Ini Perbedaan Tahu dan Tofu yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Ini Perbedaan Tahu dan Tofu yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan tofu dan tahu, bukan? Memang jika dilihat sekilas, kedua jenis makanan yang satu ini terlihat sama, yaitu sama-sama lembut dan berwarna putih. Namun, sebenarnya ada perbedaan tahu dan tofu yang banyak tidak diketahui orang. 

Pada bahasa Inggris, tahu sendiri disebut menjadi tofu. Makna tofu pada bahasa asing ini mengarah kepada berbagai jenis tahu. Beberapa orang menyebut tofu yaitu tahu yang asalnya dari Jepang, serta mempunyai perbedaan yang sangat jelas dari tahu.

Walaupun dibuat dari bahan yang sama yaitu kedelai, tetapi tahu dan tofu mempunyai perbedaan. Mulai dari tekstur, proses pembuatan sampai cara mengolahnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kamu mengetahui perbedaan dari kedua jenis makanan ini supaya kamu dapat menyesuaikan jenis makanan ini jika ingin memasaknya. 

Di bawah ini kami sudah merangkumkan perbedaan dari tahu dan tofu yang belum banyak orang ketahui. 

Baca Juga: Penjelasan Perbedaan Kandungan Gizi Pada Tahu dan Tempe

Berikut Bedanya Tahu dan Tofu 

1. Proses pembuatannya berbeda 

Perbedaan yang pertama terletak di proses pembuatannya. Walaupun sama-sama dibuat dari kacang kedelai, ternyata kedua jenis makanan ini melalui proses pembuatan yang cukup berbeda. 

Pada proses pembuatan tahu, bahan untuk penggumpalannya dapat memakai asam asetat, kalsium sulfat, atau Glucono Delta Lactone. Lalu, air sisa dari proses pembuatan tahu juga sangat banyak jumlahnya. 

Salah satu tahapan paling penting dalam pembuatan tahu yaitu penggumpalan atau kolagulasi yang merupakan tahapan pembekuan minyak dan protein yang ada pada susu kedelai. 

Sedangkan pembuatan tofu ini tidak sama seperti tahu, lebih tepatnya tidak membutuhkan pengepresan kedelai selama tahapan pembuatannya. Sebaliknya, sari dari kedelai dipadatkan pada wada di tahapan akhir. 

Tahapan ini pun akhirnya menghasilkan tekstur tofu yang sangat lembut. Bahan untuk menggumpalkan yang dipakai yaitu GDL dengan takaran yang sangat sedikit, hanya 0,2% sampai 0,3% dari total sari kedelai yang didapatkan. 

2. Tekstur 

Sesuai dengan namanya, tahu sutra atau tofu sangat halus dan lembut. Tofu juga mudah sekali hancur. Hal tersebut sebab tahapan pembuatannya yang tidak melewati pengepresan dan tingkat GDL yang sangat rendah. Tidak hanya itu, tofu pun mempunyai rasa yang sangat gurih daripada tahu. 

Sedangkan tahu mempunyai tekstur yang keras dan lebih padat. Karena tahu dibuat dengan tahapan pengepresan. Tidak sama seperti tofu, tahu lebih kenyal dan tidak mudah hancur. Sehingga, tahu sangat mudah meresap kaldu dan saus. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Tahu dan Tofu di Aplikasi ASTRO!

3. Kandungan air 

Kandungan air yang ada di dalam tahu dapat dibilang sangat sedikit. Hal ini bisa terjadi sebab pada proses pembuatannya, sudah terjadi tahapan pengepresan yang menjadikan kandungan air pada tahu akan berkurang. 

Sementara tofu, mempunyai kandungan air yang bisa dikatakan cukup banyak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika dalam proses membuat tofu ini tidak membutuhkan pengepresan. Oleh sebab itu, mengakibatkan tofu mempunyai kadar air yang sangat tinggi. 

4. Cara pengolahan 

Perbedaan berikutnya antara tofu dan tahu yaitu cara memasak atau mengolahnya. Sebab perbedaan kandungan air dan tekstur, cara memasak tahu dan tofu juga bisa berbeda. Mempunyai tekstur yang sangat lembut menjadikan tofu mudah hancur, kerap kali diolah menjadi sup. 

Tofu juga selalu dihaluskan guna dipakai di berbagai macam makanan penutup. Sedangkan, tahu yang mudah menyerap kaldu dan bumbu, kerap kali dipakai pada semur atau sup. Bukan hanya diolah menjadi masakan kuah saja, tahu memang sangat mudah diolah menjadi apapun seperti di tumis, goreng sampai dipepes karena teksturnya yang sangat padat. 

5. Asal negara 

Harus kamu ketahui jika tahu merupakan olahan dari kacang kedelai yang asalnya dari Tiongkok. Katanya, penamaan dari tahu ini diambil dari istilah “Hokkian” yaitu “tauhu”. Umumnya tahu terdapat 3 jenis yang berbeda yaitu tahu kuning, tahu putih dan tahu asal Sumedang. 

Semtara tofu asalnya dari Jepang. Tofu juga terdiri atas beberapa jenis. Terdapat momen tofu yang mempunyai tekstur seperti katun, kinu tofu yang mirip seperti sutra dan tofu dengan variasi rasa layaknya tofu telur. 

Baca Juga: Perbedaan Kaldu Jamur dan Micin yang Tidak Diketahui

Manfaat Tahu dan Tofu untuk Kesehatan 

Ada persamaan manfaat dari tahu dan tofu untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsi dua jenis makanan ini. Manfaat yang bisa kamu rasakan, diantaranya:

1. Menghambat tumbuhnya sel kanker 

Tahu dan tofu mempunyai kandungan antioksidan dan isoflavon yang dianggap bisa menghambat berbagai pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat. 

Tahu dan tofu disarankan dikonsumsi sejak masa remaja maupun kanak-kanak supaya bisa memberikan perlindungan yang lebih maksimal. Tetapi, tidak berarti manfaat kedelai pada tahu dan tofu tidak bekerja dengan baik untuk orang dewasa maupun lansia. 

2. Meningkatkan kekuatan tulang 

Tidak hanya dianggap bisa menghambat tumbuhnya sel kanker, manfaat dari tahu juga bisa meningkatkan kekuatan tulang karena ada kandungan isoflavonnya. Ada salah satu studi mengungkapkan jika isoflavon bisa meningkatkan kepadatan tulang dalam tubuh. 

Tentunya hal tersebut bisa menurunkan resiko terserang osteoporosis, khususnya pada wanita yang baru menginjak masa menopause. Selain itu, tahu dan tofu pun kaya akan kalsium yang bagus guna menjaga kesehatan tulang. 

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Perbedaan Butter Mentega dan Margarin

Demikianlah, ulasan mengenai perbedaan tahu dan tofu serta manfaat dari kedua jenis makanan ini yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya. Dengan membaca ulasan ini, semoga kamu tidak bingung lagi untuk membedakan tahu dan tofu, ya!

Dapatkan tahu & tofu berkualitas terbaik dan berbagai produk kebutuhan lainnya hanya di aplikasi Astro. Belanja online di aplikasi Astro praktis & nggak perlu nunggu lama, sebab pesanan kamu akan diantar dalam hitungan menit saja. Yuk! Belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Referensi:

5 Manfaat Tahu dan Resep Sehat Olahannya

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu