Ini Loh Manfaat Olahraga Renang Baik Untuk Anak-anak dan Dewasa

Bukan hanya menyenangkan, berenang pun merupakan aktivitas fisik yang bisa meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh anak. Tidak hanya itu, manfaat olahraga renang untuk anak dan dewasa pun bisa menguatkan paru-paru dan jantung. 

Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu dan anak-anak peroleh dengan melakukan olahraga berenang ini. Apa sajakah manfaat tersebut? Langsung saja simak manfaat berenang di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mengurangi Nyeri Otot Setelah Olahraga yang Paling Mudah

Berbagai Khasiat Berenang bagi Anak dan Dewasa 

Berenang merupakan salah satu kegiatan fisik yang sangat disenangi anak-anak dan dewasa menjadi kegiatan olahraga ataupun rekreasi. Untuk kamu yang masih penasaran apa saja khasiat renang bagi anak dan dewasa, berikut penjelasannya: 

1. Melatih otot 

Ketika anak sedang berada bawah air, jika mereka ingin bergerak, maka perlu mengeluarkan dua kali lipat tenaga sebab melawan gaya air. Yang berarti, gerakan renang menjadikan anak-anak menggunakan semua ototnya. Setiap gerakan ini bisa membantu nya lebih kuat dan perkembangan ototnya semakin bagus. 

2. Membangun kepercayaan diri 

Ada di dalam air sambil mengelola keseimbangan memerlukan koordinasi tubuh yang sangat bagus dari anak. Saat mereka bisa menguasai gaya atau gerakan berenang yang ringan saja, hal ini dapat membentuk kepercayaan dirinya menjadi lebih bagus lagi. 

Rasa percaya diri yang sangat tinggi dapat menjadikan anak-anak mempunyai kontrol diri yang sempurna, keinginannya untuk berhasil sangat besar sampai kemampuan untuk bisa beradaptasi pada lingkungan sosial pun bisa mempengaruhinya. 

3. Kemampuan bertahan 

Belajar berenang sedari dini bisa membekali tubuh dengan skill bertahan hidup yang sangat penting di dalam air. Hal tersebut akan menjadikan anak-anak memiliki “pegangan” jika secara tiba-tiba berada di situasi darurat. 

Hal ini sudah terbukti, sebab berenang bisa menurunkan risiko tenggelam untuk anak-anak yang umurnya 1-4 tahun. Walaupun begitu, anak-anak yang telah bisa berenang pun masih harus diawasi ketika berada di air. 

4. Meningkatkan kekuatan paru-paru dan jantung 

Berenang adalah olahraga yang sangat bagus guna kesehatan paru-paru dan jantung. Ketika berenang, anak akan dilatih untuk bisa mengelola nafasnya saat ada di dalam air dan juga untuk mengangkat kepalanya. Jika secara dilakukan secara rutin, berenang bisa meningkatkan kekuatan paru-paru dan jantung anak. 

Bukan hanya untuk anak-anak saja, tetapi orang dewasa pun bisa merasakan manfaat yang satu ini. Sebab ada salah satu penelitian mengungkapkan jika olahraga renang bisa meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh dan kemampuan tubuh untuk memakai oksigen. 

Dengan begitu, tidak hanya memiliki efek pada kesehatan jantung, rajin berenang pun bagus guna merawat fungsi semua organ tubuh dan mengurangi risiko terjadinya penyakit stroke dan jantung. 

5. Menghindari terjadinya obesitas 

Obesitas pada anak-anak bisa menurunkan fleksibilitas mereka untuk menjalani berbagai kegiatan fisik. Berenang dapat membantu anak untuk terhindar dari obesitas. Selain itu, olahraga yang satu ini pun menjadikan postur tubuh nya semakin bagus dan bisa meningkatkan stamina. 

6. Menjaga kesehatan mental 

Bukan hanya bagus untuk kesehatan fisik saja, ternyata berenang pun bagus guna kesehatan mental anak-anak. Berenang dapat menjadikan mood nya semakin bagus sampai dapat mengatasi depresi. Ada di dalam air pun bisa menjadikan mereka lebih rileks dan dapat bebas berekspresi. 

Baca Juga: Macam Olahraga Untuk Menyehatkan Paru Paru

7. Sistem pencernaan menjadi sehat 

Salah satu khasiat berenang untuk tubuh anak yaitu menyehatkan sistem pencernaan. Dilansir dari Goldfish Swim School, sebenarnya tubuh anak harus aktif agar sistem pencernaannya dapat bekerja dengan lebih optimal. 

Saat anak berenang, semua bagian tubuhnya akan bergerak aktif, seperti kaki, tangan sampai kepalanya. Sehingga tak ayal jika berenang diyakini dapat menyehatkan pencernaannya. 

8. Membangun massa otot 

Ada banyak gerakan saat kamu melakukan olahraga air ini dan hampir semua otot tubuh akan bergerak melawan tekanan air. Sehingga hal tersebutlah yang mengakibatkan berenang bisa meningkatkan massa dan kelenturan otot. Berenang pun bagus kamu lakukan guna mengecilkan betis dan menjadikannya terlihat lebih kencang. 

9. Meredakan radang sendi 

Berenang pun bisa meredakan rasa nyeri karena peradangan sendi, sehingga sangat aman dan sangat disarankan untuk pengidap arthritis. Riset lain juga mengungkapkan jika pengidap osteoporosis yang rajin melakukan renang bisa meredakan nyeri sendi yang dideritanya. 

10. Menyembuhkan saraf kejepit 

Saraf kejepit bisa mengakibatkan pengidapnya kesusahan untuk berkegiatan dan hanya bisa berbaring di atas kasur saja. Apabila hal ini dibiarkan dan tidak melakukan penanganan, keadaan ini dapat melemahkan otot dan menjadikan sendi menegang. 

Nah, cara untuk menyembuhkan saraf kejepit tersebut dengan berenang. Hampir seluruh gerakan saat renang dapat menjadikan otot-otot tulang belakang dan punggung bisa lebih rileks dan santai. 

11. Meredakan kecemasan dan stres 

Bukan hanya kamu sebagai orang dewasa yang dapat merasakan gangguan kecemasan dan stres. Namun, anak-anak pun bisa mengalaminya, cara guna meredakan masalah mental ini yaitu dengan berenang. 

Sebab, mereka bisa merasa rileks ketika berenang. Belum pula, berada di air bisa memberikan rasa tenang untuk beberapa anak. Hal ini menjadi alasan mengapa renang sangat digemari anak-anak. 

Harus diketahui, aktivitas yang satu ini bisa menjadikan tubuhnya semakin aktif. Tubuh anak yang aktif dianggap bisa membantunya merasa bahagia sebab bisa memberikan rangsangan guna melepas hormon endorfin (hormon kebahagiaan) dan mengurangi hormon kortisol (hormon stres).
Jika kamu atau anakmu ingin belajar renang, tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk berenang dalam waktu yang lama, perlahan-lahan saja namun pasti. Semoga ulasan tentang manfaat olahraga renang di atas ini membuat kamu lebih rajin berenang lagi, ya!

Baca Juga: Macam Olahraga Untuk Skoliosis yang Aman

Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat sambil rajin berolahraga renang untuk mendapatkan manfaat kesehatan terbaik. Untuk mendapatkan makanan sehat secara online dan dengan pengantaran cepat, kamu bisa pesan melalui aplikasi Astro. Download aplikasi Astro di smartphone kamu, dan lakukan pemesanan sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu