Agar Tidak Salah, Ini Cara Memilih Jeruk yang Manis

Agar Tidak Salah, Ini Cara Memilih Jeruk yang Manis

Tentunya semua orang senang dengan jeruk karena rasanya yang menyegarkan. Berdasarkan penelitian, buah berwarna orange ini memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh. Jeruk tinggi akan vitamin C yang diyakini sanggup menurunkan kolesterol, mencegah anemia, mengontrol tekanan darah dan melindungi kulit. 

Di Indonesia, ada berbagai jenis jeruk yang terkenal, seperti jeruk pontianak dan jeruk medan. Tetapi, tidak semua jeruk mempunyai kandungan air yang banyak, manis dan segar. Lalu, bagaimana cara memilih jeruk yang manis dan berkualitas? Berikut ini beberapa cara memilih jeruk yang manis. 

Baca Juga: Daftar Manfaat Buat Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Tips Memilih Jeruk yang Manis dan Berkualitas 

Karena mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, pastinya untuk memperoleh manfaat dari vitamin C dengan maksimal, kamu harus memilih buah jeruk yang manis dan berkualitas. Untuk itu, di bawah ini tips memilih buah beruk yang bisa kamu coba: 

1. Perhatikan tekstur kulitnya 

Jika kulit tampak halus, maka jeruk tersebut mempunyai rasa yang manis dan sudah matang. Jangan kamu memilih jeruk dengan kulit yang tebal dan kasar sebab kandungan airnya sangat sedikit dan rasanya tidak segar. 

2. Perhatikan warna kulitnya 

Bukan hanya mempunyai tekstur kulit yang sangat mulus, biasanya jeruk yang manis pun mempunyai kulit yang tampak mengkilap. Coba kamu letakkan jeruk di bawah cahaya lampu, apabila kulit jeruk tersebut memantulkan cahaya, berarti jeruk mempunyai rasa yang manis. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti buah-buahan segar di Aplikasi ASTRO!

Agar Tidak Salah, Ini Cara Memilih Jeruk yang Manis

3. Cek ketebalan kulit 

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu mengecek ketebalan kulit. Jeruk yang kulitnya tebal biasanya mempunyai air yang sedikit dengan rasa yang manis. Sebaliknya, bila kulit jeruk tipis, maka kandungan air di dalamnya sangat banyak.

4. Lihat warna jeruk 

Ketika memilih jeruk mandarin, kamu harus memilih warna jeruk yang orange gelap atau pekat. Cara yang satu ini menandakan jika jeruk tersebut memang telah benar-benar matang secara sempurna.  

5. Cek bagian bawah jeruk 

Cara memilih jeruk yang berkualitas dan manis yaitu kamu bisa mengecek bagian bawah kulit jeruk. Umumnya kulit jeruk yang agak cekung mempunyai rasa yang sangat manis. 

Baca Juga: Ini Manfaat Jeruk Nipis Untuk Ibu Hamil yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Jeruk untuk Kesehatan 

Sesudah kamu mengetahui cara memilih jeruk yang manis dan berkualitas. Kamu juga harus tahu jika jeruk mempunyai segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut seperti: 

1. Meningkatkan fungsi otak 

Manfaat jeruk yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu meningkatkan fungsi otak. Terkenal menjadi buah yang kaya akan vitamin C, jeruk pun mempunyai kandungan antioksidan, folat dan kalium yang bisa membantu kamu meningkatkan fungsi saraf pada otak. 

Bahkan, hal tersebut sudah dibuktikan dengan penelitian dari American Academy of Neurology. Para ahli tersebut mengungkapkan jika mengkonsumsi jus jeruk bisa membantu menurunkan risiko hilangnya memori pada pria. 

Penelitian ini melibatkan para pria yang harus mengkonsumsi jus jeruk setiap hari. Hasilnya, risiko akan penurunan kemampuan berpikir nya lebih rendah daripada peserta yang mengkonsumsi jus sebulan sekali. 

Walaupun begitu, temuan ini masih harus membutuhkan penelitian lebih dalam guna mengetahui apakah manfaat jeruk dapat meningkatkan fungsi memori pada manusia. 

2. Menjaga kesehatan janin dan ibu hamil 

Tidak hanya meningkatkan fungsi otak, buah jeruk juga bermanfaat untuk janin dan ibu hamil. Pasalnya, jeruk merupakan sumber vitamin C, air dan folat yang diperlukan oleh ibu hamil. 

Kandungan air yang sangat banyak pada buah jeruk ini bisa membantu ibu hamil untuk selalu terhidrasi. Tidak hanya itu, folat dan vitamin C didalamnya membantu menghindari kerusakan sel dan juga menyerap zat besi untuk tubuh. 

Dikutip dari Mayo Clinic, folat merupakan senyawa vitamin B yang membantu menurunkan risiko cacat tabung saraf janin. Keadaan ini bisa menimbulkan kelainan otak dan sumsum tulang pada janin. 

Oleh sebab itu, dianjurkan untuk memakan buah jeruk secukupnya supaya bisa mendapatkan manfaat nutrisi untuk Bumil yang dibutuhkan. 

3. Menjaga tekanan darah 

Tentunya tekanan darah tinggi bisa berdampak buruk untuk kesehatan, misalnya risiko penyakit jantung. Tetapi, hal tersebut bisa dihindari dengan mengkonsumsi buah jeruk. 

Berdasarkan dari ARYA atherosclerosis, jus jeruk mempunyai manfaat berbentuk mengurangi tekanan darah. Hal ini dibuktikan melalui penelitian di 25 pasien yang mengidap penyumbatan arteri. 

Para pasien ini dilaporkan sudah mencoba untuk menurunkan tekanan darah tinggi menggunakan obat-obatan. Tetapi, hasilnya masih tidak memuaskan. Akhirnya, para peserta diminta untuk mengkonsumsi jus jeruk yang telah diberikan vitamin C. 

Hasilnya, tekanan darah bisa menurun walaupun sedikit. Tekanan darah ini semakin menurun saat minuman mereka diganti dengan minuman yang lebih tawar. Itulah mengapa, vitamin C dalam buah jeruk mempunyai manfaat untuk penderita penyakit hipertensi. 

4. Memelihara kesehatan kulit dan rambut 

Tidak lagi menjadi rahasia jika vitamin C tinggi akan antioksidan dan memberikan banyak manfaat untuk rambut dan kulit. Antioksidan dapat kamu temukan di buah jeruk yang bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas karena sinar UV. 

Bahkan, manfaat lainnya yang ada di dalam buah jeruk adalah mengatur keseimbangan kolagen pada dermis. Kolagen menjadi jenis protein yang sangat penting untuk rambut dan kulit mu, khususnya menghindari penuaan dini dan mempercepat pertumbuhan rambut. 

Oleh sebab itu, mengkonsumsi jeruk yang tinggi akan vitamin C bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit mu. 

Baca Juga: Cara Mematangkan Pisang Tanpa Karbit

Demikianlah, ulasan mengenai cara memilih jeruk yang manis dan beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi buah jeruk. Dengan semua manfaat jeruk tersebut, membuat kamu harus rajin mengkonsumsi nya agar membantu kesehatan tubuh mu.

Untuk kamu yang mau belanja buah jeruk dan buah segar lainnya kamu bisa dapatkan hanya di Astro. Pesanan buah kamu akan diantar dalam waktu hitungan menit saja! Yuk pesan sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store.

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu