Ini Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Sirsak merupakan salah satu buah yang memang banyak ditemukan di Indonesia. Dagingnya yang berwarna putih memiliki rasa asam dan manis, sirsak sendiri memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sebab buah ini memiliki kandungan vitamin c, kalsium, vitamin b, kalium, serat, protein dan beragam nutrisi yang lainnya.

Di Indonesia sendiri buah sirsak sering diolah menjadi beragam jenis kuliner contohnya es buah, jus, puding dan lain sebagainya. Tetapi tahukah kamu bahwa sebenarnya yang berkhasiat dari sirsak tidak hanya buahnya tetapi juga daun serta akar memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. 

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Buah Timun Suri untuk Tubuhmu yang Harus Kamu Tahu

Manfaat dan Buah Sirsak yang Harus Diketahui

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sirsak mempunyai banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia dan cara pengolahan dari sirsak diri sendiri juga beragam bisa dijadikan sebagai obat, jus, puding ataupun permen.

1. Memperbaiki kesehatan organ pencernaan 

Manfaat pertama dari buah sirsak adalah bisa memperbaiki organ pencernaan apalagi ketika kamu mengalami sembelit. Selain itu dengan mengkonsumsi sirsak kamu juga memperoleh khasiat lain. 

Yaiitu menjaga kadar gula di dalam darah, dengan demikian maka terbukti jika sirsak juga mampu menurunkan tingkat kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung. Karena pada buah sirsak memiliki sifat anti parasit dan antivirus.

Sehingga menjadikan buah ini dapat mencegah cacingan serta meminimalisir masuknya parasit ke dalam saluran pencernaan. Karena itu dengan kamu rutin mengkonsumsi buah ini maka pencernaan bisa menjadi lebih sehat.

2. Antibakteri

Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa sirsak merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan tidak hanya di Indonesia saja. Sirsak krab digunakan oleh orang di Amerika Latin dan Amerika Selatan untuk salah satu bahan pengobatan karena memiliki sifat antibakteri dan anti parasit.

3. Meningkatkan imunitas tubuh 

Manfaat selanjutnya dari buah sirsak adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga menjadi lebih kuat untuk melawan virus dan juga bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh kamu. Hal ini dikarenakan sirsak memiliki kandungan vitamin c yang cukup banyak.

Keberadaan dari vitamin tersebut tentunya bisa membantu tubuh secara alami melawan patogen serta melindungi kulit kamu dari kerusakan oksidasi. Selain itu buah sirsak memiliki kandungan lain yaitu fitosterol yang bisa membantu kamu mengurangi kadar kolesterol dan juga flavonoid yang bisa menangkal radikal bebas. 

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

4. Menurunkan kadar tekanan darah

Pada poin di atas telah disebutkan bahwa buah sirsak memiliki manfaat untuk menurunkan kadar tekanan darah dan memang buah ini sendiri kerap dijadikan sebagai salah satu obat tradisional ketika ada seseorang yang memiliki masalah dengan kolesterol.

Bahkan di universitas gadjah Mada pernah dilakukan satu penelitian dan mengatakan bahwa suplemen makanan yang berbahan dasar dari daun, biji sirsak dan ekstrak dapat mengurangi kadar LDL di dalam tubuh.

LDL sendiri merupakan kolesterol jahat yang menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit jantung, stroke dan jenis penyakit lain yang berhubungan dengan kolesterol jahat.

5. Menghilangkan stres berlebih

Percayakah kamu jika mengkonsumsi sirsak juga bisa mengurangi tingkat stres berlebih serta insomnia? Ini merupakan salah satu penelitian yang pernah dilakukan di salah satu universitas besar dunia.

Bahwa sifat anti radang yang terdapat di dalam buah sirsak dapat menenangkan seseorang dan membuatnya tidur lebih nyenyak. Karena bagaimanapun ketika hormon stres meningkat hal tersebut akan membuat tubuh kamu menjadi terganggu dan metabolisme tubuh juga menjadi rusak.

6. Mencegah resiko penyakit kanker

Pernah dilakukan satu penelitian yang mengatakan bahwa sirsak mengandung turunan dari asam lemak yang dikenal dengan annonaceous acetogenins. Ini adalah senyawa yang bisa dikaitkan dengan pengurangan atau pencegahan kanker serta ukuran tumor.

Tidak hanya itu saja kandungan yang terdalam padi dalam buah sirsak bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pengobatan kanker. Acetogenins sendiri diduga bisa memotong perkembangan dari sel-sel tidak normal yang ada dalam aliran darah. 

Buah sirsak kerap dikaitkan sebagai salah satu cara untuk pengobatan kanker payudara paru-paru dan juga prostat. Walau demikian penelitian tersebut masihlah dilakukan hingga saat ini.

7. Menjaga fungsi hati dan ginjal

Manfaat buah sirsak yang terakhir adalah menjaga fungsi hati dan juga ginjal. Ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang menunjukkan jika ekstrak sirsak mengandung acetogenin yang dapat membunuh sel-sel ganas kanker. Contohnya seperti kanker hati.

Baca Juga: Mengenal 7 Manfaat Buah Melon

Acetogenin sendiri dapat menjaga kesehatan dari fungsi hati serta ginjal, sehingga kinerja dari kedua organ tersebut tetap optimal. Buah berwarna hijau ini dapat secara langsung dikonsumsi baik oleh mereka yang sudah berusia tua maupun para penderita penyakit hati dan ginjal.Nah, demikianlah tadi beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang harus kamu tahu. Sebab setelah mengetahuinya diharapkan kamu mau mengkonsumsi buah ini secara rutin, supaya tubuh menjadi lebih sehat. Apabila kamu ingin membeli buah sirsak bisa melalui aplikasi Astro dengan mendownloadnya terlebih dahulu di Google Play store.

Arie Wahyu
Arie Wahyu