Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Cepat

Komedo merupakan titik-titik hitam maupun putih yang biasanya muncul di area hidung, leher, punggung atau dada. Tidak masalah bila jumlahnya tidak terlalu banyak, namun tidak enak dipandang jika munculnya di daerah yang mudah terlihat. Tentunya bisa membuat kamu menjadi tidak percaya diri.

Lalu, apakah komedo dapat dihilangkan? Jawabannya sudah pasti bisa, bahkan ada begitu banyak cara untuk menghilangkan komedo. Bahan yang digunakan juga tidak sulit untuk ditemukan, bahkan cenderung mudah dan murah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah dan menghilangkan komedo.

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Cara untuk Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Madu dan lemon

Cara untuk menghilangkan komedo di area hidung dengan cepat dan alami adalah memanfaatkan Madu dan lemon. Caranya yaitu:

  • Belah lemon menjadi dua bagian, kemudian diperas dalam wadah dan ditambahkan dengan 1 sdt madu serta gula pasir.
  • Aduk rata ketiga bahan tadi.
  • Jika sudah rata, selanjutnya adalah mengoleskannya secara merata ke area wajah yang ada komedonya.
  • Pijat perlahan dan memutar selama 1-3 menit.
  • Jika dirasa sudah cukup, selanjutnya adalah dibilas dengan air mengalir. Bisa menggunakan facial foam atau hanya air saja.
  • Lakukanlah ini secara rutin, setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

Bubuk Kopi

Cara kedua untuk menghilangkan komedo adalah dengan memanfaatkan ampas kopi dan juga olive oil atau bisa menggunakan VCO (virgin coconut oil). Jadikanlah kedua bahan tersebut sebagai masker wajah. Berikut adalah caranya:

  • Pertama, campurkan VCO atau olive oil ke dalam cangkir. Kira-kira hingga ½ gelas, kemudian masukkan ½ gelas kopi bubuk.
  • Aduk hingga tercampur semuanya.
  • Kemudian, aplikasikan/ oleskan pada wajah secara keseluruhan.
  • Pijat perlahan, pada area yang banyak komedonya. Diamkan 5 menit.
  • Selanjutnya silahkan bilas menggunakan air dingin.
  • Ulangi setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

Menggunakan putih telur

Cara menghilangkan komedo di hidung yang selanjutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Pada bahan yang satu ini terdapat protein yang bagus untuk penghilang komedo alami sehingga ketika digunakan sebagai masker, bisa membuat kulit wajah lebih cerah.

  • Gunakan 1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya. Kita hanya membutuhkan putihan telur saja.
  • Tambahkan perasan jeruk lemon, secukupnya. Aduk rata.
  • Bila sudah tercampur rata, selanjutnya kamu bisa mengoleskannya pada area wajah atau hanya bagian yang ada komedonya.
  • Pijat sebentar dan diamkan, tunggu 5-6 menit atau sampai masker mengering.
  • Jika sudah kering, kamu bisa memijat wajah untuk mengelupas masker telur tadi.
  • Lakukan kegiatan tersebut setidaknya 1-2 kali dalam 1 minggu.

Oatmeal

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan oatmeal. Karena bahan ini mempunyai kesamaan dengan scrub, maka dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati termasuk di dalamnya menghilangkan komedo.

Kamu hanya perlu mencampurkan oatmeal dan yoghurt. Aduk rata. Oleskan pada wajah, pijat perlahan kemudian diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Jika sudah mengering, kamu dapat membilasnya menggunakan air dingin. Lakukan ini 1-2 kali dalam 1 minggu supaya wajah tetap terbebas dari komedo.

Teh hijau

Bahan selanjutnya yang kerap digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di hidung adalah teh hijau. Kandungan antioksidan yang ada pada teh hijau bisa mengurangi peradangan yang terjadi di wajah.

Selain itu, teh hijau juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan komedo. Kamu hanya perlu menyeduh teh hijau, diamkan sampai dingin. Masukkan pada wadah spray dan semprotkan langsung ke wajah atau bisa juga dengan mengoleskannya menggunakan kapas.

Lidah Buaya

Tentu khasiat tanaman lidah buaya bagi kecantikan bukan rahasia lagi. Khususnya untuk campuran kosmetik atau masker. Lidah buaya sendiri mempunyai manfaat sebagai mencerahkan kulit, menghilangkan komedo, menyegarkan wajah hingga mengecilkan pori.

Cara penggunaannya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengupas kulit tanaman lidah buaya, kemudian kerok bagian gelnya. Kamu dapat mencampurkannya dengan madu, aduk rata. Lalu oleskan pada wajah, biarkan kering dan bilas.

Buah tomat

Cara terakhir adalah dengan memanfaatkan buah tomat. Kamu harus tahu bahwa tomat diperkaya dengan vitamin A dan C, sehingga mempunyai manfaat mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori wajah hingga menyerap minyak berlebih pada wajah.

Karenanya buah tomat kerap dijadikan sebagai salah satu bahan masker dan memang khasiatnya sangat baik. Kamu bisa memotong-motong tomat dan menempelkannya di wajah dan menghaluskannya, kemudian dijadikan masker. Diamkan sebentar, selama 5 menit. Jika sudah, bilas hingga bersih.Nah, demikianlah tadi cara menghilangkan komedo di hidung dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Sehingga kamu tidak perlu membeli masker, namun perlu digaris bawahi, apabila komedo tidak juga berkurang dan semakin banyak. Maka lebih baik kamu berkonsultasi ke dokter kulit.

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Dapatkan berbagai produk kecantikan berkualitas dan produk kebutuhan harian lainnya hanya di Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dan rasakan pengalaman belanja kebutuhan harian dengan cepat sampai hanya dalam hitungan menit!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu