7 Manfaat Sayur Bayam Untuk Tubuh 

Bayam adalah jenis sayur berdaun hijau yang banyak ditanam dan dijual di Asia, salah satunya Indonesia. Bukan hanya bagus untuk orang dewasa, bayam pun bagus dikonsumsi untuk ibu hamil, anak-anak, bayi, bahkan lansia. 

Bayam terkenal menjadi sayuran kaya akan serat dan rendah kalori, hal ini membuat bayam menjadi pilihan sayur untuk yang sedang diet. Tidak hanya itu, ternyata ada banyak manfaat sayur bayam untuk kesehatan. 

Namun, sebelum membahas apa saja manfaat yang dimiliki sayur bayam, kamu harus mengetahui lebih dulu berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur bayam seperti berikut ini. 

Baca Juga: Sawi Hijau, Sayuran yang Wajib Ada dalam Menu Sehatmu

Kandungan Nutrisi dalam Sayur Bayam 

Sebenarnya ada banyak kandungan nutrisi dalam sayur bayam, sehingga tidak heran jika sayur ini dikonsumsi oleh banyak orang yang sedang diet. Kandungan nutrisi yang dimiliki sayur bayam, diantaranya: 

  • Kalium 
  • Kalsium
  • Asam folat 
  • Zat besi 
  • Magnesium 
  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks 
  • Vitamin C 
  • Vitamin E 

Bukan hanya itu saja, sayur bayam pun mempunyai kandungan berbagai jenis antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein. 

Berbagai Manfaat Sayur Bayam 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bayam mampu memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh yang sayang sekali bila dilewatkan, khasiat tersebut diantaranya: 

1. Menjaga kesehatan tulang 

Bayam dianggap mempunyai kandungan magnesium dan vitamin K. National Osteoporosis Foundation menganjurkan untuk mengkonsumsi bayam sebab kandungan magnesium dan vitamin K. 

Pada satu porsi bayam yang sudah matang mempunyai kandungan 87% asupan vitamin K harian dan magnesium sebesar 39%. Berdasarkan University of Maryland Medical Center, kandungan vitamin K dalam bayam ini sangat penting guna merawat kesehatan tulang. 

Vitamin K bisa menekan terjadinya patah tulang. Tidak hanya itu, dibarengi dengan mengkonsumsi vitamin D, vitamin K pun bisa membangun kepadatan tulang. Lalu, tingginya kalium pada bayam pun membantu melindungi kepadatan mineral tulang agar tidak mudah hilang.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Bayam dan sayuran segar lainnya di Aplikasi ASTRO!

2. Menghindari terjadinya anemia defisiensi zat besi 

Bayam mempunyai kandungan zat besi yang diperlukan guna membantu membentuk sel darah merah. Jika zat besi tidak tercukupi, maka darah tidak bisa menghasilkan hemoglobin. 

Hemoglobin merupakan protein yang ada di darah yang dapat memberikan warna merah untuk sel darah dan bekerja membawa oksigen keseluruh organ. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan tinggi zat besi sangat penting untuk kamu yang beresiko atau mengidap anemia. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Sayur Pakcoy yang Perlu Kamu Ketahui

3. Menyehatkan rambut dan kulit 

Bayam mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi, nutrisi yang diperlukan guna pembuatan sebum supaya rambut selalu lembab. Vitamin A pun dibutuhkan untuk pertumbuhan seluruh jaringan tubuh, seperti rambut dan kulit. 

Tidak hanya itu, bayam pun tinggi akan vitamin C yang bisa membantu merawat kulit agar terlihat awet muda dan mempercepat penyembuhan luka. Kebutuhan vitamin C yang cukup diperlukan guna memelihara dan membangun kolagen yang bisa memberikan struktur di rambut dan kulit. 

4. Mencegah kanker 

Bayam mempunyai kandungan pelawan kanker yang biasa dikenal dengan methylenedioxy flavonol glukuronida. Tidak hanya itu, tingkat klorofil bayam yang sangat tinggi bisa jadi mempunyai efek anti karsinogen dan anti kanker. 

Salah satu tinjauan riset diet anti kanker yang dirilis pada Nutrition Journal mengungkapkan bahwa klorofil bisa mengikat molekul hidrofobik, aflatoksin dan hidrokarbon lain yang mungkin berhubungan dengan kanker. 

Tidak hanya itu, sebuah riset di Jepang pada tahun 2021 juga mendapati jika daun bayam memiliki kandungan dua promotor anti tumor yang sangat kuat. 

5. Meredakan gejala asma 

Magnesium yang terkandung di dalam bayam pun bagus guna para penderita asma. Magnesium dapat menjadi salah satu obat darurat yang cukup efektif guna serangan asma. Tidak hanya itu, bayam pun mempunyai beta-karoten tinggi yang bisa membantu pengidap asma meredakan gejalanya. 

6. Bagus untuk kehamilan 

Bayam dianggap mempunyai kandungan asam folat atau sebuah zat yang diperlukan guna membantu menekan cacat tabung saraf, terutama pada anencephaly dan spina bifida yang terjadi di awal kehamilan. 

Semangkuk kecil sayur bayam bisa membantu menambahkan kebutuhan asam folat sampai 66% dari asupan folat harian saat sebelum masa kehamilan. 

7. Kesehatan mata 

Bayam merupakan pasokan zeaxanthin dan karotenoid lutein yang bagus, yang berhubung dengan membantu menghindari degenerasi makula terkait katarak dan usia. 

Berdasar The Scripps Research Institute, riset sudah memperlihatkan jika mereka yang mengkonsumsi bayam sebanyak 3 kali dalam seminggu mempunyai risiko 43% sangat rendah terserang degenerasi makula. 

Baca Juga: Sawi Hijau: Sayuran Super yang Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Cara Mencuci yang Benar 

Supaya manfaat bisa didapatkan secara maksimal, pastikan kamu memasak sayuran ini dengan tepat. Berikut tips yang perlu kamu perhatikan: 

  • Pilih bayam segar 
  • Cuci bayam sampai bersih sebelum memasaknya guna menghilangkan kuman dan kotoran yang ada di batang dan daunnya
  • Apabila kamu tidak ingin memasaknya langsung, simpan bayam pada tempat kedap udara dan bersih, lalu masukan ke dalam kulkas 

Harus kamu ketahui jika bayam segar yang belum dicuci dapat bertahan sampai 4 hari, bila dimasukan pada plastik dan disimpan di kulkas. Jangan memanaskan kembali bayam yang telah dimasak, sebab bisa menurunkan kandungan gizi pada bayam. 

Nah, itulah segudang manfaat sayur bayam yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin. Untuk mendapatkan khasiatnya dengan maksimal, kamu bisa mengolahnya menjadi sayur bayam bening. Jangan menumis bayam dengan minyak karena dianggap tidak begitu sehat untuk kesehatan dan bisa menghilangkan gizi yang terkandung di dalamnya. 

Untuk kamu yang ingin merasakan berbagai manfaat kesehatan dari sayur bayam, kamu bisa belanja sayur bayam secara online di aplikasi Astro. Dengan belanja di Astro, kamu akan mendapatkan sayur bayam berkualitas yang segar dan penuh nutrisi yang bisa kamu olah menjadi berbagai menu makanan. Yuk, belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Referensi:

7 Manfaat Bayam dan Cara Mengolahnya

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu