Ini Dia Jenis Minuman Untuk Asam Lambung yang Aman

Penyakit asam lambung atau biasa disebut dengan maag (GERD) merupakan masalah pencernaan yang kerap dialami setiap orang. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun rentan mengalaminya. Naiknya asam lambung ke kerongkongan akan menimbulkan berbagai gejala seperti sakit tenggorokan, mulas, mual hingga muntah. Bahkan jika sudah parah bisa muncul gejala seperti diare dan sesak napas.

Gejala-gejala yang muncul tersebut tentu akan membuat badan menjadi tidak nyaman. Sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah timbulnya penyakit asam lambung. Beberapa di antaranya yaitu menjaga pola makan dan berhati-hati dalam memilih makanan serta minuman yang akan dikonsumsi. Pasalnya, ada jenis makanan dan minuman yang bisa memicu naiknya asam lambung. 

Nah, berikut ini terdapat rekomendasi minuman untuk asam lambung yang baik dan aman dikonsumsi. Yuk, simak ulasannya !

Baca Juga: Daftar Buah yang Baik Untuk Lambung, Aman Untuk Penderita Asam Lambung

Enam Jenis Minuman yang Cocok Bagi Penderita Asam Lambung

1. Air Kelapa

Air kelapa mengandung banyak elektrolit seperti kalium dan natrium yang sangat baik. Kandungan tersebut akan menjaga kadar pH dalam tubuh agar tetap seimbang. Satu gelas air kelapa menyediakan sekitar 17 persen kebutuhan kalium harian dan 10 persen kebutuhan natrium.

Selain itu, air kelapa akan menetralkan keasaman pada lambung karena bersifat basa. Sehingga bisa mencegah rasa tidak nyaman pada perut seperti mulas dan gejala-gejala refluks asam yang lain. Namun ada baiknya air kelapa dikonsumsi tanpa tambahan gula maupun bahan pemanis. 

2. Teh Jahe

Minuman berikutnya merupakan perpaduan dari teh yang menenangkan dan jahe yang bisa menghangatkan. Sebuah kombinasi tepat untuk membuat perut menjadi lebih rileks. Jahe sendiri adalah salah satu bahan rempah tradisional yang memiliki banyak khasiat.

Sebuah studi yang termuat pada jurnal Food Science & Nutrition membuktikan bahwa jahe mampu meringankan tekanan pada bagian bawah sfingter esofagus. Risiko kegagalan relaksasi pada esofagus akan meningkat jika tidak disertai dengan pengurangan tekanan di bagian tersebut. Minuman ini akan meredakan gejala asam lambung yang muncul seperti kembung, mual dan dispepsia.

Baca Juga: Daftar Kopi yang Aman untuk Lambung

3. Air Putih

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa air putih baik untuk dikonsumsi secara rutin. Air putih bisa meredakan gejala refluks asam yang dialami oe penderita asam lambung. Minuman ini akan membantu pergerakan makanan untuk keluar dari perut dan kemudian masuk dalam usus.

Namun alangkah baiknya untuk memperhatikan kadar pH yang terkandung dalam air putih sebelum mengkonsumsinya. Normalnya batas aman kadar pH yang bisa dikonsumsi berkisar antara 6,5 hingga 8. Pastikan juga air putih yang dikonsumsi tidak berlebihan agar tidak mengganggu keseimbangan mineral tubuh. Karena keseimbangan mineral yang terganggu justru akan berpotensi membuat refluks asam meningkat.

4. Susu Skim atau Susu Rendah Lemak

Bagi sebagian orang dewasa maupun anak-anak, susu sapi murni sulit dicerna. Tingginya kandungan lemak yang terdapat di dalamnya akan mengurangi motilitas lambung dan memperburuk gejala asam lambung. 

Untuk mengatasinya, pilih susu yang rendah lemak (low fat). Meskipun rendah lemak, susu jenis ini tetap kaya akan nutrisi seperti kalsium dan protein. Dengan mengkonsumsi susu rendah lemak, asam lambung tidak akan naik bahkan bisa mengobati. Tak hanya itu, susu rendah lemak juga direkomendasikan untuk menu diet sehat. Beberapa merk susu rendah lemak yang baik untuk asam lambung, antara lain Diamond Low Fat Milk, Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium, Entrasol Active, dan lain-lain. 

5. Madu

Madu sudah terbukti berkhasiat dalam mengobati berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit asam lambung. Hal ini disebabkan karena madu akan bekerja untuk melapisi tenggorokan. Madu juga diperkaya dengan vitamin asam amino, B6, niacin, asam pantotenat, dan thiamin. Kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, kalium, mangan, natrium serta besi juga terdapat di dalam madu. 

kamu bisa mencoba Madu Manuka, merk madu yang paling baik digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan karena naiknya asam lambung. Tambahkan madu pada secangkir gelas teh jahe agar khasiatnya cepat terasa. 

6. Jus Lidah Buaya

Minuman yang satu ini mengandung berbagai mineral, vitamin serta asam amino yang mampu mengatasi gangguan pencernaan. Pada sebuah penelitan yang termuat dalam Journal of Traditional Chinese Medical mengklaim apabila lidah buaya ampuh meminimalisir gejala asam lambung.

Baca Juga: Manfaat Oatmeal Untuk Asam Lambung yang Perlu Diketahui

Itulah tadi 6 jenis minuman untuk asam lambung yang bisa kamu jadikan pilihan. Mengonsumsi minuman di atas jauh lebih baik dibandingkan terlalu banyak konsumsi obat-obatan. Namun tetap perhatikan pola makan kamu setiap harinya dan kelola stres dengan baik. Nah, kamu bisa membeli beberapa produk minuman yang direkomendasikan tersebut di Astro, loh ! Tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja, kamu bisa membelinya melalui aplikasi Astro yang cepat sampai dan siap membantu selama 24 jam penuh!

Arie Wahyu
Arie Wahyu