Cara Mengecilkan Lengan Atas Tanpa Olahraga dan Aman

Ada beberapa cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga yang bisa kamu lakukan seperti mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh, meningkatkan jumlah asupan protein, memperbanyak kebutuhan serat dan menentukan jenis karbohidrat yang ingin dikonsumsi. 

Sebetulnya, semua upaya di atas tetap tidak dapat terpisah dari latihan fisik. Sebab, tanpa berolahraga, hasil yang diperoleh kurang maksimal. Memang, lemak pada lengan atas bisa terus menurun. Tetapi, kamu tetap memerlukan olahraga guna membuatnya kencang. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Langkah-langkah Mengecilkan Lengan Atas 

Untuk permulaan, pastinya tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk mengecilkan lengan atas dengan tidak melakukan olahraga, seperti berikut ini. 

1. Kurangi asupan kalori 

Kunci untuk mengurangi lemak pada lengan atas yaitu dengan membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Yang berarti, jumlah kalori harian yang kamu konsumsi wajib lebih sedikit daripada jumlah kalori yang akan dibakar. 

Pada umumnya, perharinya wanita dewasa memerlukan asupan 2.000 kalori, sementara pria dewasa memerlukan asupan 2.500 kalori. Jika lebih dari itu, kalori yang masuk dalam tubuh akan ditimbun oleh tubuh dengan bentuk lemak, khususnya pada bagian lengan atas. 

Supaya dapat membuang lemak pada lengan atas, berarti kamu perlu menyingkirkan tumpukan kalori tersebut. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu mengurangi jumlah makanan kaya akan kalori, seperti gorengan, batas mengkonsumsi makanan manis dan lebih banyak mengkonsumsi sayur. 

Apabila kamu mengkonsumsi kalori yang lebih sedikit, maka tubuhmu bisa membakar tabungan lemak menjadi pasokan energi dan perlahan-lahan lengan atas akan mengecil. 

2. Tambahkan asupan protein 

Mengkonsumsi protein dalam jumlah yang banyak bisa membuat kamu merasakan kenyang dalam waktu yang lama. Dampaknya keinginan untuk ngemil atau mengkonsumsi makanan berat akan berkurang. Hal ini penting untuk kamu yang ingin mengurangi penumpukan pada lengan.

Mengganti menu makanan yang umumnya tinggi akan karbohidrat menjadi makanan kaya akan protein bisa membantu mempercepat diet dan membakar lemak di dalam tubuh. 

3. Tambahkan asupan serat 

Menambahkan kebutuhan serat dalam menu harian dapat pula membantu proses diet atau penurunan berat badan dan juga mengecilkan lengan bagian atas. Tidak sama seperti zat lainnya yang ada di dalam tubuh, serat memerlukan waktu yang cukup lama guna diolah pada sistem pencernaan. 

Hal tersebut yang menjadi penyebab ketika mengkonsumsi sayur atau makanan berserat lainnya, kamu bisa merasakan kenyang dengan lebih lama. Apabila kebiasaan ini kamu terapkan dengan konsisten, maka perlahan-lahan berat badan akan berkurang, begitu juga lingkarang lengan mu. 

4. Pilih dengan tepat jenis karbohidrat 

Karbohidrat merupakan elemen yang sangat diperlukan oleh tubuh menjadi sumber energi. Sehingga ketika sedang diet, sebenarnya kamu tidak harus sepenuhnya mengurangi kebutuhan karbohidrat. 

Namun, tidak seluruh jenis karbohidrat bagus untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan lengan tanpa berolahraga yaitu dengan mengurangi atau mengganti nasi putih, roti tawar ataupun pasta dengan jenis karbohidrat lainnya yang sehat, seperti buah, sayur-sayuran dan gandum utuh 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

5. Tidur dan istirahat yang cukup 

Apakah kamu tahu bila jam tidur atau istirahat yang cukup penting sekali untuk membantu menurunkan bobot tubuh? Bila kamu kurang tidur, maka kelaparan akan meningkat pada malam hari yang akhirnya kamu akan mengkonsumsi makanan lagi. 

Hal tersebut tentunya membuat berat badan sulit turun, sehingga otomatis lemak pada lengan bagian atas mu sulit hilang. Oleh karena itu, kamu harus tidur dan istirahat yang cukup, jangan terlalu sering begadang sebab tidak bagus juga untuk kesehatanmu. 

6. Rajin minum air putih 

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan guna mengecilkan lengan tanpa perlu melakukan olahraga yang sangat sederhana. 

Dengan mengkonsumsi lebih banyak air putih, maka kamu bisa merasa kenyang dalam waktu yang lama dan menekan keinginan makanan dengan porsi yang banyak. 

Air putih pun bisa membantu membantu untuk mempercepat metabolisme dan  pembakaran lemak dapat terjadi dengan lebih cepat. Supaya hasil dari cara yang satu ini lebih optimal, kamu pun harus batasi konsumsi minuman dengan gula tambahan dan tinggi kalori seperti soda dan teh dalam kemasan. 

7. Lakukan prosedur medis 

Tidak hanya cara alami saja, kamu juga bisa melakukan prosedur medis, salah satunya arm lift yang menjadi alternatif untuk mengecilkan lengan tanpa perlu melakukan olahraga. Untuk melakukan prosedur ini, tentunya kamu harus konsultasikan kembali pada dokter yang lebih ahli guna mengetahui bagaimana jenis prosedur yang aman. 

8. Gerakan memutar tangan 

Kamu bisa melakukan latihan sederhana guna menghilangkan lemak di bagian lengan yaitu dengan putar pergelangan tangan sekitar 50 kali. Caranya, melebarkan kaki sejajar dengan bahu dan angkat kedua tangan dan luruskan. 

Gerakan pergelangan ke arah jarum jam. Walaupun tampak sederhana, cara yang satu ini terbukti efektif membakar lemak di bagian tangan. Tetapi, untuk kamu yang mempunyai masalah di pergelangan tangan, ada baiknya konsultasikan dengan dokter lebih dulu bila ingin mencoba cara ini. 

Baca Juga: Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol yang Sangat Direkomendasikan

Nah, itu dia rekomendasi cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga yang bisa kamu lakukan mulai saat ini. Lakukan secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan cepat. 

Dapatkan berbagai jenis produk sehat yang membantu mengecilkan lengan atas mu dengan memesan nya di aplikasi Astro! Tidak hanya pengantaran yang cepat, kamu sebagai pengguna baru bisa memperoleh berbagai promo menarik. Yuk, pesan sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di App Store & Google Play Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu