Waspada, Ini Dampak Duduk Terlalu Lama

Tidak hanya menjadikan sendi dan otot semakin lemah serta kaku sebab tidak aktif bergerak, duduk dalam waktu yang lama juga bisa menghambat metabolisme tubuh. Tentunya hal ini bisa mengakibatkan menurunnya kinerja tubuh untuk mengelola tekanan darah, memproses lemak dan menjaga gula darah, sehingga memperbesar risiko terjadinya berbagai jenis penyakit. 

Terdapat sebuah riset mengungkapkan jika orang yang bekerja dengan terlalu banyak duduk dinilai memiliki risiko 2 kali lipat untuk terkena serangan jantung daripada orang yang banyak bergerak pada pekerjaannya. Selain itu, ada dampak duduk terlalu lama lainnya yang harus kamu waspadai seperti berikut ini. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Berbagai Risiko Kesehatan dari Terlalu Lama Duduk 

Sebenarnya terlalu lama duduk tidak secara langsung memunculkan bahaya. Tetapi, bila keseharian mu banyak dihabiskan dengan tidak aktif bergerak dan duduk terlalu lama, ada banyak penyakit yang dapat menghantuimu. 

Di bawah ini merupakan beberapa risiko kesehatan yang bisa jadi dialami karena duduk yang terlalu lama: 

1. Memperbesar resiko penyakit jantung 

Di dalam tubuh, ada enzim lipoprotein lipase yang memiliki peran untuk mengeluarkan lemak yang ada di dalam darah. Lemak yang sudah terurai kemudian akan dipakai menjadi energi untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Namun, ketika kamu duduk dalam waktu yang lama, kemak tidak bisa berubah menjadi energi. Lemak akan menumpuk di dalam darah dan akan tertimbun di dalam tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan peredaran darah akan terhambat dan bisa memperbesar resiko munculnya penyakit jantung. 

2. Memperbesar resiko diabetes melitus tipe 2

Salah satu studi pada jurnal Diabetologia mengungkapkan jika orang yang duduk dalam waktu lama setiap harinya mempunyai resiko yang cukup tinggi untuk terserang diabetes tipe 2. Hal ini sebab terjadi perubahan metabolisme dalam tubuh salah satunya adalah terjadi resistensi insulin. 

Kebiasaan duduk dalam waktu yang lama menjadikan tubuh mu akan bekerja sangat keras guna menghasilkan insulin dan menyerap gula darah. Semua mekanisme tersebut mempunyai peran penting untuk tahapan pembuatan energi dalam tubuh. 

Hal ini juga mengakibatkan resistensi insulin atau sebuah keadaan yang memperbesar resiko diabetes melitus tipe 2. 

3. Memperbesar resiko obesitas atau overweight 

Saat kamu terlalu banyak duduk pun bisa memperbesar resiko obesitas atau overweight. Sebab kebiasaan yang satu ini bisa menjadikan kamu lebih banyak makan, sehingga tanpa sadar membuat berat badan mu semakin bertambah. 

Khususnya lagi bila kebiasaan makan secara berlebihan ini tidak kamu imbangi dengan rajin olahraga. Lemak di dalam tubuh akan semakin banyak tertimbun dan mengakibatkan kegemukan. 

4. Melemahnya otot

Selama kamu duduk, maka otot mu tidak dipakai dalam waktu yang lama. Terlebih bila kamu sangat banyak membuang waktumu dengan duduk setiap harinya dibandingkan berjalan, berdiri atau melakukan berbagai kegiatan lainnya. 

Saat kamu berdiri, otot perut mu akan menegang yang membuat otot akan bekerja. Tetapi, saat kami duduk, otomatis otot perut mu tidak dipakai sehingga otot ini bisa melemah. 

5. Kekuatan otak melemah 

Ketika duduk, memang kamu bisa bekerja menatap komputer dan memakai otak guna berpikir. Tetapi, apakah kamu tahu jika duduk dalam waktu yang panjang pun bisa melemahkan otak? 

Apabila kamu bergerak, jantungmu akan bekerja dengan cara memompa darah berisi oksigen menuju ke otak. Hal ini bisa mendorong pelepasan zat kimia yang ada di dalam otak yang berarti bisa melatih fungsi otak. 

Tetapi, bila terlalu lama duduk, fungsi otak mu bisa menjadi sangat lambat. Hal ini sebab peredaran darah dan juga oksigen menuju otak berjalan dengan jauh lebih lambat. 

6. Sakit leher 

Memiliki kebiasaan duduk yang sangat lama pun bisa mengakibatkan sakit leher. Hal ini sebab duduk dengan waktu yang lama, terlebih lagi dengan keadaan yang kurang nyaman, bisa menjadikan tulang leher mu sangat tenggang. 

Tidak hanya itu, terlalu lama duduk pun bisa memperbesar tekanan di tulang belakang dan juga cakram yang berfungsi menyusun tulang bagian belakang sehingga mengakibatkan sakit pada leher. 

7. Rasa nyeri di punggung 

Nyeri punggung adalah masalah kesehatan yang terjadi sebab gangguan di postur tubuh. Tetapi, pada dasarnya keadaan ini terjadi sebab postur tubuh yang sangat buruk, seperti duduk terlalu dalam posisi statis atau diam.

Ketika kamu merasakan nyeri pada punggung, biasanya juga merasakan kontraksi otot yang berkelanjutan dan menyempitnya pembuluh darah. Yang akhirnya, peredaran darah menjadi sangat lambat dan muncullah berbagai penyakit, salah satunya adalah iskemia atau kekurangan nutrisi dan oksigen pada jaringan. 

Tips Mencegah Masalah Kesehatan akibat Terlalu Lama Duduk 

Ada solusi yang bisa kamu lakukan untuk mencegah masalah kesehatan karena terlalu lama duduk yaitu dengan mengurangi durasi duduk. Kamu juga dapat lebih banyak melakukan berbagai gerakan simple, seperti lebih banyak memakai tangga, berdiri untuk melakukan peregangan, istirahat berkeliling kantor dan gerakan sederhana lainnya. 

Dikutip dari situs American Diabetes Association, melakukan kegiatan fisik yang ringan dianggap dapat menurunkan risiko penyakit kronis sampai kematian. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Nah, cara yang dianjurkan seperti rapat berdiri, istirahat dengan cukup, berusaha jalan sambil istirahat makan siang, kurangi menonton tv dalam waktu yang lama di malam hari. 
Itu dia sejumlah dampak duduk terlalu lama yang sangat tidak bagus untuk tubuh dan membuat mu dihantui berbagai jenis penyakit kronis. Oleh karena itu, mulai sekarang lebih baik kamu kurangi durasi duduk mu sebelum terjadi hal-hal yang diinginkan.

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu