Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Seseorang dapat mempunyai perut buncit saat terjadi penimbunan lemak di bagian perutnya, baik di bagian bawah atau pada rongga perut, yakni di area organ dalam perut. Menumpuknya lemak bisa terjadi saat jumlah kalori dari makanan yang sudah dikonsumsi lebih dari jumlah kalori yang dikeluarkan oleh tubuh menjadi energi.

Tidak hanya itu, perut membuncit pun dapat disebabkan dari stres berkepanjangan, menopause, kebiasaan hidup yang tidak sehat dan keadaan medis tertentu. Apabila dibiarkan saja, ukuran perut yang sangat besar atau mengakibatkan berat badan secara berlebihan bisa menaikkan risiko terkena banyak penyakit, seperti hipertensi, diabetes, stroke atau jantung. 

Oleh sebab itu, penting guna menjaga berat badan agar tetap ideal, caranya yaitu dengan rajin berolahraga. Tidak hanya dapat turunkan berat badan, beberapa olahraga pun sangat bagus untuk meratakan dan mengecilkan perut. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Lakukan Olahraga Ini untuk Hilangkan Lemak 

Ukuran lingkar pinggang atau perut sebetulnya tidak melebihi 90 cm bagi pria dan 80 cm bagi wanita. Jika ukuran lingkar pinggang mu sudah melebihi angka tersebut, ada baiknya kamu mulai melakukan berbagai olahraga guna mengecilkan perut seperti berikut: 

1. Jogging 

Lari santai atau biasa dikenal dengan jogging adalah salah satu aktivitas fisik yang sangat praktis dan tidak sulit untuk dilakukan. Bukan hanya praktis, jogging pun menjadi olahraga yang dianggap efektif guna membakar lemak di dalam perut. 

Kamu dianjurkan untuk melakukan jogging selama 20-30 menit dan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu guna mengecilkan perut buncit. 

2. Berenang 

Berenang pun termasuk salah satu jenis olahraga yang bagus guna mengecilkan perut sebab bisa membakar lemak dalam tubuh secara perlahan-lahan. Bukan hanya bisa mengecilkan perut saja, berenang pun bagus untuk menjaga kekuatan tulang dan otot, memperbaiki kualitas tidur, meredakan stress dan menjaga kesehatan jantung. 

Supaya ukuran perut bisa mengecil, kamu dianjurkan untuk berenang selama 20-30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sebelum kamu berenang, kamu perlu melakukan pemanasan selama 10 menit. 

3. Zumba dan senam aerobik 

Sebagian jenis senam seperti zumba dan aerobik yang banyak ditawarkan pada pusat kebugaran atau kelas senam pun menjadi jenis olahraga yang efektif guna membakar kalori dan mengempiskan perut. Selain itu, senam aerobik pun bagus untuk menguatkan tulang dan sendi, meredakan stres dan memperbaiki mood. 

4. Pilates dan yoga 

Berbagai gerakan pilates dan yoga sudah terbukti efektif guna mengecilkan perut yang sudah membuncit. Olahraga yang satu ini bukan hanya bisa menghilangkan lemak di perut, namun juga menjadikan tubuh lebih sehat, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur dan berenergi. 

Kencangkan Otot Perut dengan Latihan Fisik Ini 

Tidak hanya berbagai jenis olahraga di atas saja yang bisa membantu menghilangkan lemak, ada sejumlah latihan fisik yang bisa mengecilkan perut buncit dan mengencangkan otot perut secara spesifik. Sejumlah latihan fisik guna mengecilkan perut, diantaranya yaitu: 

1. Sit up 

Latihan sit-up bisa menguatkan dan mengencangkan otot perut. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan berbaring di lantai pada posisi telentang dan tekuk lutut, lalu angkat badan ke lutut dibarengi dengan menghembuskan napas dan perlahan-lahan turunkan ke lantai dengan menarik napas. Lakukan gerakan yang satu ini sebanyak 10 kali dan ulangi sampai 2-3 set per hari. 

2. Crunches 

Gerakan crunch sekilas hampir mirip seperti sit-up. Tetapi, gerakan yang satu ini hanya mengangkat sedikit bagian tubuh pada bagian atas, yakni bahu dan kepala.

Pertama, berbaringlah dengan keadaan tubuh seperti ingin sit-up, tetapi letakkan tangan pada paha. Sesudah itu, angkat bahu dan kepala sampai setinggi sekitar 8 cm dari lantai, dibarengi dengan menghembuskan napas. Tahan sekitar beberapa detik dan kembali pada posisi awal. Ulangi latihan ini sebanyak 10-20 kali. 

3. Plank 

Plank bukan hanya bisa membantu membentuk dan mengencangkan otot, namun juga melatih kekuatan otot lengan, bahu dan paha depan. Latihan yang satu ini bisa kamu mulai dengan keadaan tubuh lurus ke lantai atau telungkup, lengan di sisi badan dan siku ditekuk. 

Sesudah itu, kencangkan otot bagian perut dan perlahan-lahan angkat badan dengan tumpuan pada jari kaki dan lengan bawah. Pastikan punggung, kepala sampai tumit ada di satu garis lurus. Kamu bisa tahan posisi ini sekitar 20-30 detik. 

Selain harus rajin melakukan olahraga dan latihan fisik guna mengecilkan perut, kamu pun harus makan makanan yang bergizi, mengelola stres dan jangan mengkonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi kalori serta minuman dengan kandungan alkohol agar perut tidak membuncit semakin parah. 

Apabila kamu masih kesulitan untuk menentukan jenis olahraga yang bagus untuk mengecilkan perut atau bila berat badan sulit turun walaupun sudah diet dan rajin berolahraga, kamu perlu konsultasikan ke dokter agar mendapatkan solusi yang tepat. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Olahraga Sebelum Tidur

Itulah, beberapa jenis olahraga mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan adanya ulasan di atas ini bisa membantu kamu yang ingin mengecilkan perut. Selamat mencoba! 

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu