Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Sumber karbohidrat dapat kamu peroleh sangat mudah pada makanan yang setiap hari dikonsumsi. Karbohidrat ini diperlukan oleh tubuh untuk menjadi pasokan energi supaya bisa beraktivitas dengan baik. Lalu, apa saja jenis makanan yang mengandung karbohidrat? 

Di bawah ini ada beberapa jenis makanan dengan kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh dan bisa kamu konsumsi setiap hari, namun tetap dalam batas wajar agar tidak berlebihan yang bisa menimbulkan penyakit tertentu. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks untuk Diet Sehat

Daftar Jenis Makanan Berkarbohidrat 

Karbohidrat merupakan jenis kandungan gizi makro yang penting sekali. Sebab, karbohidrat memasok glukosa agar diubah menjadi energi lewat sistem metabolisme tubuh. Kamu harus tahu jika karbohidrat terdiri dari dua jenis, yakni jenis karbohidrat sederhana yang sangat mudah dicerna dan ada pula karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu cukup lama untuk dicerna. 

Memang keduanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dikutip dari website Mayo Clinic, manusia memperoleh sebanyak 45%-65% kalori jika setiap hari mengkonsumsi karbohidrat. Tetapi, kamu pun harus berhati-hati saat menentukan sumber karbohidrat dan takaran yang tepat supaya tidak menyebabkan risiko gangguan kesehatan. 

Berikut jenis makanan dengan kandungan karbohidrat yang bisa kamu konsumsi setiap hari: 

1. Beras 

Biasanya, masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi menjadi pasokan karbohidrat utama yang asalnya dari beras. Beras menjadi jenis biji-bijian yang kaya akan karbohidrat, yakni sebanyak 28 gram dalam 100 gram beras

Terdapat sejumlah jenis berat yang sangat mudah kamu temukan seperti beras putih, beras coklat, beras merah, beras basmati dan beras ketan. Jika ingin lebih sehat, kamu bisa mengkonsumsi beras merah. 

2. Ubi jalar 

Ubi jalar dapat menjadi salah satu sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya memiliki rasa manis saja, ubi jalar pun sangat mengenyangkan, namun juga memiliki kandungan gizi yang penting bagi tubuh. 

Ubi ungu atau ubi madu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa melawan paparan dari radikal bebas dan kandungan beta karotennya yang bisa mencegah penyakit pada mata.

Dalam 100 gram ubi jalar memiliki kandungan 20 gram karbohidrat. Sejumlah jenis ubi jalar yang bisa kamu konsumsi seperti ubi jalar ungu, ubi jalar merah, ubi jalar madu dan ubi jalar putih. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Kaya Karbohidrat kamu di ASTRO!

3. Singkong 

Makanan selanjutnya yang tinggi akan karbohidrat yaitu ketela pohon atau biasa kita kenal dengan singkong. Di dalam 100 gram singkong terdapat 38 gram karbohidrat, jadi tidak perlu heran jika mengkonsumsi singkong bisa mengenyangkan perutmu. 

Kamu bisa dengan mudah menemukan singkong di pasaran, beberapa jenis singkong yang ada di pasaran dan mudah ditemukan yaitu singkong putih, singkong emas, singkong gajah dan singkong mentega. 

Baca Juga: 5 Jenis Oat Untuk Diet Yang Mudah, Murah, dan Sehat!

4. Jagung 

Jagung juga menjadi sumber karbohidrat yang cukup tinggi dan memiliki cita rasa manis serta mudah untuk dijadikan berbagai olahan makanan. Selain diolah menjadi menu utama, jagung pun digemari menjadi cemilan. Di dalam 100 gram penyajian jagung, terdapat 21 gram karbohidrat. 

Kamu bisa mengolah berbagai jenis jagung seperti jagung manis, jagung mutiara, jagung ketan dan jagung berondong yang bisa dijadikan cemilan di sela-sela makan siang atau makan malam. 

5. Kentang 

Tidak sedikit yang menganggap jika kentang merupakan jenis karbohidrat yang kurang baik untuk tubuh. Padahal, dikutip dari pernyataan dietisien Andrea Dunn pada website Cleveland Clinic, ternyata kentang bagus untuk dikonsumsi bila masih dalam porsi yang wajar. 

Pada 100 gram kentang didalamnya terkandung 17 gram karbohidrat. Tidak hanya itu, kentang mempunyai kandungan kalium, vitamin C dan pati resisten yang cukup sulit dicerna, sehingga dapat membantu mu untuk turunkan berat badan. 

Cara mengolah kentang yang dianjurkan yaitu dengan memanggang atau mengukusnya. Jangan mengolah kentang dengan cara digoreng dan menambahkan banyak bumbu perasa atau garam, sebab tidak bagus untuk tubuh. 

6. Gandum 

Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks selanjutnya yang bagus dan mengandung beberapa mineral dan vitamin. Makanan yang masuk ke dalam golongan biji-bijian ini pun kaya akan serat, sehingga membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang lama. 

Gandum memiliki kandungan sebanyak 37-41 gram karbohidrat dalam 100 gram penyajiannya. Kamu dapat memperoleh gandum pada berbagai makanan seperti pasta dan roti tawar gandum. 

Kamu dapat mengkonsumsi sejumlah jenis gandum seperti rich wheat, refined wheat, durum wheat, whole wheat, soft wheat dan hard wheat. 

7. Oat 

Sumber karbohidrat selanjutnya yang bisa kamu konsumsi ketika sarapan ini biasa dikenal dengan oatmeal. Jika kamu membuat 100 gram oatmeal, maka kamu akan memperoleh 66 gram karbohidrat. 

Serat yang ada di oatmeal bisa membantu kamu untuk merasa kenyang dalam waktu yang lama, mengurangi tingkat kolesterol pada darah dan mengelola kadar gula darah. Kamu bisa membuat olahan oatmeal seperti dijadikan kue, bubur seduh, smoothies dan overnight oats.

Baca Juga: Mengenal Rolled Oats dan Kebaikannya Untuk Tubuh

8. Buah-buahan 

Buah-buahan pun menjadi sumber karbohidrat yang bagus untuk dikonsumsi. Buah-buahan dengan kandungan gula alami akan diubah menjadi sebuah energi oleh tubuh. Kamu bisa memilih buah yang tinggi serat sehingga kenyang lebih lama, seperti pisang, apel, pir, dan raspberry. 

Kamu dapat mencampurkan buah ini ke oatmeal atau yogurt serta dapat pula dijadikan salad. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi bisa menekan resiko terjadi gangguan kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, ambeien dan konstipasi. 
Sesudah mengetahui jenis makanan yang mengandung karbohidrat ini, sekarang kamu sudah tidak bingung lagi dalam menentukan makanan berkarbohidrat untuk dikonsumsi sehari-hari. Untuk mendapatkan makanan tersebut, kamu bisa membelinya melalui aplikasi Astro! Dapatkan pengalaman belanja kebutuhan harian online dengan cepat dan waktu pelayanan selama 24 jam penuh hanya di Astro. Download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu