Cara Membuat Teh Kombucha yang Mudah

Cara Membuat Teh Kombucha yang Mudah

Cara membuat teh kombucha ternyata dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Teh ini dikenal menjadi teh yang memiliki cita rasa khas dan berbagai manfaat untuk kesehatan. Untuk kamu yang senang mengkonsumsi minuman ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara pembuatannya dibandingkan terus menerus membelinya, sebab teh ini bisa mempunyai rasa yang lebih segar dan dapat kamu sesuaikan dengan selera mu. 

Kombucha sendiri merupakan julukan untuk sejenis daun teh yang sudah mengalami fermentasi. Teh yang dipakai dapat dari jenis daun teh hitam maupun teh hijau, lalu ditambahkan dengan bakteri dan ragi yang dikenal dengan symbiotic colony of bacteria and yeast atau scoby, serta ditambahkan sedikit gula. 

Hasilnya, teh ini akan terasa sangat manis dan bersoda sebab terkarbonisasi sesudah difermentasi sehingga rasanya mirip seperti soft drink. Teh yang satu ini umumnya berwarna orange dan akan meninggalkan rasa asam pada lidah mu. 

Baca Juga: Cara Membuat Oralit Sendiri Untuk Penanganan Darurat

Langkah-langkah Membuat Teh Kombucha 

Kunci dalam pembuatan teh kombucha yaitu memilih scoby yang benar. Alternatif untuk memperoleh nya yakni kamu bisa membelinya di toko online yang sudah terpercaya atau meminta nya dari salah satu teman yang membuat teh kombucha sendiri. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat teh kombucha sendiri yaitu: 

  • Scoby 
  • Teh hitam atau teh hijau 
  • Air 
  • Gula 
  • Toples yang lingkaran atasnya lebar 
  • Tisu atau lap yang bersih 
  • Corong air 
  • Saringan 

Sesudah semua bahan ini siap, cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu: 

  • Rebus daun teh dengan gula. Takaran yang dapat kamu pakai yaitu 1 liter air berbanding 100 gram gula dan 3 sendok makan daun teh. 
  • Sesudah air mendidih, matikan api dan biarkan panasnya menghilang sampai air teh bersuhu ruang. 
  • Saring semua daun teh ke dalam toples kaca supaya hasilnya teh bersih dan tidak ada ampas. 
  • Letakkan scoby di dalam toples kaca tersebut, namun pastikan tanganmu telah dilumuri dengan cuka supaya scoby aktif dan dapat melakukan fermentasi. Scoby yang masih aktif dapat mengapung saat diletakan ke dalam air teh. 
  • Tutup permukaan toples kaca dengan tisu atau lap bersih supaya lalat tidak bisa masuk. 
  • Simpan pada suhu ruang dan biarkan sekitar 5-7 hari atau sampai 12 hari. 

Waktu kamu ingin memanen teh kombucha ini, kamu bisa melakukannya sesuai selera. Semakin lama kamu menyimpan teh ini, maka rasa manisnya semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Teh Kombucha kamu di ASTRO!

Tips Membuat Teh Kombucha untuk Stok Selanjutnya 

Saat kamu memanen teh kombucha, kamu juga dianjurkan untuk tidak membuat scoby langsung sesudah dipanen. Kamu bisa menggunakannya lagi untuk membuat stok teh kombucha selanjutnya. Langkah-langkah untuk membuat teh kombucha stok selanjutnya yaitu dengan beberapa langkah di bawah ini. 

  • Rebus teh dan gula minimal 2 jam sebelum kamu memanen teh kombucha yang pertama supaya air teh selanjutnya sudah berada di suhu ruang. 
  • Ketika kamu memanen teh kombucha yang sebelumnya, pastikan tanganmu telah dilumuri dengan cuka sesaat sebelum mengangkat scoby dari toples kaca. 
  • Cuci scoby menggunakan air hangat dan taruh diatas piring yang bersih. 
  • Saring teh dan simpan ke dalam botol tertutup dan taruh di lemari es. 
  • Bersihkan toples kaca menggunakan air bersih, lalu bilas memakai air hangat yang sudah diberi sedikit cuka.
  • Masukkan larutan teh yang sudah kamu buat 2 jam sebelumnya dan sedikit teh kombucha yang telah jadi ke dalam toples kaca. 
  • Letakkan scoby dan tutup wadah memakai lap atau tisu bersih.

Langkah-langkah untuk membuat teh kombucha ini bisa menghasilkan minuman yang sangat menyegarkan, bukan rasa yang aneh dan menyengat di lidah. Kamu juga bisa menambahkan daun mint atau madu guna memperkuat kesegaran dari teh yang satu ini. 

Baca Juga: Cara Membuat Teh Kombucha yang Mudah

Manfaat Teh Kombucha untuk Kesehatan 

Teh kombucha banyak dianggap menjadi salah satu minuman yang bagus untuk kesehatan dengan rasa yang menyegarkan. Walaupun begitu, sampai saat ini tidak ada penelitian ilmiah yang benar-benar mengulas tentang ini. Oleh sebab itu, manfaat dari teh kombucha sejauh ini seperti: 

1. Membuat pencernaan lebih sehat 

Rajin mengkonsumsi teh kombucha ini bisa bermanfaat untuk membuat sistem pencernaan lebih sehat. Karena, teh ini mempunyai kandungan probiotik yang bagus untuk pencernaan tubuh secara menyeluruh. 

2. Mencegah berbagai penyakit 

Tidak hanya probiotik, teh ini pun tinggi akan antioksidan. Ternyata antioksidan dapat membantu menghindari penyakit, karena dapat membangun sistem kekebalan tubuh, melawan bakteri jahat akibat infeksi dan mengurangi peradangan. Rajin minum teh kombucha disebut dapat membantu turunkan risiko infeksi. 

3. Merawat kesehatan hati 

Salah satu manfaat dari teh kombucha yang menyehatkan yaitu menjaga kesehatan hati. Hal tersebut karena adanya kandungan probiotik dan antioksidan yang dapat membantu pembuatan zat-zat beracun dalam organ hati. Sehingga, kesehatan organ ini lebih terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. 

4. Mengontrol kadar gula darah 

Teh kombucha dapat dikatakan bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 karena teh ini dapat menurunkan kadar gula darah sehingga mudah terkontrol. Teh kombucha pun dapat menghambat pencernaan karbohidrat di dalam tubuh. 

5. Mengurangi risiko terkena kanker 

Manfaat terakhir dari teh kombucha ini yaitu dapat mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel-sel kanker. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan antioksidan polifenol dalam teh ini. Tetapi masih diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan jika teh kombucha mempunyai efek anti kanker. 

Baca Juga: Ini Cara Memasak Telur Setengah Matang yang Benar

Nah, jadi seperti itulah cara membuat teh kombucha yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Untuk mengkonsumsi nya lebih baik kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar tidak terjadi masalah kesehatan nantinya.

Dapatkan segala kebutuhan memasak dan kebutuhan harian lainnya hanya di Aplikasi Astro! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang untuk merasakan pengalaman belanja super cepat!

Arie Wahyu
Arie Wahyu