Ini Dia Penjelasan Akan Bintik Hitam Di Pisang Ternyata Sehat

Ini Dia Penjelasan Akan Bintik Hitam Di Pisang Ternyata Sehat

Mungkin bagi kamu tidak akan pernah terbayangkan ternyata bintik hitam di pisang memiliki kandungan tertentu yang justru malah bikin kamu jadi sehat. Maka dari itu, supaya kamu bisa lebih jelas mengenai bintik hitam di pisang kenapa sehat, perhatikan ulasannya  dibawah ini.

Kandungan yang terdapat pada pohon pisang adalah vitamin B6, ada mangan, kemudian ada vitamin C, tembaga, kalium, biotin, serat, besi, magnesium, seng dan masih banyak kandungan nutrisi yang lain.

Kombinasi dari beberapa kandungan tersebutlah yang membuat pisang juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan manfaat yang lainnya. Pada semua jenis pisang tentu saja akan memberi suatu manfaat bagi tubuh. 

Namun, bagaimana dengan bintik hitam yang ada pada kulit pisang yang sering kamu jumpai? Bintik hitam yang ada pada pisang adalah arti bahwa pisang itu sudah matang (tumor necrosis factor). tetapi tidak jarang yang beranggapan bahwa bintik hitam di pisang merupakan pertanda buah itu sudah membusuk.

Padahal, bintik hitam yang ada pada pisang ternyata sehat untuk tubuh jika dibandingkan dengan kulit pisang yang masih hijau yang tidak ada bintik hitamnya sama sekali. 

Kandungan pada pisang yang sudah matang dikenal dengan TNF atau tumor necrosis factor yang artinya telah diproduksi pada beberapa sel tertentu. Sel tersebut berasal dari sistem imun tubuh yang mampu meningkatkan sel darah putih, sehingga dapat melawan adanya suatu sel kanker abnormal.

Oleh karena itu, mengkonsumsi buah pisang yang kondisi kulitnya sudah ada bintik hitam akan lebih baik jika dibandingkan dengan buah pisang yang kulitnya masih hijau tanpa adanya bintik hitam. Berikut ini adalah alasannya, simak yuk!

Baca Juga: Mengenal Manfaat Pisang Cavendish

Alasan Bintik Hitam di Pisang Lebih Sehat dan Harus Dikonsumsi

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, buah pisang mulai dari pohon, buah, hingga ke kulitnya saja memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan dari sekian banyaknya jenis pisang, semua jenis pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Namun, kamu harus tahu bahwa buah pisang dengan bintik hitam pada kulitnya jauh lebih sehat jika dikonsumsi jika kamu bandingkan dengan jenis pisang yang kulitnya tidak ada bintik hitam sama sekali. 

Pisang yang sudah matang pada umumnya pada kulitnya akan berubah menjadi warna kuning. Dalam kondisi kulit pisang yang warnanya kuning, akan meningkatkan antioksidan.

Harus kamu ingat, pisang yang sudah matang, khususnya pada kulit pisang yang memiliki bintik hitam, akan mengubah pati jadi suatu glukosa atau gula yang secara sederhana akan mudah dicerna oleh perut.

Supaya kamu lebih jelas,berikut ini adalah alasan kenapa kamu harus mengkonsumsi pisang matang yang kulitnya terdapat bintik hitam. Simak dan perhatikan yuk!

1. Baik Untuk Pencernaan dan Berat Badan

Buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi, maka kamu akan merasa kenyang lebih lama. Bahkan pisang juga mempunyai kandungan nutrisi berupa vitamin B6 yang baik untuk menurunkan berat badan dan juga baik untuk tubuh yang terkena diabetes dengan tipe 2.

2. Baik Untuk Kesehatan Mata

Mengkonsumsi pisang dengan bintik hitam pada kulitnya juga baik untuk kebaikan mata, karena pisang memiliki kandungan vitamin A. Maka kamu akan merasakan mata jadi lebih sehat, terlindungi dengan baik serta meningkatkan daya lihat terutama saat malam hari.

3. Baik Untuk Jantung Tetap Sehat

Pisang juga baik untuk menunjang kesehatan jantung tetap terjaga. Tentu saja karena pisang sudah matang yang memiliki bintik hitam memiliki kandungan potasium. Kandungan potasium tersebut memiliki kinerja berupa memompa jantung dengan stabil.

4. Bantu Mengobati Depresi

Dengan mengkonsumsi pisang maka tubuh kamu akan melakukan perubahan pada triptofan. Triptofan tersebut dapat menjadi suatu serotonin yang dinamakan dengan neurotransmitter otak.

Kandungan tersebut bekerja untuk meningkatkan suasana pada hati akan selalu terjaga dengan baik. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih bahagia dan tidak akan mudah depresi.

5. Baik Untuk Tulang

Menjaga tulang dengan baik tidak hanya harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D saja. Tetapi kamu juga bisa mengkonsumsi buah pisang yang memiliki bintik hitam pada kulitnya.

Alasannya, pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang namanya fructooligosaccharides. Kandungan itu, bisa bantu dalam penyerapan kalsium yang ada pada tubuh dengan sangat baik. Oleh karena itu, pisang juga baik untuk bantu dalam menjaga tulang tetap sehat.

6. Baik Untuk Kekebalan Tubuh

Kandungan lentinan yang ada pada pisang bisa bantu dalam meningkatkan imun atau kekebalan tubuh kamu. Jika kamu hendak meningkatkan kekebalan tubuh, bisa konsumsi buah pisang matang dalam 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Baca Juga: Ragam Jenis Pisang untuk Camilan atau Sajian Lezat, Cek Daftarnya di Sini!

Demikian beberapa ulasan mengenai bintik hitam di pisang yang ternyata sehat. Meskipun sering dianggap buahnya sudah membusuk, kini kamu tidak bisa salah lagi. Karena justru pisang matang yang kulitnya terdapat bintik hitam justru lebih sehat dibandingkan pisang yang kulitnya tidak ada bintik hitam.

Jika kamu sedang mencari buah pisang segar, kamu bisa langsung cek aplikasi Astro. Astro siap melayani kebutuhan harian kamu dengan cepat selama 24 jam penuh. Yuk, download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store untuk merasakan pengalaman belanja kebutuhan yang cepat dan berkualitas!

Arie Wahyu
Arie Wahyu