Cara Mematangkan Pisang Tanpa Karbit

Cara Mematangkan Pisang Tanpa Karbit

Jika mempunyai pisang yang tua namun belum matang, ada cara yang mudah untuk mematangkan pisang tanpa karbit sehingga bisa matang lebih cepat. Pisang adalah buah yang memiliki banyak peminat sebab tekstur nya lembut dan rasa nya lezat. Buah pisang juga mempunyai berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti kaya akan serat yang bagus guna turunkan berat badan. 

Pisang sangat enak dikonsumsi ketika sudah matang dengan ciri-ciri mengeluarkan aroma harum, tekstur buah lembut, kulitnya berwarna kuning cerah dan rasanya sangat manis. Jika kamu mempunyai pisang yang belum matang ketika membeli, tidak perlu bingung, sebab ada berbagai cara untuk dapat mematangkannya dengan sempurna dan cepat. 

Bagaimanakah cara mematangkan buah pisang tanpa dikarbit? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Tips Mematangkan Pisang dengan Sempurna 

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mematangkan pisang tanpa perlu mengkarbitnya. 

1. Simpan Pisang dalam Kondisi Menyatu 

Suhu menjadi faktor penting untuk mematangkan pisang yang masih mentah. Untuk mempercepat, maka kamu bisa menyimpan pisang dalam suhu ruang sekitar 15-18 derajat celcius. Terjadinya peningkatan dalam jumlah gas etilen dari sejumlah buah pun bisa mempercepat kematangan. 

Sehingga, simpan sesisir pisang di suhu ruangan. Bisa pula kamu letakkan pada mangkuk buah agar gas etilen gabungan dari buah lainnya bisa membantu pisang matang secara merata dengan cepat. 

Pastikan kamu periksa setiap hari supaya tingkat kematangan pisang yang diinginkan sesuai sehingga kamu bisa menikmati pisang yang lembut dan juga manis. 

2. Simpan Pada Kantong Kertas 

Kantong kertas atau biasa dikenal dengan paper bag bekas belanja dapat kamu manfaatkan untuk membungkus pisang. Selain itu, kamu juga bisa memakai kertas koran maupun kertas yang lainnya. 

Cara yang satu ini dianggap sangat efektif guna membantu mematangkan pisang tanpa karbit. Letakkan pisang pada kantong plastik dan lalu tutup selama semalaman. Kantong kertas yang sudah ditutup dengan rapi bisa mendorong pisang untuk mengeluarkan gas etilen. Sebab pisang mentah bisa melakukan proses pematangannya secara cepat, sehingga kamu tidak perlu lagi memakai karbit. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan buah-buahan segar untuk diet sehat kamu di ASTRO!

Cara Mematangkan Pisang Tanpa Karbit

3. Simpan Bersama Buah yang Mengeluarkan Gas Etilen 

Tidak hanya pisang, buah yang mengeluarkan gas etilen lainnya yaitu apel. Kamu dapat menyimpan kedua buah tersebut secara bersamaan jika ingin pisang mu lebih cepat matang. 

Letakkan pisang mentah pada kantong kertas. Sesudah itu, tambahkan beberapa apel dan tutup sampai rapat. Simpan pisang dalam kantong kertas tersebut selama beberapa hari. Selain apel, kamu juga dapat memakai pir, mangga, dan alpukat. 

Perlu kamu ingat jangan meletakkan pisang pada suhu yang terlalu panas sebab daging buahnya bisa menjadi sangat lembek, bahkan bisa busuk dengan lebih cepat. Ada baiknya, jangan menggunakan cara mengiris pisang guna mempercepat proses mematangkannya, cara tersebut sangat tidak efektif. 

Sebab, sangat ditakutkan sesudah diiris dan dilepaskan dari kulitnya terjadi berbagai reaksi kimia berantai dan mengakibatkan pisang membusuk. Selain itu, kemungkinan besar juga bakteri dari luar menempel pada daging pisang yang akhirnya kamu bisa sakit ketika mengkonsumsi pisang yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut. 

Oleh karena itu, cukup letakkan pada wadah yang sama saja tanpa perlu memotongnya. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi sebab kondisi pisang yang sudah tidak bersih. 

Baca Juga: Ini Dia Penjelasan Akan Bintik Hitam Di Pisang Ternyata Sehat

4. Masukan Pisang Dalam Oven 

Apabila ingin buah pisang matang secara merata dengan cepat, maka kamu dapat memanaskannya menggunakan oven. Buah pisang yang kamu masukkan di dalam oven dengan suhu yang sedang bisa membantu proses pematangan pisang yang masih mentah. 

Biasanya, kulit pisang berubah menjadi hitam bila buah didalamnya sudah matang. Tetapi, buah pisang yang dimatangkan menggunakan oven ini akan mempunyai rasa yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan pisang yang proses pematangannya menggunakan cara alami. 

Jika kamu tidak ingin rasanya berubah, maka kamu bisa letakkan pisang di tempat yang hangat, tetapi pastinya proses pematangan pisang akan lebih lama daripada menggunakan oven. 

5. Bungkus Menggunakan Alumunium Foil 

Dilansir dari laman Spoon University, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mematangkan buah pisang hanya dalam waktu 24-28 jam saja yaitu dengan membungkus pisang yang matang dengan pisang masih mentah pada satu alumunium foil yang sama. 

Cara tersebut dapat mempercepat proses pematangan buah pisang sebab adanya gas etilen yang bisa diproduksi oleh pisang yang matang sehingga menjadikan pisang tersebut cepat matang dan matang secara sempurna. 

6. Bungkus Menggunakan Plastik 

Cara mematangkan pisang yang terakhir adalah dengan membungkus pisang menggunakan plastik. Tidak hanya bisa dimatangkan dengan cara dibungkus memakai kantong kertas. Ternyata mematangkan pisang dengan membungkusnya memakai plastik juga bisa menjadi cara tepat untuk kamu lakukan. 

Usahakan supaya membungkus pisang dengan sangat rapat dan letakkan pada ruangan yang hangat. Pisang yang ada di suhu ruang hangat dan bahkan panas bisa membuat pisang lebih mudah matang. Dengan membungkus pisang menggunakan plastik, buah pisang bisa matang dalam kurun waktu 2-3 hari, lho. 

Itu tadi beberapa cara mematangkan pisang tanpa karbit yang bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah. Kamu juga dapat mematangkan buah pisang menggunakan cara tradisional yaitu dengan cara membungkus buah pisang menggunakan berbagai jenis daun, masukkan dalam plastik lalu tanam di dalam tanah. Dengan menggunakan cara ini mungkin buah pisang bisa matang dalam waktu 2 hari. 

Buat yang nggak mau repot mematangkan buah pisang, kamu bisa pesan buah pisang segar yang siap santap/olah di aplikasi Astro. Buah yang dipesan di aplikasi Astro akan sampai dalam keadaan segar karena proses pengiriman yang cepat hanya dalam hitungan menit. Download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store sekarang!

Baca Juga: Agar Tidak Salah, Ini Cara Memilih Jeruk yang Manis

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu