Tips Memilih Sabun Cuci Piring yang Aman Untuk Kesehatan

Tips Memilih Sabun Cuci Piring yang Aman Untuk Kesehatan

Banyak sekali produk sabun cuci piring yang menjadi pilihanmu ketika hendak berbelanja ke supermarket, kamu biasanya memilih sabun cuci piring dari harga atau kemasan yang menarik. Sebaiknya ubah kebiasaanmu dalam memilih sabun cuci piring, pastikan memilih sabun yang aman untuk kesehatan.

Beberapa sabun cuci piring ada yang tidak memperhatikan aspek kesehatan bagi penggunanya, bahkan beberapa dari mereka menggunakan kandungan zat SLS yang berlebihan, yang merupakan zat berbahaya yang mengancam kesehatan apabila digunakan secara berlebihan. 

Sabun cuci piring yang tidak aman dapat berbahaya terhadap kamu. Sabun cuci piring yang baik untuk kesehatan tentu saja adalah sabun cuci yang mampu membersihkan kotoran dengan sebersih mungkin.

Selain itu, sabun cuci piring yang aman untuk kesehatan juga adalah yang bisa digunakan untuk membersihkan piring dan tidak memberikan dampak negatif apapun terhadap kesehatan keluarga di rumah. Lalu, bagaimana cara memilih sabun cuci piring yang tepat?

Baca Juga: Tips Memilih & Rekomendasi Deodoran yang Aman untuk Kulit

Cara Memilih Sabun Cuci Piring Dengan Baik

Memilih sabun cuci piring dengan baik memang gampang-gampang susah, kamu dapat memilih sabun cuci piring dengan baik apabila memperhatikan dan memahami beberapa hal terkait sabun cuci piring yang akan kamu beli, dengan begitu kamu akan mendapatkan sabun cuci piring yang aman untuk kesehatan.

Pastikan kamu tidak memilih sabun cuci piring hanya dengan melihat harganya, kemasannya yang menarik, atau bahkan iklannya yang meyakinkan. Akan tetapi sebaiknya kamu memilih sabun cuci piring dengan memperhatikan beberapa cara berikut ini.

1. Cari tahu kandungannya

Cara yang pertama dalam memilih sabun cuci yang aman untuk kesehatan adalah dengan mencari tahu kandungan dalam produk tersebut. Hindari produk yang didominasi oleh kandungan zat kimia atau senyawa kimia, terlebih apabila senyawa yang dikandungnya berbahaya.

Setiap sabun cuci piring memang mengandung zat kimia, namun apabila kandungan zat kimia itu berlebihan dan mendominasi, maka sebaiknya hindari dan ganti dengan produk lainnya.

Hal tersebut dikarenakan senyawa atau zat kimia yang terkandung pada sabun, akan bersentuhan langsung secara intensif dengan kulit ketika mencuci, selain itu juga berpotensi menempel pada piring dan mengganggu kesehatan keluarga ketika piring itu digunakan untuk makan.

Ada banyak sekali produk cuci piring yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti jeruk nipis, aloe vera dan lain-lainnya. Pilihlah produk sabun cuci piring yang minim zat kimia dan didominasi oleh bahan-bahan yang lebih alami.

2. Beli produk yang busanya tidak berlebihan

Produk pencuci piring yang menghasilkan banyak busa memang nyaman digunakan, hal tersebut dikarenakan banyaknya busa dapat membantu mengangkat kotoran di piring dengan cepat. Akan tetapi sebenarnya dapat berbahaya terhadap kesehatan kulit.

Biasanya produk pencuci piring yang menghasilkan banyak busa itu mengandung kadar SLS yang banyak. SLS merupakan senyawa kimia yang dapat memberikan dampak iritasi kulit bagi penggunanya, terutama apabila digunakan secara berlebihan.

Kegiatan mencuci piring tentunya selalu kamu lakukan setiap hari, ternyata itu berbahaya apabila sabun yang digunakan itu mengandung banyak sekali kandungan zat kimia yang disebut SLS. Jadi, lebih baik kamu memilih sabun cuci piring yang lebih sedikit busanya.

Mungkin kamu akan sedikit kurang nyaman ketika menggunakan produk cuci piring yang menghasilkan sedikit busa, namun yang terpenting adalah kesehatanmu dan keluargamu dapat terjaga dengan baik.

3. Cari sabun cuci piring yang ampuh hilangkan bau

Biasanya ada saja piring yang masih menghasilkan bau walaupun sudah dicuci menggunakan sabun. Kamu harus tahu bahwa piring yang masih bau walau sudah dicuci itu ternyata masih terdapat kotoran-kotoran yang mungkin sulit dilihat oleh mata, masih ada zat-zat kotor di piring tersebut.

Sabun cuci piring yang ampuh hilangkan bau di piring merupakan kategori sabun yang harus kamu pakai, karena artinya sabun itu ampuh mengangkat kuman dengan baik dan maksimal. Selain sehat, tentu saja piring akan lebih nyaman saat kembali digunakan oleh keluarga.

4. Cari sabun cuci yang tidak perih ketika terkena mata

Terkadang secara tidak sengaja sabun cuci piring mengenai mata, sampai membuat mata terasa perih. Kamu harus tahu bahwa ada sabun cuci piring yang tidak perih ketika tidak sengaja mengenai mata, sabun seperti itu merupakan rekomendasi sabun cuci piring yang aman untuk kesehatan.

Sabun cuci piring yang tidak perih ketika tidak sengaja mengenai mata adalah sabun cuci piring yang didominasi oleh bahan-bahan yang alami, sehingga rasa perih jika terkena mata tidak berlebihan, bahkan cenderung tidak ada efek perihnya.

Demikian penjelasan tentang cara memilih sabun cuci piring yang aman untuk kesehatan. Pastikan kamu menggunakan sabun cuci piring yang aman untuk kesehatan, tentunya demi kamu sendiri dan demi kesehatan keluargamu di rumah.

Baca Juga: Beberapa Tips Memilih Deterjen yang Aman Untuk Kulit Sensitif 

Untuk kamu yang sedang mencari produk sabun cuci piring yang aman bagi kesehatan, kamu bisa coba produk terbaru dari Astro Goods, yaitu Astro Goods Gentle Dishwashing Liquid yang aman dan lembut di kulit. Astro Goods Gentle Dishwashing Liquid menggunakan formula plant derived detergents, bebas dari kandungan SLS, paraben, formaldehyde, dan bahan pewarna yang berbahaya, namun tetap efektif mengangkat lemak membandel.

Selain itu Astro Goods juga punya pilihan produk pembersih rumah lainnya seperti deterjen cair Astro Goods Gentle Laundry Liquid Detergent dan pembersih serbaguna Astro Goods Gentle Multi-purpose Cleaner yang juga terbebas dari kandungan bahan kimia berbahaya. Tertarik mencoba? Klik foto produk di bawah ini untuk belanja produk Astro Goods Home Care di aplikasi Astro.

Mau belanja produk Astro Goods Home Care? Klik foto produk di bawah untuk belanja produk Astro Goods Home Care di aplikasi Astro.

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu