Jangan Salah, Ikuti Cara Menyimpan Sayur di Kulkas Dengan Wadah Tupperware

Jangan Salah, Ikuti Cara Menyimpan Sayur di Kulkas Dengan Wadah Tupperware

Mungkin kamu termasuk orang yang memilih untuk membeli sayuran dalam jumlah yang banyak. Nah, supaya kondisi sayur tetap baik maka kamu harus mengetahui cara menyimpan sayur di kulkas dengan wadah tupperware agar awet dan tetap segar. 

Biasanya sayuran mempunyai kadar air yang cukup tinggi di dalamnya. Oleh karena itu, bila menyimpannya terlalu lama di dalam kulkas dan tidak menggunakan wadah bisa mengakibatkan sayuran cepat membusuk dan rusak. Demi terhindar dari hal tersebut, terdapat beberapa cara menyimpan sayuran di dalam kulkas menggunakan wadah yang harus kamu ketahui. 

Hal ini sangat penting supaya sayuran yang sudah kamu beli bisa bertahan lebih lama dan kualitasnya tidak menurun karena ditaruh secara sembarangan. Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini. 

Baca Juga: Cara Menyimpan Sayur Agar Awet dan Segar Selama Seminggu

Cara Simpan Sayur Dalam Wadah yang Benar 

Untuk menyimpan sayur dengan aman pastinya kamu harus mengetahui cara nya yang benar, bukan? Nah, kamu bisa melihat cara menyimpan sayur supaya tidak layu di bawah ini. 

1. Sortir sayur sebelum menyimpannya 

Cara pertama untuk menyimpan sayuran di wadah tupperware yaitu menyortir semua sayuran terlebih dahulu. Sayuran yang kamu beli dari supermarket juga pasti mempunyai bagian yang sudah kecoklatan dan menguning. 

Sehingga kamu perlu membuang bagian tersebut supaya kerusakannya tidak mengkontaminasi bagian lain dan potong akar yang ada di sayur. Sayuran yang berakar misalnya kangkung dan bayam

2. Bersihkan sayuran 

Sesudah membeli sayuran, kamu harus mencuci sampai bersih semua bagian nya menggunakan air dan sabun khusus sayuran. Hal ini dilakukan agar semua kotoran dan bakteri yang ada di sayur bisa lepas. 

Lalu, saat kamu ingin memasaknya juga tidak perlu mencucinya lagi, sehingga bisa menghemat waktu memasak kamu. 

3. Lapisi wadah tupperware dengan plastik berlubang atau tisu 

Cara untuk menyimpan sayuran di wadah tupperware berikutnya yaitu kamu perlu melapisi wadah dengan plastik berlubang atau tisu. Sebab tisu dapat mencegah suhu kulkas menyerap pada sayuran dan plastik berlubang bisa memberikan akses udara untuk sayur. 

Namun, khusus untuk jamur-jamuran, maka kamu perlu membungkusnya menggunakan kertas, sebab jamur sangat mudah busuk dan lembab bila dibungkus menggunakan plastik. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Sayuran kamu di ASTRO!

Cara Menyimpan Sayur Agar Awet di Kulkas Tetap Fresh dan Tidak Layu

4. Jangan mencampur sayuran 

Untuk kamu yang masih sering mencampur-campur sayuran dalam wadah, ada baiknya jangan melakukan hal itu lagi jika tidak ingin membuat sayuran lebih mudah membusuk. Setiap sayuran tentunya memiliki cara penyimpanannya tersendiri. 

Dengan begitu, kamu harus memisahkan setiap sayuran yang kamu beli saat ingin memasukkannya ke dalam wadah tupperware. Satu wadah tupperware hanya bisa dimasukkan satu jenis sayuran saja. Misalnya, satu wadah hanya untuk wortel atau brokoli saja. Jangan mencampur sayur sebab hal tersebut membuat sayur lebih mudah busuk. 

5. Simpan sayuran dalam bentuk yang utuh 

Hal yang satu ini sangat penting untuk kamu perhatikan, ada baiknya kamu menyimpan sayuran dalam bentuk yang utuh. Jangan memotongnya karena hal tersebut menjadikannya lebih mudah membusuk atau mengering. 

Selain itu, menjadi hal yang sia-sia sebab jika sayuran sudah membusuk atau mengering, maka kamu tidak bisa mengolahnya, apalagi mengkonsumsinya. Lebih baik biarkan saja dalam bentuk aslinya, jika ingin memasaknya kamu baru bisa memotongnya. 

6. Perhatikan suhu kulkas 

Cara menyimpan sayur di dalam wadah tupperware supaya tahan lama tentu saja kamu perlu memperhatikan suhunya. Suhu yang bagus untuk menyimpan sayuran ada di 1 sampai 4 derajat celcius. Jika suhu terlalu tinggi, maka bakteri akan lebih mudah berkembang dan menjadikan cita rasa serta aroma sayuran tidak sedap lagi. 

Selain itu, jika suhu terlalu rendah maka bisa mengakibatkan panas di dalam wadah tupperware, sehingga sayuran akan mudah layu dan menguning jika suhu kulkas terlalu panas. 

7. Cek kualitas dan kondisi sayuran secara rutin 

Saat kamu menyimpan sayuran dalam wadah tupperware di kulkas, tentu saja kamu tidak dapat membiarkannya terlalu lama. Sebaiknya sayuran kamu tidak disimpan dalam jangka waktu lebih dari 2 minggu untuk menjaga kesegarannya. 

Apabila kamu ingin menyimpannya lebih dari waktu tersebut, maka kamu harus mengeceknya 2 hari sekali. Jika melihat bagian sayur yang sudah mulai layu atau membusuk maka kamu harus membuangnya supaya tidak mengkontaminasi bagian sayur yang lainnya. 

Baca Juga: Tidak Takut Busuk, Ini Cara Menyimpan Sayur Tanpa Kulkas

8. Simpan sayuran sesuai jenisnya 

Umumnya kulkas mempunyai 3 sampai 4 rak penyimpanan, sehingga gunakanlah sebaik mungkin untuk menyimpan sayuran sesuai jenisnya. Misalnya, kamu menyimpan sayuran seperti sawi, bayam dan kangkung pada rak bagian bawah. Sebab suhu pada rak tersebut sangat stabil sehingga sayuran tidak mudah menguning. 

Lalu, pada rak bagian tengah simpan sayuran yang kadar airnya rendah seperti buncis, kol, kacang panjang dan wortel. Berikutnya, di rak paling atas kamu bisa menyimpan sayuran yang memiliki kandungan air tinggi seperti paprika, terong, cabai dan mentimun

Demikianlah, beberapa cara menyimpan sayur di kulkas dengan wadah tupperware yang harus kamu ketahui. Setelah membaca ulasan di atas, kamu menjadi tahu jika menyimpan sayur bisa bertahan lama jika kamu membeli sayuran yang masih segar. 

Nah, kamu bisa beli sayuran segar di Astro yang merupakan aplikasi belanja online untuk kebutuhan sehari-hari. Astro menyediakan lebih dari 3000 produk untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga kamu bisa menemukan semua produk yang dibutuhkan hanya di Astro! 

Jika kamu berminat, maka kamu bisa langsung download aplikasi Astro di Play Store atau App Store sekarang juga dan dapatkan potongan harga!

Arie Wahyu
Arie Wahyu