6 Manfaat Salicylic Acid Untuk Wajah

Beberapa tahun belakangan ini, hampir seluruh produk perawatan kulit dijual dengan memamerkan satu kandungan aktif beserta dengan kadar konsentrasinya. Biasanya para konsumen memilih produk ini supaya fokus mengatasi permasalahan kulit tertentu pada wajah. 

Salah satu bahan yang banyak dijumpai yaitu Salicylic Acid untuk wajah. Kira-kira apa saja kandungan dan manfaat salicylic acid? Sebelum membahasnya lebih jauh, ada baiknya kamu kenali lebih dulu pengertian dari salicylic acid untuk wajah seperti ulasan berikut ini. 

Apa Itu Salicylic Acid? 

Salicylic Acid merupakan asam beta-hidroksi atau biasa kita kenal dengan BHA. BHA adalah salah satu jenis eksfoliasi atau asam pengelupasan. Jenis lainnya yaitu AHA atau asam alfa hidroksi, ini merupakan bahan-bahan seperti asam laktat dan glikolat. 

Bersumber dari kulit pohon willow atau dibuat secara sintesis, senyawa ini mempunyai sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Ini pun merupakan salisilat, yang mendudukinya pada kelompok yang sama seperti aspirin. 

Menjadi BHA, salicylic acid bisa larut di dalam minyak, yang berarti bisa menembus kulit di tingkat yang cukup dalam dibandingkan bahan AHA yang bisa larut di dalam air. Tidak hanya bekerja aktif di permukaan kulit saja, bahan aktif ini pun dapat masuk ke dalam pori-pori dan memecah ikatan minyak serta sel kulit mati. 

Dari cara kerjanya tersebut, salicylic acid sangat cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak dan sedang berjerawat. 

Baca Juga: Tidak Perlu Mahal, Ini Dia Tips Hilangkan Kerutan Di Bawah Mata Dengan Mudah

Sederet Manfaat Salicylic Acid 

Jika dilihat dari cara kerjanya tersebut, di bawah ini merupakan sejumlah manfaat dari salicylic acid untuk wajah yang perlu kamu ketahui: 

1. Mengurangi minyak berlebih pada wajah 

Salicylic acid untuk wajah tentunya sangat bagus untuk jenis kulit berminyak. Manfaat ini bersumber dari cara nya bekerja yang bisa memecah ikatan minyak. 

Studi dari Journal of Cosmetic Dermatology (2014) mendapati jika pemakaian asam salisilat dengan 30% konsentrasinya bisa mengurangi minyak berlebihan yang ada pada wajah secara signifikan. 

Penelitian tersebut pun mengungkapkan jika sesudah 2 minggu, penurunan kadar minyak lebih bisa terlihat pada pemakaian asam salisilat 30% dibandingkan pyruvic acid 50%. 

2. Sebagai eksfoliasi 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika BHA juga menjadi bagian dari salicylic acid yang dipakai guna pengelupasan kulit. BHA sama seperti AHA sebab dipakai untuk chemical peeling atau pengelupasan kimiawi. 

Jenis pengelupasan tersebut dianggap menjadi pengelupasan kimia, sehingga jangan berharap terdapat buliran yang menggosok sel kulit mati layaknya pada scrub. Sebaliknya, pengelupasan kimia dengan lembut seperti salicylic acid bisa melarutkan sel kulit mati, yang bisa menjadikan kulit tampak lebih bercahaya dan lebih muda dari waktu ke waktu. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan produk-produk kecantikan kamu di Astro!

manfaat salicylic acid

3. Mengontrol jerawat 

Ada manfaat dari salicylic acid yang dapat kamu rasakan di wajah yaitu berkurangnya jerawat yang berlebihan. Harus kamu ketahui jika munculnya jerawat karena produksi minyak berlebih, infeksi karena bakteri Propionibacterium acnes dan tersumbatnya pori-pori. 

Sebab asam salisilat mengontrol kadar minyak dan memperbaiki pori-pori tersumbat, sebagian penyebab jerawat juga dapat diatasi. Sehingga, jerawat juga terkendali, berkurang, bahkan sembuh. 

Untuk bisa menyembuhkan jerawat, tentunya konsentrasi asam salisilat yang dapat dipakai sebesar 0,5% sampai 10%. 

4. Meredakan peradangan 

Harus kamu ketahui, salah satu keadaan penyebab peradangan wajah yaitu jerawat. Umumnya jerawat yang meradang akan timbul nanah, kemerahan, membengkak sampai rasa nyeri. 

Nyatanya, khasiat asam salisilat bagi wajah bersifat anti radang dan anti inflamasi pada jerawat. Untuk hal tersebut, asam salisilat bisa membantu memperlambat terbentuknya senyawa penyebab peradangan, yaitu prostaglandin. 

Melansir riset dari Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology (2015), salicylic acid dapat bekerja meredakan peradangan di wajah dengan kadar 0,5% sampai 5%. 

5. Meredakan gejala hiperkeratosis 

Hiperkeratosis merupakan keadaan yang mengakibatkan penebalan di lapisan kulit bagian luar karena penimbunan keratin. Biasanya masalah kulit ini ada di psoriasis, keratosis pilaris dan ichthyosis. Ketiganya dapat menjadikan wajah terlihat mengelupas, pecah-pecah dan kering. 

Sebab dapat meng eksfoliasi sel kulit yang mati, khasiat salicylic acid juga pada hiperkeratosis dapat mengangkat penebalan lapisan kulit. Biasanya, kadar asam salisilat yang dipakai sebesar 3% sampai 6%.

Baca Juga: 10 Jenis Minuman Yang Ampuh Mencerahkan Kulitmu Secara Alami

6. Mengatasi kutil pada wajah 

Bukan hanya untuk jerawat, salicylic acid juga memiliki manfaat dapat dipakai menjadi cara guna menghilangkan kutil di wajah. Sebagai kandungan yang dapat mengangkat penimbunan keratin, asam salisilat membantu untuk memecah lapisan terluar kulit yang telah terinfeksi virus pemicu kutil secara perlahan. 

Tidak hanya itu, asam salisilat juga membantu melepaskan virus yang ada di sel kulit dan mendorong respons imun tubuh sehingga tubuh dapat menangkal infeksi virus. Biasanya kadar yang dipakai guna mengatasi kutil yakni sebesar 5% sampai 40%. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum memakai bahan aktif ini untuk wajah berkutil. 

Itulah, segudang manfaat salicylic acid untuk kulit wajah yang bisa kamu gunakan dengan takaran yang tepat demi hasil yang memuaskan. Jika kamu ingin menggunakan bahan ini, pastikan coba terlebih dahulu di belakang kuping sebelum pada waja, untuk mengetahui kamu alergi atau tidak. 

Kalau kamu mau mencari produk-produk kecantikan seperti Moisturizer, Face Wash, dan produk kecantikan lainnya, kamu bisa temukan di aplikasi Astro!

Dengan Astro, kamu bisa berbelanja kebutuhan harianmu dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet. Tinggal buka aplikasi, pilih barang yang kamu inginkan, dan bayar dengan mudah melalui aplikasi. Tidak perlu keluar rumah atau antri lama di supermarket, semuanya bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi Astro.

Jangan ragu untuk mencoba dan rasakan kemudahan berbelanja dengan Astro. Yuk, download aplikasinya sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja untuk kebutuhan harianmu. 

Arie Wahyu
Arie Wahyu