Ini Daftar Makanan yang Mengandung Kalium

Kalium sama dengan potasium merupakan mineral yang bekerja supaya cairan dalam tubuh jadi lebih seimbang dan juga bantu dukung sel, saraf dan otot tetap berfungsi dengan baik. Bisa dikatakan juga bahwa senyawa berupa kalium ini bisa kamu dapat dalam makanan-makanan, khususnya buah dan sayur.

Perlu kamu ingat juga dengan benar bahwa kalium yang seimbang dalam tubuh sangat penting dan juga harus tepat di darah, dan juga secara umum harus dalam kadar sekitar 3,5 dan 5,0 milliequivalent setiap liternya.

Supaya kamu bisa mendapatkan kebutuhan kalium jumlah harian yang sesuai maka kamu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium itu sendiri. Sebab, makanan dengan kandungan kalium dan kamu bisa mengimbanginya akan baik untuk otot yang nantinya bisa mengendalikan kerja jantung dan pernapasan.

Maka dari itu, kamu jangan sampai kekurangan kandungan kalium dalam tubuh dan juga jangan sampai kamu kelebihan kandungan kalium dalam tubuh. Tentu saja bisa membuat detak jantung bekerja tidak semestinya dan jadi tidak normal.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Omega 3

Daftar Makanan yang Mengandung Kalium yang Tinggi

Berikut ini daftar makanan yang mengandung kalium tinggi yang bisa kamu dapatkan yakni: 

  1. Pisang
  2. Asparagus
  3. Blewah
  4. Bayam matang
  5. Alpukat
  6. Kiwi
  7. Melon
  8. Jeruk
  9. Buah yang kering (plum dan kismis)
  10. Tomat
  11. Kentang

Sedangkan ada juga beberapa daftar buah dan juga sayuran yang dapat jadi alternatif produk makanan yang sehat dan bagus untuk kesehatan ginjal yakni : 

  1. Paprika
  2. Apel
  3. Beri
  4. Anggur
  5. Cranberry
  6. Nanas
  7. Persik
  8. Timun Jepang
  9. Labu kuning
  10. Semangka
  11. Kemudian ada jamur
  12. Bawang
  13. Kacang hijau
  14. Kentang tumbuk

Baca Juga: Kaya Nutrisi dan Lezat, Ini Dia Resep Mudah Membuat Salmon Steak

Akibat Kekurangan dan Kelebihan Kadar Kalium

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui bahwa kalium sendiri adalah senyawa atau mineral yang memang sangat penting bagi tubuh kamu supaya semua organ dalam bisa bekerja dengan maksimal dan cara yang normal. Apalagi memang mineral ini akan bantu kerja otot yang bergerak dengan baik.

Jika tubuh kamu sampai kekurangan adanya kandungan kalium, maka akan ada hipokalemia. Jika kamu kekurangan kandungan kalium dalam jumlah yang tidaklah banyak maka akan membuat gejala apa saja.

Tetapi, jika saja kamu mempunya kadar kalium yang sangat sedikit tentu akan ada kemungkinan kamu jadi mengalami adanya gangguan dalam hal kesehatan. Misalnya, kamu akan jadi mudah lelah, jadi lebih lebah, kedutan, jadi sembelit, dan bisa juga aritmia.

Oleh sebab itu, harus kamu ingat dengan benar bahwa kamu harus jaga kesehatan dengan cara penuhi kebutuhan kalium jumlah haraiana yang sesuai saja. Jadi tidak akan kekurangan dan kelebihan kalium.

Jika sudah begitu maka kamu sudah berupaya dalam menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang sehat dari menjaga makanan dan porsinya dengan benar. Selain itu juga dengan cara memperhatikan nilai gizi pada makanan yang dikonsumsi.

Kaitannya dengan Ginjal dan Kalium yang Tinggi

Usahakan lakukan dengan benar dalam mengendalikan asupan kalium dalam makanan yang kamu konsumsi, terutama jika kamu sudah dalam masa kadar kalium yang tinggi atau sudah mengidap penyakit ginjal yang sudah kronis.

Sebagaimana yang sudah kamu tahu bahwa ginjal sendiri bekerja dengan cara membuat kalium yang lebih dari darah dan keluar sekaligus dengan urin. Jika ada orang yang terkena penyakit ginjal yang sudah kronis maka, kinerja ginjalnya akan terganggu, apalag untuk menghilangkan kadar kalium itu sendiri.

Jika saja hiperkalemia yang tidak kunjung ditangani maka akan membuat adanya gangguan yang serius pada otot yang ada di jantung seperti tidak menerima sinyal. Tentu ini bisa jadi pemicu adanya detak jantung menjadi normal yang sangat membahayakan kesehatan.

Kamu harus mengingatnya dengan benar bahwa ada faktor lain juga yang bisa menyebabkan risiko hiperkalemia. Salah satunya adalah mengkonsumsi obat yang dipakai untuk mengatasi tekanan darah yang tinggi, tentu bisa menyebabkan adanya ginjal jadi bekerja dengan cara menahan kandungan kalium dengan lebih keras.

Baca Juga: 9 Merk Minyak Goreng Terbaik dan Berkualitas untuk Masakan Lezat dan Sehat

Demikian beberapa makanan yang mengandung kalium yang harus kamu ketahui karena penting bagi kesehatan kamu. Usahakan kamu tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan dan kamu juga usahakan untuk jangan sampai kekurangan kandungan kalium dalam tubuh. Karena nantinya akan memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan kamu seperti bahaya pada ginjal.

Jika ingin beli berbagai macam bahan makan sehat dengan harga terbaik bisa langsung saja di Astro yang siap melayani selama 24 jam penuh. Pastinya, dengan pengantaran cepat hanya dalam hitungan menit saja. Yuk, belanja berbagai macam buah, sayur, dan makanan sehat lainnya di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu