Ini Alasan Mengapa Valentine Identik Dengan Coklat

Hari valentine sudah dekat, sudah mulai ada banyak toko yang menjual berbagai macam hadiah untuk valentine, adapun bunga, satu paket lengkap dengan perhiasan. Termasuk coklat yang jadi ciri khas hadiah yang digunakan untuk merayakan valentine dengan teman dan kekasih.

Coklat pada umumnya memiliki ciri khas rasa yang manis dan pahit pada waktu yang bersamaan. Jadi, tidak heran jika coklat juga masih banyak dinikmati oleh berbagai usia pada suatu momen tertentu, mulai dari anak-anak sampai dengan usia dewasa bahkan yang sudah tua sekalipun.

Jadi, menjelang hari perayaan valentine pun yang jatuh pada 14 februari, sudah mulai banyak orang yang menyiapkan kadonya. Bahkan, tidak jarang yang akan memilih coklat sebagai hadiah valentine untuk pasangan. 

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui bahwa, valentine merupakan hari kasih sayang dan untuk merayakannya banyak pasangan yang saling memberikan hadiah untuk satu sama lain di hari tersebut. Selain itu coklat juga banyak digemari oleh berbagai usia dan kalangan. Namun mengapa valentine identik dengan coklat, padahal ada begitu banyak jenis hadiah lainnya.

Baca Juga: Coba Cara Ini untuk Ciptakan Suasana Romantis di Rumah 

Sejarah Hari Valentine

Jika melihat dari sejarahnya, bahwa pada tahun 1840 an memang adanya hari valentine menjadi hari libur di mana pada saat itu menjadi hari perayaan kasih sayang yang ada di Eropa. Salah satunya adalah perayaan yang dilakukan oleh bangsa Romawi paganis yang bahkan sudah ada pada abad ke 17.

Pada agama paganis sendiri, valentine menjadi ungkapan bahwa rasa kecintaan yang dipersembahkan pada mereka. Kisahnya pun sudah ada turun temurun pada masing-masing pewaris. 

Bahkan, di Spanyol sendiri menjadikan coklat sebagai minuman yang akan dicampur dengan air. Tujuannya agar bisa menambah stamina pada tubuh dan juga hasrat jadi lebih meningkat.

Selain itu, pada tahun 1600 an saja, coklat mulai menyebar pada wilayah Eropa semua dan semakin populer. Coklat sendiri pun jadi barang mewah yang semakin populer dan nilainya juga bertambah, sehingga banyak yang menjualnya pada orang yang merupakan kaum elit dan kelas atas.

Karena coklat sudah dikatakan sebagai produk yang mewah dan bernilai tinggi, maka cocok sebagai kado dalam acara perayaan valentine. Sebab, pada saat itu banyak yang memiliki anggapan bahwa bisa mewakilkan perasaan bagi yang memberi kepada yang diberi sehingga sangat mencintai dan sangat menghormati pasangan atau yang menerima hadiah.

Hal lain yang sangat menarik pada coklat saat hari valentine adalah kesempatan yang bagus bagi pria yang ingin merayu wanita pada momen yang tepat ini. Jika dilihat dari kisah dari masa lalu pun, khususnya pada zaman Victoria yang ada di Inggris juga ada masyarakat luas yang percaya bahwa bisa memiliki kekuatan khusus antara coklat, cinta, dan juga rayuan.  

Maka dari itu, pada hari kasiah sayang atau hari valentine sendiri. banyak yang menggunakan atau memanfaatkan momen valentine untuk merayu pasangan dengan memberikan kado berupa bunga dan juga coklat. Jadi, tidak heran jika coklat jadi hadiah yang identik dengan hari valentine yang dirayakan pada pasangan.

Bahkan, hingga saat ini budaya tersebut melekat dan coklat jadi salah satu hadiah yang harus diberikan kepada pasangan yang sama-sama merayakan hari valentine. Selain pada memberikan bunga, juga memberikan coklat jadi satu paket dan rangkaian yang sangat romantis.

Apalagi, sekarang ini sudah ada banyak varian coklat dan kombinasi yang apik dari makanan coklat yang sangat cocok dengan makanan manis dan penutup mulut. Tidak hanya itu saja, sekarang ini juga sudah ada banyak perusahaan makanan yang memberikan inovasi dan kreativitasnya yang tinggi untuk pelanggan yang merayakan hari valentine dengan pasangan agar semakin menambah suasana yang lebih romantis.

Baca Juga: 7 Tips dan Ide Makan Malam Romantis yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Demikian alasan mengapa valentine identik dengan coklat yang bisa kamu ketahui. Jika dilihat dari sejarahnya, memang coklat sendiri di wilayah Eropa pada tahun 1600 an dikenal dengan barang yang populer, saking menjadi populernya coklat, sehingga membuat harga jual coklat sendiri semakin naik dan mahal. Banyak orang yang ingin memberikan hadiah barang yang mahal atau bernilai tinggi kepada pasangan sebagai tanda cinta dan bahwa pasangan sangat berharga.

Yuk, cobain produk minuman coklat terbaru dari Astro Goods! Astro Goods menghadirkan varian minuman coklat terbaru, dengan pilihan varian rasa seperti:

Yuk, coba pesan minuman coklat dari Astro Goods di aplikasi Astro sekarang!

Klik banner di bawah ini untuk langsung belanja produk minuman coklat dari Astro Goods di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu