Cara Menyimpan Daging Kambing di Freezer Biar Tidak Bau

Cara Menyimpan Daging Kambing di Freezer Biar Tidak Bau

Daging kambing memang memiliki karakteristik bau yang sangat khas bahkan bagi sebagian orang kurang menyukai aromanya karena sangat kuat. Bau daging kambing lebih menonjol dibandingkan dengan daging-daging yang lain. 

Bisa dikatakan saking baunya, aroma daging yang bahkan sudah dimasak dan diolah pun masih menimbulkan aroma yang bau khas daging kambing. Kendati demikian masih banyak penggemar daging kambing dan mengkonsumsinya sebagai hari spesial.

Jika kamu memiliki daging kambing mentah dan belum tahu bagaimana cara menyimpannya supaya tidak bau. Maka, jangan khawatir, karena ada solusinya untuk mengatasi aroma bau tersebut.

Bahkan tidak perlu khawatir kalau kamu hendak menyimpannya di dalam lemari es atau freezer sekalipun. Berikut dibawah ini beberapa jurus terjitu bagaimana cara mengatasi penyimpanan daging kambing dalam freezer supaya tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Sebelum itu kamu juga perlu mengetahui mengenai manfaat daging kambing. Memang bisa dikatakan daging kambing memiliki isu bisa menyebabkan kolesterol atau darah tinggi. Tidak akan menyebabkan hal-hal tersebut asalkan tidak mengkonsumsi secara berlebihan. 

Diketahui jika terdapat seratus gram daging kambing maka terdapat kandungan dua puluh tujuh gram protein serta terdapat lima belas gram lemak. Selain itu juga mengandung zat besi & omega 3 yang akan bermanfaat untuk daya kerja jantung supaya tetap terjaga.

Kendati demikian, lemka jenuh dalam daging kambing cukup banyak maka jangan sampai kamu mengkonsumsinya secara berlebihan. kamu bisa melakukan trik berupa ketika sedang mengolahnya, kamu bisa membuang lemak sebelum siap dikonsumsi.

Baca Juga: Jangan Salah Ini Cara Menyimpan Daging Qurban yang Benar Agar Awet

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Baunya Tidak Menyebar

Berikut ini adalah cara termudah yang  bisa kamu ikuti di rumah untuk menjaga daging kambing dalam freezer supaya bau daging kambing tidak menyebar kemana-mana. Simak bersama-sama yuk!

1. Melumuri Daging dengan Air Jeruk

Jeruk atau air hasil dari perasan jeruk akan cukup membantu daging kambing yang memiliki bau yang sangat menyengat tersebut tidak akan menyebar di dalam freezer atau kulkas. kamu yang hendak memasak daging kambing mentah untuk jangka waktu tiga sampai empat hari kedepan, bisa simpan daging di dalam lemari es atau freezer terlebih dahulu.

Sebelum menyimpan daging kambing di dalam lemari es, lakukanlah dengan cara melumuri daging kambing dengan menggunakan air perasan jeruk yang sudah dipastikan irisannya bersih, jika tidak ada jeruk bisa juga menggunakan air perasan lemon. Diamkan kurang lebih tiga puluh menit saja sampai menyerap kedalam daging kambing. Lalu simpanlah pada temperatur empat sampai delapan derajat celcius. 

2. Merebus Daging Kambing Terlebih Dahulu

Selanjutnya kamu bisa lakukan perebusan daging kambing terlebih dahulu sebelum kamu simpan di dalam freezer atau lemari es. Campurkan jahe, lengkuas, dan sereh serta daun salam di dalam rebusan tersebut. kamu juga dapat menambah jeruk nipis dan tunggu merebus kurang lebih maksimal dalam tiga puluh menit.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Daging kamu di ASTRO!

3. Memakai Tempat Plastik atau Wadah yang Kedap Udara

Setelah direbus kamu juga bisa memotong daging ke dalam beberapa bagian dan masukkan dalam wadah plastik yang memiliki level kedap udara. Pastikan, wadah plastik tersebut bersih dan juga dalam kondisi yang kering.

Hal ini akan membuat daging kambing yang disimpan dalam keadaan wadah plastik yang kedap udara tidak akan menyebar aromanya kemana-mana. Maka tidak akan menyebar ke makanan lain yang sama-sama disimpan di dalam lemari es.

Tidak sampai disitu saja, keadaan wadah yang kedap udara juga bisa memberikan perlindungan terhadap daging kambing dari adanya kontaminasi suatu bakteri yang akan menyebar. Adanya kontaminasi bakteri tersebut akan memberikan dampak pada daging yang cenderung cepat membusuk.

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging Sapi Supaya Tahan Lama, Nutrisi Tetap Terjaga

4. Simpan dengan Memberikan Bumbu Sederhana

Daging yang hendak disimpan dalam keadaan sudah diberikan bumbu pada permukaan daging kambing tentu akan  mencegah bau-bau menyengat dalam lemari es. Hal itu juga bisa memberikan efek daging kambing yang sangat awet.

Bisa memakai bumbu dapur sederhana berupa bawang merah dan bawang putih, bisa juga menambahkan kunyit dan merica hitam, garam dan juga jinten. Kamu haluskan terlebih dahulu, baru bisa kamu lumuri pada daging kambing.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan kopi dan juga teh dalam tempat penyimpanan supaya bisa membantu membuang aroma bau menyengat pada daging kambing. 

Nah, ketika kamu ingin memasak daging kambing yang telah dibekukan, lebih baik tidak langsung mengeluarkannya dari freezer. Biarkan daging kambing tidak membeku lagi atau mencair di dalam kulkas yang suhunya lebih hangat dibandingkan dengan freezer. 

Jika kamu ingin membeli dan mendapatkan bahan makanan yang sangat berkualitas dan bahan makanan yang sehat. Bisa unduh aplikasi Astro sekarang juga, yang merupakan layanan belanja yang akan memberikan kamu layanan operasi 24 jam non-stop serta pesanan akan diantar cepat kilat.

Arie Wahyu
Arie Wahyu