Ini Alasan Kenapa Begadang Menyebabkan Jerawat

Apakah kamu terbiasa untuk begadang? Tahukah kamu bila kebanyakan begadang bisa memberikan dampak buruk untuk tubuh? Salah satu dampak buruk kesehatan yang bisa dialami oleh yaitu begadang menyebabkan jerawat.

Tidak hanya itu, kurang fit saat bangun, rentan lelah, sampai menurunnya daya ingat, bahkan resiko kematian dapat terjadi menjadi dampak dari tidur yang tidak cukup atau terlalu sering begadang.

Tidur malam mutlak dibutuhkan sebab saat itulah tubuhmu akan melakukan regenerasi jaringan dan sel. Saat kamu begadang, hal ini tidak akan terjadi dan membuat jaringan dan sel tubuh akan mudah rusak dengan cepat. Dampaknya, kamu mudah terkena berbagai penyakit.

Selain itu, nyatanya tidak sedikit orang begadang dapat memicu terjadinya masalah pada kulit, salah satunya yaitu munculnya jerawat seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Nah, berikut ini ada beberapa alasan mengapa jerawat bisa timbul saat terlalu banyak begadang dan alasan lainnya yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Kurang tidur dan stress

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika begadang dapat menimbulkan beberapa dampak negatif pada kulit wajah. Bukan hanya jerawat saja, namun ada beberapa hal lainnya yang juga membuat kulit wajah mu tidak bagus. Sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu alasan mengapa begadang dapat menimbulkan jerawat.

Tidak memiliki waktu tidur yang cukup bisa berpengaruh akan keadaan kesehatan mental mu. Pastinya hal ini menimbulkan depresi dan stress. Bisa saja, kamu memiliki masalah yang belum selesai dan kurang tidur sebab terlalu larut dengan masalah menjadikan kamu depresi dan stress datang tanpa kenal waktu.

Stress bisa meningkatkan hormon kortisol dan produksinya yang sangat tinggi bisa sangat mudah mengakibatkan peradangan, khususnya pada kulit. Peradangan yang biasa terjadi menjadi dampak buruk dari kurang tidur yaitu jerawat.

Sehingga tidak heran jika secara tiba-tiba jerawat timbul pada wajah sebab kamu terlalu sering begadang. Karena, hormon kortisol ini mendorong peningkatan jumlah minyak di wajah dan minyak yang berlebihan pun menjadi faktor munculnya jerawat yang sangat mengganggu.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa penyebab lain dari munculnya jerawat yang harus kamu ketahui seperti berikut.

Berbagai Penyebab Jerawat

Sesudah kamu mengetahui alasan begadang menyebabkan munculnya jerawat. Kamu pun harus tahu beberapa penyebab lain yang bisa menimbulkan jerawat secara tiba-tiba pada kulitmu.

1. Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Menyentuh kulit, khususnya pada bagian wajah menggunakan tangan kotor merupakan kebiasaan yang kerap kali menjadi salah satu penyebab jerawat terjadi. Karena, kotoran dan bakteri yang ada pada tangan bisa menempel pada kulit wajah yang akhirnya menyumbat pori-pori. Dampaknya, kulitmu lebih mudah berjerawat.

Tidak hanya itu, benda yang kerap kali menempel pada wajah, seperti alat make up, smartphone bahkan keringat juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Tidak mencuci rambut

Tidak mencuci rambut secara rutin bisa menghasilkan rambut yang sangat kotor, apalagi pada orang-orang yang memiliki rambut berponi, panjang dan tipis. Kotoran di rambut yang tidak sering dikeramas bisa menempel di wajah.

Dampaknya, kulit menjadi lebih mudah berjerawat. Bahkan, kebiasaan yang satu ini pun bisa mengakibatkan jerawat pada kulit kepala yang banyak tidak disadari oleh orang-orang.

3. Memencet komedo

Tidak sedikit orang yang menyangka jika dengan memencet komedo bisa lebih mudah mengatasi masalah yang satu ini. Namun sayangnya, kebiasaan ini bisa menjadi penyebab munculnya jerawat sebab bisa melukai kulit wajah dan menyebabkan jaringan kulit mudah sobek.

Bila kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, khususnya ketika kulit telah berjerawat, pastinya bisa menyebabkan kerusakan dan noda jerawat yang susah untuk dihilangkan.

4. Teknik cuci muka yang tidak benar

Kunci dalam mencegah hadirnya jerawat yaitu dengan menjaga kebersihan wajah. Sebagian dari kamu mungkin merasa jika sering mencuci wajah merupakan sebuah kebiasaan baik, namun faktanya tidak begitu.

Terlalu sering mencuci wajah justru mendorong buka untuk lebih mudah berjerawat yang mengakibatkan kulit iritasi dan sangat sensitif. Bahkan, jerawat pun bisa disebabkan karena terlalu sering memakai produk perawatan wajah.

Hal yang satu ini bisa mengakibatkan reaksi akan zat yang ada di dalam produk dan dengan tidak sengaja akan membunuh semua bakteri baik. Oleh karena itu, harus kamu perhatikan, apakah perawatan wajah tertentu menyebabkan jerawat atau tidak.

5. Tidak cocok dengan produk perawatan wajah

Pemilihan produk perawatan seperti untuk kulit, kosmetik dan rambut yang kurang tepat bisa menyumbat pori-pori dan komedo menumpuk. Hal ini nantinya akan menyebabkan hadirnya jerawat, khususnya untuk kamu yang memiliki kulit sangat berminyak.

Contohnya saja, produk hair-spray yang digunakan dengan cara menyembuhkan pada meninggalkan residu di area dahi. Kandungan dari produk ini tidak khusus dibuat untuk kulit, jadi lebih mudah mengalami jerawat pada dahi dan area sekitarnya.

Oleh karena itu, pilihlah produk perawatan wajah yang sesuai seperti jenis kulitmu dan upayakan menggunakan produk dengan label non-comedogenic atau tidak mengakibatkan komedo.

6. Memakan makanan tertentu

Tidak sedikit orang yang mungkin telah tahu jika ada sejumlah makanan yang mengakibatkan jerawat sehingga harus dihindari. Jenis makanan yang bisa mendorong munculnya jerawat ini seperti coklat, gorengan, makanan cepat saji, produk susu, makanan kaya akan karbohidrat dan gula.

Walaupun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih dalam guna membuktikan apakah jerawat bisa diakibatkan dari mengkonsumsi makanan diatas.

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Sesudah kamu mengetahui begadang menyebabkan jerawat dan beberapa hal lainnya yang menyebabkan jerawat. Lebih baik mulai sekarang kamu menghindari semua hal tersebut agar tidak ada jerawat tumbuh secara tiba-tiba di wajahmu yang menyebabkan kamu tidak percaya diri.

Dapatkan berbagai skincare pilihan untuk merawat kulit hanya di Astro. Dapatkan skincare berkualitas dengan pengantaran dalam hitungan menit saja. Jadi, kamu nggak perlu khawatir nunggu lama! Yuk, pesan sekarang di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu