Jangan Salah Ini Cara Menyimpan Daging Qurban yang Benar Agar Awet

Jangan Salah Ini Cara Menyimpan Daging Qurban yang Benar Agar Awet

Lebaran Idul Adha sebentar lagi, banyak hal yang perlu disiapkan tidak terkecuali hal-hal mengenai daging qurban. Tentu saja ada yang akan langsung memasak dan mengolahnya menjadi masakan yang lezat, dan ada juga yang akan menyimpannya sebagian dalam lemari es untuk dimasak di kemudian harinya.

Namun, tidak semua orang akan memahami bagaimana cara menyimpan daging qurban yang dengan cara yang baik dan benar. Tujuan penyimpanan daging qurban adalah memasaknya di kemudian hari tetapi jika salah langkah bisa saja kamu akan mendapati daging kamu sudah tidak segar dan sudah mengalami pembusukan.

Dalam cara penyimpanan khusus daging qurban memang tidak terlalu mudah dan juga tidak terlalu sulit. Bahkan jika caranya benar, maka daging qurban juga bisa disimpan dalam waktu yang lama tanpa adanya daging yang menjadi rusak.

Tentu saja ketika sedang dalam musim Idul Adha daging yang kamu punya tidak akan langsung dimasak atau diolah semuanya. 

Maka dari itu, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dengan mudah supaya daging qurban tersimpan dengan cara yang benar dan supaya daging qurban masih memiliki kualitas yang awet.

1. Simpan dalam Freezer di Lemari Es

Penyimpanan daging qurban mentah tidak selamanya baik apabila disimpan dalam lemari pendingin. Jika kamu hanya menyimpan daging qurban mentah dalam lemari es pada jangka waktu yang kurang lebih satu hingga dua hari saja maka tidak akan ada kemungkinan daging mengalami masalah.

Tetapi apabila kamu menyimpannya dalam jangka waktu yang sangat lama, maka kamu akan lebih baik dibekukan sekalian di dalam freezer dalam lemari es.

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging Sapi Supaya Tahan Lama, Nutrisi Tetap Terjaga

2. Disarankan Mencuci Daging

Apabila kamu memiliki kualitas daging qurban yang masih segar, tidak ada tkamu kebusukan pada daging serta antara warna dan juga bau-bau daging masih aman, maka tidak masalah jika kamu simpan daging dalam keadaan seperti itu di dalam lemari es. 

Jika daging sudah dalam kondisi yang cukup bersih maka, kamu akan lebih baik jika mencucinya terlebih dahulu sebelum daging qurban kamu simpan di dalam freezer atau lemari es.

3. Disarankan untuk Membagi Bagian Daging

Sebaiknya kamu membagi daging dalam beberapa bagian jika akan membekukan daging dalam lemari pendingin atau dalam kotak freezer.

Hal tersebut bisa membuat kualitas daging jadi lebih terjaga dan mudah dalam cara mengatur isi lemari es atau freezer. kamu juga bisa mengambilnya sebagian untuk dimasak dan sebagian bisa kamu simpan dalam lemari es.

4. Dinginkan Daging Sebelum Masuk Freezer

Selanjutnya, jika kamu ingin membekukan daging akan lebih baik jika kamu menjaga kualitas daging dengan cara mendinginkan daging qurban mentah terlebih dahulu sebelum kamu benar-benar akan membekukan daging qurban mentah di dalam lemari es atau freezer.

Kamu bisa menaruh daging tersebut dalam chiller yang bisa kamu atur dalam suhu yang kurang lebih di 4 derajat celcius. Tunggu juga dalam waktu enam jam lamanya maka setelah itu kamu bisa menaruh dan menyimpan daging qurban segar dingin di dalam lemari freezer.

Hal itu bertujuan agar daging qurban memiliki kualitas daging dan permukaannya yang  masih  terjaga dengan baik. Selain itu, supaya daging qurban yang masih segar juga tidak mengalami perubahan suhu dan temperatur yang sangat drastis.

5. Memperhatikan Kemasan

Selanjutnya kamu bisa juga memperhatikan kemasan apa yang akan kamu gunakan untuk menyimpan daging qurban yang masih segar ke dalam lemari pendingin atau masuk dalam freezer. 

Kamu bisa juga menggunakan plastik kresek yang pada umumnya sudah digunakan kebanyakan masyarakat Indonesia dari dahulu. Namun, kini kebiasaan tersebut sudah mulai perlahan ditinggalkan.

Jika saat mendapatkan jatah daging qurban kamu mendapatkannya dalam kresek hitam maka tidak masalah, kamu bisa langsung membersihkannya kemudian kamu pindahkan daging qurban yang masih segar tersebut dalam sebuah kotak makan yang sudah bersih supaya mudah dalam mengorganisasi tempat di dalam lemari es.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Wajib Ketika Hari Raya Idul Fitri

6. Berikan Bumbu Untuk Daging Qurban 

Ada juga yang menyarankan untuk marinate atau memberikan bumbu pada daging qurban sebelum disimpan. Misalnya dengan memberikan bumbu seperti gula, garam dan lain sebagainya. Cara ini sendiri sebenarnya sudah digunakan sejak dulu sebelum ada kulkas. Dimana pemberian garam akan membantu untuk membuat daging menjadi lebih kering sehingga akan awet. Teknik ini sendiri disebut dengan Dry Curing. 

Demikian langkah kecil dan mudah untuk kamu ikuti dalam menyimpan daging qurban supaya daging masih tetap terjaga dan tetap segar dan tetap lezat saat diolah dan dikonsumsi.

Lalu apabila kamu memang sangat membutuhkan keperluan buah sayuran dan bahan makanan terbaik dan berkualitas, bisa saja langsung download sekarang aplikasi Astro yang akan memberikan penawaran produk-produk yang akan sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa mengaksesnya selama 24 jam karena selalu beroperasi selama 24 jam non-stop.

Arie Wahyu
Arie Wahyu