayi. 

Kandungan vitamin C di dalamnya bisa mendorong penyarang vitamin A, E, asam folat dan zat besi dari makan. Buah ini pun bisa melancarkan sistem pencernaan. 

5. Melon 

Buah yang satu ini bisa kamu berikan pada si Kecil saat usianya menginjak 8 bulan. Sebelum memberikannya, ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

Karena pada beberapa bayi, gejala alergi seperti ruam pada kulit sering muncul sesudah mengkonsumsi melon. Kandungan beta karoten pada melon memang cukup tinggi sehingga bagus untuk perkembangan indera penglihatan bayi. 

6. Mangga 

Mangga terkenal kaya akan kandungan vitamin A, B, C, zat besi, kalium dan serat. Buah ini sudah bisa kamu berikan pada bayi ketika usianya menginjak 8 bulan. Hal yang perlu diperhatikan yaitu jangan sampai getah yang ada di kulit mangga tersebut menempel di daging buah, sebab bisa mengakibatkan gatal pada tenggorokan bayi. 

7. Pir 

Buah selanjutnya yang bisa kamu berikan kepada si Kecil ketika mereka berusia 6 bulan yaitu Pir. Tidak sama seperti buah apel, pir yang telah matang tidak perlu kamu kukus sebab dagingnya sudah memiliki tekstur lunak. Apabila buah pir masih dirasa keras, maka kamu bisa mengukusnya lebih dulu sama dengan apel. 

Cara Mengolah Buah untuk Bayi 

Untuk mengenalkan buah menjadi Mpasi dan meningkatkan nafsu makan bayi, berikut cara mudah untuk melakukannya: 

  • Siapkan 1 pir dan 1 apel matang. 
  • Kupas kulit pir dan apel sampai benar-benar bersih. 
  • Potong pir dan apel berbentuk dadu. 
  • Panaskan air pada panci steamer sampai mendidih dan masukan potongan buah apel pada panci tersebut, kukus selama 2 menit. Sesudah itu, masukkan pir yang sudah dipotong. 
  • Kukus sekitar 10 menit pakai api sedang. 
  • Tambahkan susu formula atau ASI pada bubur buah bayi tersebut sesuai selera. 

Saat memberikan Mpasi, jangan memaksakan bayi bisa makan dalam porsi yang banyak, sebab mereka yang baru dikenalkan Mpasi biasanya hanya membutuhkan 1-2 sendok makan saja. Memberikannya terlalu banyak Mpasi juga bisa menyebabkan bayi memuntahkan makanan yang sudah ditelannya karena terlalu banyak makanan yang masuk. 

Masing-masing ibu tentunya mempunyai cara yang tidak sama saat memperkenalkan berbagai buah pada bayi nya. Untuk hal tersebut, ibu bisa menyesuaikan buah yang tepat untuk si Kecil, dari buah yang mereka senangi. 

Apabila kamu memutuskan untuk memberikan Mpasi dengan bentuk pure, maka bisa langsung memberikan bayi tekstur yang agak padat dan sesuaikan dengan usianya. Ketika belajar tentang tekstur makanan yang lebih padat, bayi akan mulai belajar mengunyah makanan. 

Hal tersebut bisa menguatkan otot-otot pada mulut yang dipakai untuk berbicara. Jangan lupa juga untuk memberikan kandungan yang lengkap, misalnya karbohidrat, protein hewani dan nabati, serta serat supaya nutrisi dan gizinya terpenuhi.


Nah, demikianlah rekomendasi beberapa jenis buah yang bagus untuk bayi yang mulai diberikan Mpasi. Semoga dengan ulasan di atas ini kamu sebagai ibu menjadi terbantu untuk memberikan Mpasi buah yang tepat pada si Kecil. Selamat mencoba!

Jangan lupa, kalau kamu sedang repot dan tak punya banyak waktu untuk belanja buah-buahan segar untuk Mpasi, kamu bisa andalkan Astro yang bisa bantu penuhi kebutuhan Mpasi si kecil. Belanja buah-buahan segar di Astro, sampai dalam hitungan menit saja. Download aplikasi Astro di App Store & Google Play Store sekarang!

Baca Juga: Jenis Makanan Selingan Bayi yang Aman dan Bergizi

Arie Wahyu
Arie Wahyu