Ini Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Apel adalah buah yang disenangi oleh banyak orang, buah yang memiliki warna hijau dan merah ini bercita rasa manis dan sedikit asam. Tidak hanya itu, ternyata ada segudang manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh dan bisa melawan atau menghindari berbagai serangan penyakit. 

Apel mempunyai mineral, vitamin dan nutrisi yang tinggi sehingga bagus guna menjaga kesehatan tubuh. Tidak salah jika buah berwarna merah ini digandrungi banyak orang. Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat buah apel yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin. 

Baca Juga: Kenali Jenis-jenis Buah Apel dan Manfaatnya

Berbagai Khasiat Buah Apel bagi Kesehatan 

Buah apel bisa memberikanmu dampak besar terhadap kesehatan tubuhmu, tidak hanya daging apel saja yang bermanfaat, tetapi kulitnya juga. Kamu bisa merasakan tubuhmu lebih bugar sesudah rajin mengkonsumsi apel. Apel tinggi akan serat, flavonoid dan antioksidan. Kandungan ini membantu kamu terhindar dari penyakit jantung, diabetes dan kanker. 

Oleh karena itu, guna merasakan khasiat dari apel ini, kamu dianjurkan mengkonsumsinya setiap hari. Demi mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat buah apel untuk beberapa jenis penyakit, di bawah ini pembahasan mengenai hal tersebut: 

1. Merawat saluran cerna tetap sehat 

Buah apel tinggi akan serat yang dapat melancarkan BAB dan menghindari konstipasi. Untuk memperoleh khasiat yang satu ini, kamu disarankan mengkonsumsi apel bersama kulitnya, karena kulit apel mempunyai kandungan antioksidan dan kaya akan serat. 

Tidak hanya itu, pektin yang terkandung di dalam apel bisa memberikan nutrisi pada bakteri baik yang ada pada saluran cerna, sehingga bisa menjaga kelancaran fungsi dari pencernaan di dalam tubuh. 

2. Menjaga fungsi dan kesehatan jantung 

Rajin mengkonsumsi 1-2 buah apel setiap harinya dianggap bisa turunkan risiko terserang penyakit jantung. Bukan hanya itu, mengkonsumsi buah yang satu ini pun dapat membantu tubuh guna mengurangi kadar kolesterol pada darah. 

Mencegah peradangan dan penyumbatan di dinding pembuluh darah arteri pun menjadi salah satu khasiat dari apel. Khasiat apel menjadi buah untuk menurunkan kolesterol ini bersumber dari kandungan antioksidan, fitonutrien dan pektin yang berguna untuk menghindari terjadinya kolesterol yang menumpuk pada lapisan dinding pembuluh darah. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Apel dan buah-buahan segar di Aplikasi ASTRO!

3. Menekan risiko terserang diabetes 

Khasiat apel yang lainnya seperti mengelola kadar gula darah pada tubuh. Fitonutrien yang terkandung pada buah apel berguna untuk menghindari naiknya gula darah dengan cara memicu sel-sel pankreas guna memproduksi insulin, menurunkan penyerapan gula, dan memperlambat proses pemecahan karbohidrat untuk berubah menjadi gula. 

Makanan yang mempunyai kandungan indeks glikemik rendah yang satu ini bisa menekan naiknya gula darah secara signifikan. Kandungan antioksidan dalam apel ini berperan untuk menurunkan dan menjaga risiko adanya komplikasi penyakit jantung terhadap pengidap diabetes. 

4. Merawat kesehatan jantung 

Antioksidan yang ada di dalam apel seperti flavonoid dan kuersetin ini bisa menurunkan matinya sel saraf karena penuaan. Antioksidan yang sangat tinggi dalam kulit apel pun dianggap bisa memelihara kesehatan dan membantu fungsi memori otak. 

Terdapat penelitian yang mengungkapkan jika apel mempunyai dampak bagus guna menurunkan risiko terserang penyakit stroke dan Alzheimer. 

5. Mengurangi berat badan 

Sejumlah penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi apel sebanyak 3 kali dalam sehari bisa turunkan bobot tubuh hanya dengan 12 minggu saja. Khasiat apel pun guna menjaga berat badan ini bersumber dari kandungan serat dan air yang sangat tinggi. 

Hal tersebut bisa memberikan rasa kenyang yang sangat lama, melancarkan BAB dan menurunkan porsi makan yang berlebihan. 

6. Mencegah bau mulut 

Jika kamu mempunyai masalah dengan bau mulut, kamu bisa mengatasinya dengan cara rajin memakan buah apel. Apel mempunyai kandungan pektin yang bisa meningkatkan jumlah air liur guna membersihkan mulut dan mengelola bau makanan di mulut. 

Bukan hanya bau mulut saja, salah satu penelitian pun menunjukan jika buah apel bisa menekan risiko terjadinya kanker kolorektal, kanker payudara, kanker mulut dan kanker paru-paru. 

Efek menekan terjadinya kanker ini bersumber dari kandungan antiradang dan antioksidan yang ada di dalam apel. Tetapi, masih dibutuhkan penelitian lanjutan guna memastikan manfaat yang satu ini. 

Untuk memperoleh khasiat dari apel secara maksimal, kamu harus memiliki buah apel yang segar dengan warna terang dan juga bertekstur padat. Gizi yang terkandung di dalam buah apel dapat terjaga bila kamu simpan pada kulkas dengan suhu 2-4 derajat celcius. 

Ketika kamu ingin mengkonsumsi buah apel, kamu harus memastikan agar tidak menelan bijinya. Sebab biji pada buah apel ini mempunyai kandungan racun sianida yang jika dikonsumsi pada jumlah tertentu dapat berdampak fatal untuk kesehatan. 

Tidak hanya itu, kamu pun harus mencuci tangan dan juga apelnya sebelum memakannya sebab terdapat lilin dan pestisida yang bisa jadi masih terdapat pada permukaan kulitnya. 

Nah, itu dia segudang manfaat buah apel yang harus kamu ketahui dan bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin. Mulai sekarang jangan lupa untuk mengkonsumsi apel setiap hari untuk memperoleh khasiat nya secara maksimal. 

Baca Juga: Resep Camilan Apel Untuk Anak yang Pasti Enak

Kamu bisa dapatkan apel segar dan berkualitas hanya di Astro. Astro menyediakan berbagai produk buah-buahan, sayuran dan produk kebutuhan lainnya yang bisa kamu peroleh dengan membelinya lewat aplikasi Astro. Bagi pelanggan baru, kamu akan mendapatkan promo khusus dari Astro. 

Untuk merasakan semua kemudahan dan promo tersebut, kamu bisa unduh aplikasi Astro di App Store dan Play Store sekarang juga!

Arie Wahyu
Arie Wahyu