Berbagai Jenis Workout di Rumah Tanpa Alat Tidak Ribet

Berbagai Jenis Workout di Rumah Tanpa Alat Tidak Ribet

Berbagai jenis workout di rumah tanpa alat dapat menjadi usaha menjaga jarak atau social distancing, agar penyebaran virus Covid-19 tidak semakin meluas. Untuk menjaga kebugaran tubuh, kamu bisa berolahraga di rumah. Selain bisa menyehatkan tubuh, kamu juga bisa mengisi waktu luang saat sedang beristirahat kerja. 

Berikut ini ada beberapa jenis workout yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa menggunakan alat. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Daftar Jenis Workout Tanpa Alat 

Di gym, peralatan yang ingin digunakan untuk olahraga memang sangat lengkap. Tetapi, tidak berarti melakukan olahraga di rumah tidak dapat menjadikan kamu berkeringat seperti di gym. Oleh karena itu, kenali lebih dulu berbagai jenis olahraga di rumah seperti berikut: 

1. Olahraga kardio 

Kardio merupakan jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah dan secara efektif bisa membantu tubuhmu berkeringat dan membakar lemak, selama masa pandemi virus Covid-19. Berjalan santai atau dengan kecepatan tertentu di treadmill menjadi olahraga kardio yang mudah untuk kamu lakukan. Apabila kamu mempunyai alat tersebut, maka olahraga ini dapat menjadi pilihan. 

Olahraga kardio memiliki berbagai jenis, berjalan kaki di sekitar rumah juga termasuk dalam olahraga ini. Tetapi, harus kamu ingat, jangan coba-coba untuk ke luar dari rumah, jika kamu mengalami gejala infeksi virus Covid-19, seperti sakit tenggorokan, demam, sesak dan batuk. 

Selain itu, lompat tali pun masuk ke dalam jenis olahraga kardio yang dapat kamu lakukan di rumah. Jika kamu belum terbiasa, maka bisa melakukannya secara perlahan agar tidak cedera. 

2. Yoga 

Meskipun gerakan yoga terlihat sangat mudah, tetapi kamu tidak bisa menganggap remeh jenis olahraga yang satu ini. Untuk siapa saja yang pernah mencoba yoga, tentunya tahu efektivitas yoga dalam membuat tubuh berkeringat dan membakar lemak. 

Manfaat yoga bukan hanya bisa berefek pada kesehatan fisik saja, namun mental mu juga bisa membaik. Terdapat beberapa manfaat dari olahraga yoga yang perlu kamu ketahui seperti memperkuat vitalitas dan energi, meningkatkan pernapasan, dan menjaga metabolisme tubuh. Hal ini pastinya menguntungan kamu selama masa pandemi virus Covid-19. 

Tidak hanya itu saja, manfaat olahraga ini untuk kesehatan mental mu yaitu meningkatkan perasaan damai pada pikiran yang penat dan mencegah stres. Untuk kamu yang merasa cemas dan takut akan virus Covid-19, berolahraga yoga di rumah dapat menjadi obat untukmu. 

3. Aerobik 

Jenis olahraga yang satu ini menjadi pilihan yang sangat menarik untuk kamu lakukan di rumah, seperti zumba. Pada umumnya, instruktur aerobik akan ada di hadapanmu selama sesi olahraga berlangsung. Tetapi, sebab darurat virus Covid-19 menjadikan banyak orang untuk berolahraga di rumah dan menjadi instruktur online. 

Bahkan, di negara Spanyol, terdapat instruktur senam yang sukarela mengajak semua orang yang ada di sekitarnya untuk berolahraga bersama. Ia memimpin gerakan senam dari atas gedung dan akan diikuti oleh semua masyarakat Spanyol yang semangat untuk berolahraga di balkon tersebut. 

Sama halnya dengan yoga, ternyata olahraga ini pun dapat meredakan gangguan cemas dan gejala depresi, yang mungkin disebabkan oleh virus Covid-19. Pada beberapa penelitian, olahraga aerobik dianggap berhasil untuk mengurangi gejala cemas dan gejala para penderita depresi. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

4. Menari

Nyalakan lagu yang kamu suka dan menarilah! Para peneliti menemukan, menari pun menjadi salah satu jenis olahraga sebab dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh. Karena, menari menjadikan tubuh mu lebih aktif dan banyak bergerak. 

Tetapi, kamu tidak perlu memaksakan diri, khususnya bila kamu masih pemula yang baru bisa menari. Coba menari selama 10 menit, jika terasa sangat melelahkan maka kamu bisa berhenti dan ulangi keesokan hari dengan menambahkan waktu nya. 

5. Push-up 

Jenis olahraga yang satu ini tidak membutuhkan alat apapun, sebab hanya memanfaatkan berat tubuh kamu. Karena, push-up menjadi jenis olahraga yang menjadikan bobot tubuh sebagai “alat” untuk menguatkan dirimu. 

Push-up merupakan olahraga yang tepat bila kamu ingin memperkuat bagian atas tubuhmu, seperti dada. Jika dilakukan setiap hari dengan konsisten, maka kamu bisa melihat perbedaan pada bentuk

Gerakan Workout untuk Para Pemula 

Di bawah ini ada beberapa gerakan workout yang bisa kamu coba lakukan di rumah: 

1. Gerakan lunges 

Gerakan diawali dengan posisi berdiri, buka kedua kaki sampai selebar bahu dan taruh kedua tangan pada samping tubuh. Selanjutnya, langkahkan kaki kanan ke arah depan dan tekuk lutut sesudahnya, pastikan posisi paha telah sejajar dengan lutut dan lantai. Lalu, dorong kaki kanan sampai kembali ke posisi awal serta ulangi gerakan tersebut memakai kaki kiri. 

2. Gerakan squat 

Berikutnya yaitu gerakan squat yang bisa kamu lakukan dengan cara berdiri tegak, buka kaki sampai sedikit melebar dari bahu dan taruh kedua tangan di sisi samping tubuh. Pastikan dada dan dagu tetap tegak, perlahan dorong pinggulmu ke belakang dan tekuk semua lutut, seperti ketika kamu duduk di kursi. 

3. Gerakan sit-up 

Gerakan yang satu ini sangat efektif untuk mengencangkan otot perut. Gerakan diawali dengan posisi badan berbaring dan tekuk lutut, telapak kaki harus rata menyentuh lantai dan kedua tangan berada di belakang kepala. 

Lalu, pastikan kakimu tetap menempel di lantai, secara perlahan mulailah angkat bagian kepala dengan posisi layaknya bergulung. Hindari meregangkan leher saat melakukan gerakan ini. Pertahankan sampai posisi dada mencapai ke kaki. 

Baca Juga: Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol yang Sangat Direkomendasikan

Nah, itu tadi beberapa jenis workout di rumah tanpa alat beserta contoh gerakannya yang bisa kamu coba untuk berolahraga santai. Lakukan olahraga ini secara rutin untuk dapatkan hasil yang maksimal dan agar kamu selalu sehat. Selain olahraga rutin, asupan makanan sehat harus kamu jaga setiap harinya. Tenang aja, kamu tetap bisa belanja makanan sehat dari rumah dengan Astro. Pesan makanan sehat dari aplikasi Astro, 15 menit saja sudah sampai rumah! Yuk, belanja sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu