Ini Makanan yang Mengandung Asam Folat yang Baik Untuk Tubuh 

Asam folat atau biasa dikenal dengan B9 adalah mikronutrien yang diperlukan oleh tubuh guna melaksanakan fungsinya. Asupan asam folat harian untuk masing-masing orang tentunya tidak sama sebab terkandung dari usianya. 

Di bawah ini merupakan kebutuhan asam folat harian untuk setiap orang: 

  • 80 mcg untuk bayi umur 0-11 bulan 
  • 160-300 mcg untuk anak umur 1-9 tahun 
  • 400 mcg untuk anak umur lebih dari 10 tahun 
  • 600 mcg untuk ibu hamil 
  • 500 mcg untuk ibu menyusui 

Nah, demi memenuhi kebutuhan asupan asam folat dalam tubuh, kamu perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat yang bagus untuk tubuh. Apa saja makanan yang mengandung asam folat tersebut? Berikut makanan dengan kandungan asam folat yang baik untuk tubuh. 

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Zinc

Pilihan Makanan dengan Kandungan Asam Folat 

Demi memenuhi asupan asam folat harian, kamu harus mengkonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi tersebut, seperti: 

1. Sayuran hijau 

Salah satu jenis makanan dengan kandungan asam folat didalamnya yaitu sayuran hijau, seperti brokoli, kol, selada, kale, asparagus dan bayam adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan asam folat sangat tinggi. Kamu bisa mengkonsumsinya secara bergantian untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. 

2. Buah-buahan 

Buah pun dapat menjadi penghasil asam folat yang bagus. Buah dengan kandungan asam folat ini seperti buah jeruk bali, jeruk nipis, lemon dan jeruk biasa yang merupakan masih masuk dalam keluarga sitrus. 

Tidak hanya itu, makanan atau buah yang memiliki kandungan asam folat lainnya itu buah naga, salak, nangka, jambu biji, pisang dan pepaya. Dengan mengkonsumsi langsung buah ini secara rutin, kamu bisa mencukupi kebutuhan asam folat harian. 

3. Kacang-kacangan 

Kamu juga bisa mencukupi asupan asam folat dari berbagai jenis kacang-kacangan yang cocok menjadi cemilan sebelum mengkonsumsi makan berat. Contoh kacang-kacangan dengan kandungan asam folat cukup tinggi yaitu kacang tanah, kacang polong, kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai. 

Semua jenis kacang tersebut, khususnya kacang merah, bagus dikonsumsi oleh para ibu hamil. Tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh sendiri, tetapi bagus pula untuk kesehatan janin yang sedang dikandung. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu Makanan Sehat kamu di ASTRO!

4. Makanan kaya akan protein 

Sejumlah jenis makanan yang tinggi akan protein dan juga asam folat yaitu telur, hidangan laut, hati ayam, daging merah, hati sapi dan daging unggas. Dengan mengkonsumsi 85 gram atau 1 porsi daging sapi, kamu bisa mencukupi setengah dari asupan asam folat harian. 

5. Berbagai jenis makanan olahan 

Ada sebagian makanan olahan seperti pasta, sereal dan roti tawar juga ada yang sudah difortifikasi atau ditambahkan kandungan asam folat. Kamu dianjurkan untuk membaca label yang ada di kemasanan guna mengetahui asam folat yang terkandung pada produk yang ingin kamu beli. 

Baca Juga: Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Berbagai Manfaat dari Asam Folat bagi Kesehatan 

Asupan asam folat yang dipenuhi dengan baik bisa membawa manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini sejumlah manfaat mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat di dalamnya untuk tubuh. 

1. Mencegah terjadinya anemia 

Salah satu faktor penyebab terjadinya anemia yaitu kurangnya kebutuhan asam folat guna membantu membentuk DNA dan sel darah merah. Saat tubuh kekurangan asam folat, maka produksi sel darah merah bisa menurun, sehingga mengakibatkan anemia. 

Untuk ibu hamil, anemia bisa mengakibatkan sejumlah komplikasi yang cukup beresiko sebab dapat mengancam nyawa bayi dan ibu hamil. Oleh sebab itu, pastikan kebutuhan zat besi dan asam folat saat masa kehamilan ini tercukupi dengan baik.

2. Membentuk sel dalam tubuh 

Fungsi lainnya dari asam folat dalam tubuh yaitu bisa membantu membentuk sel dalam tubuh supaya bisa berjalan dengan baik. Di dalam tubuh asam folat akan bekerjasama dengan vitamin C dan vitamin B12 guna memecah, memakai dan membentuk protein baru. 

Tidak hanya itu, asam folat pun memiliki peran penting untuk membentuk sel darah merah dan tentunya produksi DNA yang berguna untuk membangun fondasi dasar pada tubuh yang menyalurkan informasi genetik. 

3. Menekan gangguan jantung 

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan jika mencukupi asupan asam folat adalah bisa menekan gangguan jantung. Hal ini disebabkan dari asam folat yang bermanfaat guna menghindari terjadi darah menggumpal dalam tubuh. 

Saat darah menggumpal, otomatis aliran darah tidak bisa berjalan dengan lancar ke jantung. Keadaan ini bisa meningkatkan terjadinya masalah pada jantung seperti serangan jantung. 

Untuk ibu hamil, mengkonsumsi asam folat dengan jumlah yang dianjurkan bisa mengurangi resiko janin terlahir cacat (termasuk anensefali dan spina bifida) bayi lahir prematur maupun bayi lahir dengan kondisi kekurangan berat badan. 

Kamu dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat guna memenuhi kebutuhan harian nutrisi tersebut. Tetapi, pada sebagian kondisi, kebutuhan tubuh terhadap asam folat bisa mengalami lonjakan sehingga dibutuhkan mengkonsumsi suplemen. 

Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter guna mengetahui takaran asam folat yang kamu perlukan dan harus atau tidaknya mengkonsumsi lagi suplemen guna memenuhi asupan tersebut. 

Baca Juga: Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan yang mengandung asam folat yang bagus untuk tubuh. Namun, tetap harus kamu pastikan asam folat yang dikonsumsi tidak berlebihan atau masih dalam batas wajar sebab tidak bagus untuk kesehatan jika terlalu banyak mengkonsumsi asam folat. 

Temukan makanan dengan kandungan asam folat seperti sayuran hijau, daging, kacang-kacangan dan lainnya yang berkualitas hanya di Astro! Pesan melalui aplikasi Astro, maka belanjaan mu akan diantar hanya dalam hitungan menit saja. Yuk, download aplikasi Astro di smartphone mu sekarang! Aplikasi Astro bisa kamu download di App Store & Google Play Store.

Arie Wahyu
Arie Wahyu