Ini Manfaat Jeruk Nipis Untuk Ibu Hamil yang Harus Kamu Ketahui

Ini Manfaat Jeruk Nipis Untuk Ibu Hamil yang Harus Kamu Ketahui

Banyak saran dan pantangan selama kehamilan yang sangat membingungkan, termasuk jenis buah-buahan dan makanan lainnya yang lebih baik dikonsumsi maupun dihindari. Mungkin jeruk nipis menjadi salah satu buah yang kerap kali terbesit saat ibu hamil sedang merasa mual. Tidak hanya mengatasi mual, ada manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil yang banyak manfaatnya. 

Sebelum mengetahui manfaat dari jeruk nipis untuk para ibu hamil, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja nutrisi yang terkandung di dalam jeruk nipis. Tentunya kamu semakin penasaran, bukan? Langsung saja kita bahas ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Daftar Manfaat Buat Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dalam Jeruk Nipis 

Dikutip dari Medical News Today, berdasarkan Database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu gelas jeruk dari sebuah jeruk nipis dengan berat 44 gram mempunyai kandungan nutrisi seperti berikut: 

  • 0,13 gram protein 
  • 0,1 gram serat 
  • 0,74 gram gula pasir 
  • 3,7 gram karbohidrat 
  • 11 kalori 

Jeruk nipis populer karena kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Satu jeruk nipis yang berdiameter 5 cm, memberikan 32% asupan vitamin C harian yang disarankan pada per individu. Sedangkan jus jeruk dari 1 buah jeruk nipis diketahui memberikan 22% dari jumlah harian. 

Jeruk nipis pun mempunyai kandungan sejumlah kecil magnesium, fosfor, folat, niasin, dan riboflavin. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Jeruk Nipis dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

Ini Manfaat Jeruk Nipis Untuk Ibu Hamil yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Jeruk Nipis bagi Ibu Hamil 

Buah mungil dengan cita rasa yang menyegarkan dan asam ini nyatanya mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan untuk para ibu hamil. Sejumlah manfaat dari jeruk nipis untuk ibu hamil yaitu: 

1. Mencegah konstipasi 

Konstipasi, susah buang air besar atau sembelit adalah salah satu masalah yang selalu dialami oleh semua ibu hamil. Untuk mengatasi sulit BAB ketika hamil, kamu dapat lebih banyak mengkonsumsi air minum dan makanan dengan serat yang tinggi. 

Memang jeruk nipis dikenal mempunyai kandungan vitamin C. Tetapi, jeruk nipis pun memiliki kandungan serat yang dapat berfungsi guna melancarkan sistem pencernaan dari ibu hamil. 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Selama hamil, tubuh bisa lebih mudah terkena penyakit, seperti pilek. Oleh karena itu, ibu hamil memerlukan nutrisi dari makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  

Salah satu dari manfaat jeruk nipis datang berasal dari tingginya kandungan antioksidan yang asalnya dari kandungan coumarin, asam fenolik, flavonoid, dan vitamin C di dalamnya. 

Antioksidan ini berfungsi untuk melawan radikal bebas dan membantu menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kepada para ibu hamil. 

3. Menurunkan darah tinggi 

Sebuah sumber mengatakan jika jeruk nipis dapat membantu turunkan tekanan darah. Hal tersebut dapat menjadi alternatif untuk ibu hamil yang biasanya banyak merasakan hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Pada sejumlah kasus, tekanan darah tinggi yang terjadi kepada ibu hamil bahkan dapat memicu preeklampsia yang dapat mengancam nyawa janin dan ibu hamil. 

Baca Juga: Agar Tidak Salah, Ini Cara Memilih Jeruk yang Manis

4. Menjaga kesehatan mulut 

Selama masa kehamilan, perubahan hormonal menjadikan kamu sebagai ibu hamil mudah mengalami gusi berdarah, bahkan saat sedang menggosok gigi. Antioksidan dan vitamin C pada jeruk nipis diketahui bisa mengatasi berbagai kondisi permasalahan mulut, termasuk sariawan dan gusi berdarah. 

Hal tersebut bisa terjadi sebab vitamin C bisa membantu membangun elastisitas pada pembuluh darah. Tentunya manfaat yang satu ini sangat kamu butuhkan untuk mencegah gusi berdarah dan sariawan yang rasanya bisa membuat kamu kurang nyaman. 

5. Menghindari anemia 

Kekurangan hemoglobin atau anemia dalam sel darah merah adalah keadaan yang kerap kali dikhawatirkan selama masa kehamilan dan persalinan. Keadaan ini terjadi karena kurangnya zat besi yang menjadi bahan pokok untuk membentuk hemoglobin. 

Bukan hanya harus mengkonsumsi makanan tinggi zat besi, makanan yang bisa membantu penyerapan zat besi pun diperlukan guna mengatasi anemia. Vitamin C menjadi nutrisi yang bisa membantu penyerapan zat besi tersebut. Itulah mengapa jeruk nipis pun dapat menjadi buah yang dikonsumsi demi mencegah anemia ketika hamil. 

6. Menjaga kadar lemak dan gula dalam darah 

Kelebihan bobot tubuh sampai mengalami diabetes menjadi keadaan yang mudah terjadi pada para ibu hamil, bahkan bisa menimbulkan terjadinya komplikasi pada kehamilan. 

Jeruk nipis mempunyai kandungan senyawa polifenol dan flavonoid yang diketahui bisa menjaga kadar gula dan lemak dalam darah. Melonjaknya kadar gula dan lemak dalam darah sendiri menjadi salah satu penyebab kelebihan berat badan dan penyakit diabetes ketika hamil.

7. Mengurangi mual

Mual dan muntah merupakan salah satu gejala yang paling sering dialami oleh ibu hamil pada pagi hari, khususnya di umur kehamilan awal. Jeruk nipis dapat menjadi cara untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil karena mempunyai rasa asam di dalamnya. 

Menghisap permen rasa lemon atau sedikit irisan jeruk nipis dapat menjadi solusi untuk mengatasi mual. Hal satu ini bisa membantu kamu yang sedang di masa kehamilan awal dan mempunyai kebiasaan mual dan muntah pada pagi hari. 

Efek Samping dari Jeruk Nipis bagi Ibu Hamil 

Jeruk nipis dengan jumlah sedikit sampai sedang dapat memberikan manfaat untuk ibu hamil. Tetapi, bila dikonsumsi berlebihan bisa beresiko untuk kesehatan seperti meningkatkan asam lambung, diare dan mengikis email pada gigi. 

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Strawberry yang Harus Kamu Ketahui

Itulah sejumlah manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil dan efek sampingnya jika dikonsumsi terlalu banyak. Konsumsi jeruk nipis dengan porsi yang tepat dapat menguntungkan untuk kesehatan ibu dan janin. Semoga dengan ulasan ini kamu bisa terbantu, ya!

Agar dapat merasakan manfaatnya secara langsung, kamu bisa belanja jeruk nipis segar secara online di aplikasi Astro. Nggak hanya jeruk nipis, Astro juga menyediakan ribuan produk buah, sayur, daging, dan kebutuhan lainnya yang bisa kamu pesan melalui aplikasi Astro. Yuk! Download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu