Beberapa Manfaat Minyak Wijen Untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Kamu mungkin sering melihat makanan yang ditaburi dengan biji wijen. Tetapi, apakah kamu pernah memasak menggunakan minyak biji wijen? Tidak hanya dapat dijadikan minyak yang menyehatkan saja, ada berbagai manfaat minyak wijen untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. 

Namun, sebelum membahas tentang sederet manfaat dari minyak wijen untuk kesehatan, lebih baik kamu mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak biji wijen seperti berikut ini. 

Baca Juga: Daftar Fungsi Minyak Wijen Untuk Masakan 

Kandungan Nutrisi pada Minyak Wijen 

Minyak wijen merupakan minyak yang terbuat dari ekstrak biji wijen. Minyak ini mempunyai rasa khas yang tak berbeda jauh dengan bahan bakunya. Tidak hanya rasa, kandungan nutrisi didalamnya juga ada banyak jenisnya dan didominasi dengan lemak yang menyehatkan atau lemak jenuh. 

Dalam satu sendok makan minyak wijen bisa memberikan manfaat untuk tubuh dari gizi seperti: 

  • 2 mg kalium 
  • 0,2 mg natrium 
  • 0,01 zat besi 
  • 0,5 mg fosfor 
  • 1 mg kalsium 
  • 0,01 mg vitamin B3 
  • 0,007 mg vitamin B2 
  • 0,001 mg vitamin B1 
  • 10 gram lemak 
  • 0,02 gram protein 
  • 88 kkal energi 

Tidak hanya kandungan makro dan mikro tersebut saja, minyak wijen pun tinggi akan kandungan antioksidan, anti radang dan antimikroba. Dari banyaknya antioksidan pada minyak wijen ini, dua jenis antioksidan yang sangat kuat adalah sesaminol dan sesamol. 

Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan 

Sudah sejak lama, tidak sedikit orang sudah menggunakan minyak wijen menjadi bahan alternatif guna menjaga kesehatan dan kecantikan. Di bawah ini ada beberapa khasiat dari minyak wijen yang sudah dibuktikan secara ilmiah. 

1. Menurunkan risiko penyakit jantung 

Memang minyak wijen kaya akan lemak, namun banyak 82% kandungan lemak di dalamnya adalah lemak tak jenuh. Jenis leak yang satu ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida sehingga bisa membuat jantung lebih sehat. 

Salah satu penelitian di tahun 2013 menunjukkan jika dampak minyak wijen untuk menurunkan kadar kolesterol jahat lebih ampuh daripada minyak zaitun. Dalam studi pada hewan, memberikan minyak wijen bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

2. Mengatur kadar gula darah 

Minyak wijen membantu mengatur gula darah sehingga bisa memberikan manfaat untuk pengidap diabetes. Hal ini tunjukkan pada penelitian yang dirilis pada Journal of the American College of Nutrition yang melibatkan pasien penderita diabetes tipe 2 sebanyak 46 orang. 

Mengkonsumsi minyak wijen secara rutin selama 90 hari sangat terbukti bisa turunkan kadar gula darah dan hemoglobin A1c atau HbA1c. Menurunya HbA1c ini menjadi pertanda jika kadar gula darah sudah menurun dan menjadi lebih terkendali untuk jangka waktu yang lama. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Minyak Wijen dan bahan masak lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Meringankan nyeri

Sejak dahulu masyarakat Taiwan kuno sudah memakai minyak wijen menjadi pereda nyeri yang alami. Kandungan anti inflamasi di dalam minyak ini ternyata bisa meringankan peradangan karena nyeri sendi, nyeri haid sampai sakit gigi. 

Studi pada sebuah hewan menunjukkan jika minyak ini mampu mencegah produksi kandungan yang menjadi tanda peradangan di dalam tubuh. Manfaat dari minyak wijen yang satu ini memang sangat menjanjikan, namun para ahli masih butuh melakukan penelitian lebih dalam pada manusia. 

4. Membantu mengurangi gejala arthritis

Arthritis adalah sebuah peradangan yang terjadi di area persendian. Penyakit ini bisa menyebabkan nyeri yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Minyak wijen mungkin dapat mengatasi gejala ini karena ada kandungan antioksidan dan anti inflamasi di dalamnya. 

Kandungan anti inflamasi di dalam minyak wijen ini bisa membantu mengurangi peradangan yang menjadi akibat nyeri sendi. Sedangkan, antioksidan bisa membantu melindungi jaringan sendi dari berbagai kerusakan karena radikal bebas pada lingkungan. 

Baca Juga: Ini Alternatif Untuk Pengganti Minyak Goreng yang Menyehatkan

5. Mempersingkat penyembuhan luka 

Tidak hanya digunakan untuk memasak saja, kamu juga dapat mendapatkan manfaat dari minyak wijen dengan cara mengoleskannya pada kulit. Sejumlah ahli meyakini jika minyak ini mempunyai kandungan yang bisa mempercepat proses sembuhnya luka. 

Mereka menemukan hubungan antara penggunaan minyak wijen terhadap kulit dan tingkat kolagen yang cukup tinggi dalam jaringan luka. Manfaat ini bisa jadi berasal dari kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang mempunyai peran penting untuk memulihkan jaringan kulit. 

6. Melindungi kulit dari sinar UV 

Sifat antioksidan di dalam minyak wijen mungkin bisa juga melindungi kulit dari berbagai dampak buruk sinar UV. Minyak ini bahkan dapat melawan sampai 30% sinar UV, lebih tinggi dibandingkan minyak zaitun dan minyak kelapa yang hanya sekitar 20% saja. 

Karena manfaat tersebut, mungkin minyak wijen dapat menjadi alternatif produk sunscreen yang banyak beredar dipasaran. Tetapi, harus kamu ingat jika para peneliti belum mengetahui dengan pasti seberapa lama minyak wijen dapat melawan paparan sinar UV. 

7. Menyehatkan rambut 

Minyak wijen bukan hanya memberikan khasiat untuk kulit, namun juga pada rambut. Kandungan vitamin E dan antioksidan sesamin dalam minyak wijen ini bisa menyehatkan batang rambut sehingga menjadikan lebih terlihat berkilau dan kuat. 

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara mengoleskannya pada rambut yang masih lembab sesudah keramas. Oleskan secukupnya supaya rambut mu tidak terlihat lepek. 

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil Untuk Tubuh

Itu dia sederet manfaat minyak wijen untuk kesehatan tubuh, jantung, kulit sampai rambut. Kamu bisa menggunakannya secara rutin dengan jumlah sesuai kebutuhan atau tidak berlebihan supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk kesehatan tubuh, kulit maupun rambut mu.

Dapatkan minyak wijen berkualitas di Astro! Pesan sekarang di aplikasi Astro, dan pesanan minyak wijen akan sampai dalam waktu hitungan menit saja. Jadi, kamu bisa merasakan manfaatnya segera! Yuk, download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu