Apa Fungsi dari Niacinamide Untuk Wajah

Pada umumnya niacinamide dikenal dengan nicotinamide yakni zat turunan yakni berasal dari vitamin b3 atau niacin. Zat yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk bantu agar jerawat dan bekas jerawat jadi menghilang.

Selain itu juga bagus dalam meratakan kulit wajah dan bantu cerahkan kulit wajah. Bahkan juga bisa bantu kendalikan adanya gejala rosacea yang ada.

Fungsi niacinamide yang sering ditemukan adalah untuk bantu protein yang ada dalam kulit dalam membentuk. Selain itu juga bisa bantu terapkan rasa lembab dari sel-sel dalam kulit. Maka dari itu, tidak heran jika dengan ini bisa bantu melindungi lapisan dalam kulit jadi tidak mudah rusak.

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Fungsi Niacinamide Untuk Wajah, Ternyata Bisa Bikin Awet Muda

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang ada pada niacinamide untuk wajah yang harus kamu ketahui, simak yuk!

1. Bantu Tingkatkan Ketahanan Pada Kulit

Fungsi dari niacinamide untuk wajah adalah membantu dalam membentuknya keratin atau protein supaya bisa jaga kulit wajah jadi tetap kuat serta jadi lebih sehat. Belum sampai disitu saja, bahkan fungsi lainnya adalah bisa bantu merangsang lapisan ceramide jadi lebih membentuk agar bisa melindungi dan menjaga jaringan pada kulit jadi tetap lembab.

2. Bantu Meredakan adanya Peradangan Kulit

Tidak bisa dihindari lagi bahwa jerawat kadang bisa saja muncul di waktu yang tidak tepat. Ketika memakai niacinamide, maka bisa bantu redakan adanya peradangan dalam kulit. 

Jika sudah begitu maka kulit kamu jadi lebih bersih dan semua noda dari jerawat dan merah-merah jadi mereda.

Jika kamu mengalami jerawat yang parah seperti nanah dan jerawat yang menonjol, maka bisa juga diatasi dengan menggunakan niacinamide. Jika sudah menggunakannya pada waktu tertentu maka semua luka jadi lebih baik dan kulit jadi memiliki tekstur yang rata.

3. Bekas Jerawat Jadi Reda

Jika sudah tidak ada jerawat, kerap kali bekas jerawat membuat kamu jadi tidak nyaman dan terganggu. Maka kamu bisa menggunakan niacinamide untuk wajah yang bisa menghilangkan bekas jerawat atau noda hitam.

Ada juga studi yang mengatakan bahwa sudah ada nicotinamide sekitar 5% minimumnya dapat bantu noda gelap jadi tersamarkan. Tentu saja senyawa yang satu ini bisa bantu menghambat adanya melanin dan bantu merangsang kolagen terbentuk.

4. Bisa Cegah Penuaan Dini

Ada bukti juga yang mengatakan bahwa niacinamide bisa bantu cegah penuaan dini, misalnya adanya keriput, garis halus yang ada pada wajah. Sebab ada bahan aktif yang tidak sedikit dalam produk anti penuaan tersebut yang bantu cegah adanya penuaan dini yang diakibatkan dari paparan sinar matahari, polusi udara, dan juga racun yang terdapat pada lingkungan.

5. Terlindung dari Sinar Matahari

Selanjutnya ada fungsi dari niacinamide yang bagus untuk melindungi kulit dari adanya paparan sinar matahari. Tidak heran jika niacinamide bisa jadi pelindung kulit wajah jadi optimal.

Sebab, niacinamide sendiri bisa jaga kulit jadi lebih lembab dan juga mampu memberikan kekuatan kulit yang terpapar di bawah sinar matahari. Serta juga bisa membuat noda bekas jerawat jadi rusak.

Aturan Menggunakan Niacinamide

Setelah pada fungsinya, ada juga aturan menggunakannya supaya sesuai anjuran. Intip yuk!

Bisa dikatakan aman namun, ada juga efek samping dari penggunaan niacinamide pada wajah, maka kamu harus memakai dalam anjuran aturan agar tidak salah dan tidak ada efek samping yang berlebih. Kamu harus membaca dan ikuti aturan yang dianjurkan dokter atau yang ada pada kemasan produk.

  1. Pastikan kamu menggunakan tangan yang sudah bersih sebelum mulai pakai produk niacinamide. Bisa mencuci tangan memakai sabun dan keringkan menggunakan handuk yang bersih atau tisu.
  2. Teteskan produk pada bagian kulit yang akan kamu gunakan misalnya pada jerawat atau bekas jerawat. Bis ajuga memakai kapas yang masih steril, cotton bud dan bisa juga menggunakan jari yang masih bersih dan ratakan produk pada permukaan kulit kamu.
  3. Cuci tangan kamu segera setelah selesai.
  4. Diamkan niacinamide hingga meresap, dan usahakan jauh dari paparan sinar matahari supaya tidak mudah rusak.

Demikian adalah fungsi niacinamide untuk wajah yang harus kamu ketahui. Pada umumnya memang ada pada produk kecantikan dan perawatan wajah yang sudah banyak ditemukan di produk skincare masa kini. Ini bisa bantu pudarkan bintik hitam dan melambatkan penuaan dini, serta bantu kurangi adanya iritasi yang ada pada kulit yang sangat sensitif.

Baca Juga: Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat 

Mau belanja aneka skincare yang mengandung niacinamide? Kamu bisa dapetin produknya di Astro lho! Belanja skincare di Astro nggak perlu nunggu lama dalam hitungan menit pesanan kamu akan sampai dalam hitungan menit saja! Yuk, belanja sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu