Alasan Mengapa Kita Membutuhkan Makanan dan Minuman

Sama seperti daya pada smartphone yang harus diisi setiap hari, tubuh juga harus kamu beri makan dan minum guna menjaga tubuh agar tetap sehat. Makanan bisa memberikanmu energi untuk menjalani berbagai aktivitas, tumbuh, belajar dan menjadi sehat. 

Tentunya makan dan minum yang kita lakukan ini untuk bertahan hidup bukan? Nah, itu menjadi salah satu alasan mengapa kita membutuhkan makanan dan minuman setiap hari. Tidak hanya itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa kita memerlukan makanan dan minuman. Berikut ini ada sejumlah alasan yang harus kamu ketahui. 

Baca Juga: Kumpulan Menu 4 Sehat 5 Sempurna yang Menyehatkan

Ini Alasan Kita Harus Makan dan Minum 

Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman setiap hari bukan hanya untuk bertahan hidup saja, ada beberapa alasan yang lainnya, seperti: 

1. Membantu kinerja tubuh 

Makanan bisa menjadi komoditas yang sangat berharga guna bagaimana kamu memproses emosi dan memakai kekuatan energi untuk melakukan berbagai kegiatan setiap harinya. Mengkonsumsi makanan yang sehat bisa membangun batin mu dan membuat suasana hati lebih positif di luar. 

Beberapa makanan yang baik bisa membantu kinerja tubuh mu pada puncaknya dengan memasok energi yang kamu perlukan di tempat kerja, berolahraga, menjaga keluarga dan melakukan berbagai kegiatan yang kamu senangi. 

Namun, bila kamu mengkonsumsi makanan sembarangan, hal tersebut bisa menurunkan tingkat energi dalam tubuh mu. Akibat dari itu adalah kinerja yang tidak bagus di rumah, kantor dan kekurangan energi guna melakukan berbagai hal yang kamu sukai. 

2. Untuk fungsi tubuh dan pertumbuhan

Apa yang kamu makan wajib membantu mengelola dan mempertahankan fungsi yang ada di dalam tubuh. Kamu harus hati-hati untuk merencanakan apa yang ingin dimakan untuk setiap proses pertumbuhan guna memastikan fungsi dan perkembangan tubuh dengan tepat. 

Tidak sedikit orang tua melakukan berbagai cara terbaik guna menginspirasi anak-anaknya untuk mengkonsumsi makanan tertentu, sehingga mereka bisa berkembang dan tumbuh dengan kuat. Namun, apa yang terjadi sesudah kamu semua dewasa? 

Kamu harus berpikir lebih luas lagi saat menjadi orang dewasa dan melakukan berbagai kebiasaan makan yang sehat, bila tidak, tubuhmu yang akan semakin tua akan mengalami berbagai penyakit jika tidak mengkonsumsi makanan sehat saat masih muda. 

3. Membersihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh 

Kamu harus makan sebab makanan memiliki kandungan zat yang bisa diubah oleh tubuh untuk menjadi sebuah energi yang dibutuhkan guna menjalani kegiatan sehari-hari. 

Alasan lainnya yaitu sebab berbagai alasan kamu selalu harus memperbaiki atau mengganti sel dan kamu memerlukan bahan guna melakukan hal tersebut. Kamu tidak bisa memproduksi sendiri sejumlah zat ini dan perlu memperolehnya dari makanan. 

Tubuhmu bisa memproduksi orang lain, namun kamu tetap memerlukan bahan-bahannya yang bisa kamu peroleh dari makanan. Adapun air, tubuh kamu mengandung sangat banyak air, namun kamu selalu kehilangannya lewah urin, keringat dan penguapan. Sehingga, kamu harus kembali mengisinya. 

Saat kamu kehilangan banyak air di dalam tubuh, sel-sel akan mengering dan mati. Organ kamu akan harus selalu bersih guna bekerja secara efisien. Mengkonsumsi makanan sehat bukan hanya bisa merawat kamu dari dalam, namun juga merawat tubuhmu dari luar seperti kulit, kuku dan rambut. 

Baca Juga: Rekomendasi Ide Menu Makanan Satu Minggu yang Sehat Untuk Sehari-Hari

4. Melawan dan mencegah penyakit 

Biasanya Master Seni Beladiri akan minum teh hijau di pagi hari sebab bisa melawan berbagai penyakit dalam tubuh, bahkan melawan kanker. Semua yang ia makan secara dasar berguna untuk menghindari terserang penyakit dan membuatnya selalu sehat. 

Kamu perlu membuat tubuh selalu sehat agar bisa terus tumbuh dan berkembang. Nutrisi yang tepat bisa membantu kamu untuk membuat lingkungan batin lebih kuat sehingga bisa melawan dan mencegah penyakit. 

5. Kesehatan tubuh dari luar 

Semuanya akan tumbuh dari dalam lalu ke luar. Yang kamu masukan ke dalam tubuh bisa mempengaruhi tubuh luar mu. Pastinya, kamu harus makan supaya tubuh mu bisa berfungsi dengan baik, namun nutrisi pun berkontribusi untuk penampilan kamu. 

Makan secara sembarangan bisa membuat kamu menjadi cepat kehilangan energi, terkena penyakit dan lainnya. Sebaliknya, mengkonsumsi makanan sehat bisa membuat kamu memiliki banyak energi dan selalu terlihat sehat serta bugar. 

6. Membuat situasi dan sosial dengan baik

Seperti hampir semua orang merayakan acara dan liburan dengan minuman dan makanan. Kamu secara tak sadar membuat hubungan sosial dengan makanan bersama teman dan anggota keluarga yang lainnya. 

Dengan makan memungkinkan kamu guna menikmati diri sendiri menjadi manusia dan guna membawa keluarga dan teman bersama-sama demi kesenangan sosial. Makan bisa mengajarkan kamu untuk mencintai, menghargai dan merayakan sesuatu. 

Kamu juga dapat memanfaatkannya untuk kenyamanan seperti mengkonsumsi makanan dan minuman kekinian. Tetapi, kamu tetap harus waspada dan mengurangi hal tersebut sebab dapat mendatangkan berbagai penyakit yang tak terduga. 

Oleh karena itu, ada baiknya tetap mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan tidak banyak mengandung gula. Hal ini bukan hanya membuat kamu merasa sehat saja, tetapi kamu juga akan terhindar dari berbagai penyakit akibat makanan dan minuman yang tidak menyehatkan. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu berbagai alasan mengapa kita membutuhkan makanan dan minuman setiap harinya. Jangan lupa selalu terapkan pola makan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatanmu dalam jangka waktu yang lama. Sehingga bisa menjadi investasi di hari tua sebab memiliki tubuh yang sehat. 

Baca Juga: Ikuti Resep Menu Diet Sehat 30 Hari Ini yang Aman dan Enak

Dapatkan makanan dan minuman sehat hanya di Astro! Kamu bisa belanja berbagai makanan dan minuman sehat cukup melalui aplikasi Astro yang telah tersedia di App Store dan Play Store.

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu