Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Tidak bisa dipungkiri bahwa kolesterol merupakan salah satu hal yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kamu. Maka dari itu, kamu juga harus memperhatikan makanan yang harus dihindari penderita kolesterol supaya tidak semakin parah, khususnya jika memang sudah menderita kolesterol itu sendiri.

Ada juga jenis makanan tertentu yang nantinya bisa menyebabkan adanya kolesterol itu bisa muncul dan semakin meningkat dalam tubuh. Kolesterol adalah zat yang sama dengan lemak yang ada pada semua sel dalam tubuh.

Namun, kamu juga harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan agar tidak ada kandungan kolesterol yang meningkat. Jika saja kolesterol dalam tubuh jadi meningkat maka akan ada risiko penyakit yang bermunculan, seperti jantung, stroke, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: Ini Resep Menu Sarapan Pagi yang Sehat Untuk Sehari-hari

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol, Ternyata Ada Gorengan

Supaya kamu bisa lebih jelas, berikut ini daftar makanan yang harus dihindari penderita kolesterol yang bisa di perhatikan dan simak di bawah ini. Simak yuk!

1. Gorengan

Tidak bisa dipungkiri bahwa gorengan juga harus kamu hindari jika kamu menderita kolesterol. Sebab, pada umumnya mengandung kolesterol yang tinggi, jadi lebih baik usahakan untuk hindari gorengan jika saja bisa.

Gorengan sendiri memiliki kandungan serat dan dengan kalori yang lemak trans tersebut justru akan meningkatkan adanya risiko penyakit jantung yang bisa merusak kesehatan kamu. Tidak hanya itu saja, bahwa jika kamu konsumsi gorengan pada jumlah yang banyak maka bisa meningkatkan adanya risiko obesitas, jantung dan diabetes.

2. Daging olahan

Daging olahan ternyata juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Adapun daging olahan yang dimaksud tersebut adalah sosis, bacon, dan juga hot dog. Sebab, daging olahan sendiri memiliki kadar kolesterol yang sudah tinggi jadi malah semakin tinggi.

Maka dari itu, jika sudah menderita kolesterol akan ada risiko penyakit jantung yang membahayakan keselamatan nyawa. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu Makanan Sehat kamu di ASTRO!

Tidak Takut Busuk, Ini Cara Menyimpan Sayur Tanpa Kulkas

3. Makanan siap saji

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa makanan siap saji atau cepat saji memiliki sekitar 465 miligram kolesterol dalam sekali penyajiannya. Makanan siap saji tersebut kurang lebih adalah pizza, hamburger, hot dog, dan sejenisnya.

Maka tidak bisa heran jika saja mengkonsumsi makanan siap saji akan membuat kadar kolesterol kamu jadi semakin meningkat. Apalagi lemak yang ada di perut, peradangan juga akan semakin meningkat.

Bahkan bisa menyebabkan gangguan terhadap regulasi gula dalam darah. Maka dari itu, usahakan hindari konsumsi makanan siap saji, terutama jika kamu memang penderita kolesterol. Kamu bisa ganti dengan makanan yang kamu masak sendiri di rumah yang bisa jaga berat badan sekaligus.

4. Dessert

Bisa dikatakan bahwa makanan pencuci mulut yang sering kamu jumpai yakni ada kue, es krim, kukis, dan juga ada beberapa makanan yang manis lain juga merupakan makanan yang kurang sehat bagi kesehatan, sebab memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Jika bisa, maka kamu harus kurangi konsumsi makanan manis sejenis itu dan jangan terlalu sering, apalagi kamu konsumsi dalam jumlah yang besar. Selain bisa meningkatkan kolesterol, makan dessert yang banyak dan terlalu sering juga bisa membuat berat badan kamu jadi semakin meningkat.

Baca Juga: Ikuti Resep Menu Diet Sehat 30 Hari Ini yang Aman dan Enak

5. Hati

Bagi kamu yang pencinta hati, tetapi menderita kolesterol lebih baik kamu kurangi konsumsi hati mulai sekarang. Sebab, makanan yang tinggi akan zat besi ini dapat jadi makanan yang memberikan kesehatan bagi beberapa orang.

Namun, untuk yang memang sudah menderita kolesterol sejak lama, maka sebaiknya kamu hindari konsumsi hati. Sebab kadar kolesterol dalam hati ini cukup tinggi, tentu saja jika kamu mengkonsumsi hati saat mengidap kolesterol sudah pasti kadar kolesterol kamu juga akan meningkat.

Bisa dikatakan, jika ada hati sapi sebanyak 100 gram, sudah ada kandungan sekitar 493 miligram kolesterol. Tentu saja itu sudah setara dengan 164% dari kebutuhan jumlah kolesterol harian khususnya orang dewasa.

Oleh sebab itu, konsumsilah hati dengan porsi yang terbatas dan jika bisa akan lebih baik jika kamu menghindarinya sekaligus. 

Demikian beberapa makanan yang harus dihindari penderita kolesterol yang harus kamu ketahui dengan benar. Sebab, jika saja kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol yang banyak maka bisa meningkatkan adanya kandungan kolesterol dan bisa memicu adanya penyakit seperti jantung, stroke, dan masih ada yang lain. Jika ingin beli berbagai macam bahan makan sehat terhindar dari kolesterol dengan harga terbaik bisa langsung saja di Astro yang akan selalu siap melayani kamu dalam waktu 24 jam non-stop. Download aplikasi Astro sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu