Cara Membuat Oralit Sendiri Untuk Penanganan Darurat

Diare dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu keadaan saat cairan tubuh hilang terlalu banyak dibandingkan yang dikonsumsi. Keadaan ini dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan sakit kepala sampai pingsan. Apabila dibiarkan begitu saja, dehidrasi bisa berakibat fatal. 

Sebetulnya, dehidrasi ringan bisa diatasi dengan cara meminum banyak cairan, seperti jus buah, air putih dan sup. Tidak hanya itu, memberikan oralit pun efektif guna menggantikan cairan tubuh yang telah hilang dan menjaga keseimbangan dari elektrolit. 

Cara membuat oralit sebenarnya sangat mudah, sebab oralit dibuat dari campuran garam dan gula yang dilarutkan dalam air. Cairan yang satu ini dipakai guna menggantikan garam atau air dan natrium yang hilang dalam tubuh selama kamu mengalami diare. 

Di bawah ini ada cara untuk membuat oralit yang benar dengan takaran tepat yang bisa kamu buat sendiri. 

Baca Juga: Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

Tips Membuat Oralit 

Berikut merupakan cara untuk membuat oralit yang tepat dan dapat kamu lakukan dengan sangat mudah di rumah:  

  • Siapkan botol atau gelas yang sudah dicuci sampai bersih. 
  • Masukan 2 sdm gula dan ½ sdt garam pada botol atau gelas yang sudah kamu siapkan. 
  • Masukan 1 liter air matang. 
  • Aduk rata sampai gula dan garam larut di dalam air. 

Sesudah kamu mengetahui cara dalam membuat oralit dengan takaran yang tepat, sangat penting pula kamu mengetahui dosis supaya oralit efektif guna mengatasi dehidrasi. Dosis pemberian oralit ini harus disesuaikan dengan bobot tubuh. Berikut merupakan penjelasannya: 

  • Berat badan 3-4,5 kg = 60 ml per 1 jam sekali 
  • Berat badan 5-7 kg = 70 ml per 1 jam sekali 
  • Berat badan 7-9 kg = 100 ml per 1 jam sekali 
  • Berat badan 9,5-18 kg = 190 ml per 1 jam sekali 
  • Berat badan 18,5-27 kg = 300 ml per 1 jam sekali 

Sedangkan, untuk anak lebih dari 10 tahun dan orang dewasa, bila akan mengkonsumsi oralit ini disarankan menggunakan dosis 2.000 ml per hari. 

Tidak hanya membuat sendiri, biasanya oralit pun ada dalam rupa bubuk yang dapat kamu dapatkan di Apotek. Untuk meminumnya, kamu hanya perlu melarutkan bubuk tersebut ke 200 ml air putih. Sebelumnya, tidak lupa untuk patuhi aturan penggunaan yang ada di kemasan. 

Tetapi, jika kamu atau anakmu mempunyai kondisi tertentu, seperti gagal jantung, diabetes dan gangguan ginjal, maupun sedang mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi dan jantung, ada baiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum kamu mengkonsumsi oralit ini. 

Kelebihan takaran ketika proses pembuatan oralit atau salah memberikan dosis ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti hipernatremia atau kelebihan garam. Walaupun jarang terjadi, keadaan ini bisa ditandai dengan merasakan mual, kehilangan nafsu makan, muntah, gangguan ginjal, rasa haus yang berlebihan dan kebingungan. 

Oleh sebab itu, penting untuk kamu mengetahui cara untuk membuat oralit dengan takaran yang benar dan meminumnya sesuai dosis yang disarankan. Jika kamu sudah mengikuti cara dalam membuat oralit yang benar, namun dehidrasi tak kunjung membaik, kamu harus langsung datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. 

Nah, berikut ini juga ada beberapa manfaat oralit untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui. 

Manfaat Oralit untuk Kesehatan 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, khasiat oralit ini biasanya berhubungan dengan kemampuan cairan yang satu ini guna rehidrasi tubuh. Untuk itu, umumnya oralit diberikan untuk pertolongan pertama akan dehidrasi. Di bawah ini manfaat oralit untuk anak-anak dan orang dewasa. 

1. Mengembalikan elektrolit dan cairan yang hilang 

Manfaat dari oralit yang sangat utama yaitu guna meningkatkan natrium dan kalium di dalam tubuh. Kedua kandungan tersebut bisa membantu usus dalam menyerap cairan lebih banyak. Dengan demikian, tubuh bisa menggantikan elektrolit dan cairan yang hilang dengan lebih cepat sebab muntah, diare maupun penyebab lainnya. 

2. Mengurangi risiko kematian karena diare pada balita dan bayi 

Disentri dan diare adalah dua masalah pencernaan yang menjadikan seseorang akan BAB berkali-kali. Keadaan ini sangat berbahaya, terutama untuk balita dan bayi, dan beresiko mengakibatkan kematian. 

Pada dosis yang tepat, memang oralit bisa secara cepat menggantikan seluruh cairan yang hilang. Sehingga khasiat ini bisa mengurangi resiko kematian pada balita dan bayi karena dehidrasi akibat disentri dan diare. 

3. Memulihkan dan mencegah dehidrasi karena berbagai masalah kesehatan 

Tidak hanya dimanfaatkan untuk mengatasi disentri dan diare, khasiat oralit pun bisa dirasakan oleh seseorang yang mempunyai risiko dehidrasi. Di bawah ini adalah beberapa keadaan yang mempunyai risiko akan dehidrasi: 

  • Luka bakar yang sangat berat 
  • Tidak bisa menelan dan minum cairan 
  • Muntah dan mual berkepanjangan atau 3 kali dalam sehari 
  • Keringat secara berlebihan, layaknya pada pengidap obesitas dan anemia 
  • Diabetes 

Orang-orang dengan keadaan di atas bisa mengalami dehidrasi yang sangat berat dan bisa kehilangan nyawa. Memberikan oralit ini bisa juga dibarengi dengan terapi yang lainnya seperti memberikan antibiotik, diet zat besi, dan terapi malnutrisi. 

Apabila sulit untuk memberikan oralit secara oral atau diminum, maka khasiat oralit dan kandungan nutrisi yang diperlukan dapat diperoleh dengan pemberian lewat injeksi infus atau intravena. 

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu , Ini Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Nah, itu dia cara membuat oralit dan sejumlah manfaat oralit yang harus kamu ketahui. Selalu ingat untuk membuat oralit yang tepat agar tidak menyebabkan masalah kesehatan tertentu karena tidak mengetahui dosis untuk membuat oralit yang benar. 

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan garam dan juga kebutuhan sehari-hari lainnya di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu