Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi, Jaga Kondisi Tubuh Agar Corona Menjauh

Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan selama kurang lebih 2 tahun memang memberikan rasa khawatir kepada masyarakat. Meski sudah dilakukan pencegahan yang dianjurkan WHO dan pemerintah, tapi tetap saja angka penularan masih terbilang tinggi. Tentu saja, situasi ini memaksa kamu untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar tidak tertular virus corona. 

Selain menjalankan protokol kesehatan, ada beberapa tips hidup sehat di masa pandemi yang mampu membantu tubuh tetap terlindungi dari virus corona. Dengan menjalankan tips-tips yang ada di bawah ini, maka kamu pun bisa dengan tenang beraktivitas di tengah pandemi. Yuk, simak artikel ini hingga selesai. 

Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi Agar Tidak Tertular Corona 

Pencegahan agar tidak tertular oleh virus corona sendiri adalah dengan menjalani hidup sehat. Karena ketika tubuh dalam keadaan yang sangat baik, maka jelas virus Covid-19 tidak akan memberikan pengaruh yang terlalu buruk. Adapun beberapa tips hidup sehat yang bisa kamu jalankan di masa pandemi ini, yaitu sebagai berikut: 

Rutin berolahraga 

Tips sehat pertama adalah dengan rutin berolahraga. Seperti yang sudah kamu ketahui, dengan berolahraga akan menjaga tubuh tetap dalam keadaan prima. Kamu dapat berolahraga 3 hingga 5 kali dalam seminggu dengan waktu setidaknya 30 menit. Kamu tidak harus berolahraga yang terlalu berat, bisa dengan jogging, bersepeda atau sekedar stretching. 

Dengan berolahraga rutin, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Sehingga kamu juga tidak akan mudah sakit. Hal paling penting saat pandemi seperti sekarang ini adalah melawannya dengan imun tubuh yang kuat, dimana olahraga akan sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh 

Kamu harus tahu bahwa 60% hingga 70% tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga tubuh pun membutuhkan cairan yang cukup. Dilansir dari situs Halodoc, ada studi yang menyatakan bahwa dengan meminum air dengan jumlah yang cukup tidak hanya akan membantu menjaga berat badan ideal, tapi juga tubuh yang sehat. 

Memenuhi kebutuhan air untuk tubuh juga akan membantu kamu untuk berpikir jernih saat beraktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu saja, dengan minum air dengan jumlah yang cukup juga akan memperlancar pencernaan. Jika tubuh sehat, sudah pasti imun tubuh juga dalam keadaan baik. Hasilnya pun kamu bisa terhindar dari virus corona. Sangat disarankan untuk minum air setidaknya 8 gelas sehari atau 1,5 hingga 2 liter sehari. 

Istirahat yang cukup 

Tubuh manusia tidak didesain untuk selalu beraktivitas, dimana ada waktu tubuh harus beristirahat. Para ahli pun menyarankan manusia untuk tidur setidaknya 7 hingga 9 jam dalam sehari. Dimana dengan waktu tersebut, tidak hanya tubuh yang beristirahat, tapi juga pikiran. Sehingga tidur yang cukup bukan hanya untuk tubuh yang sehat, namun juga mental yang baik. Dengan tidur yang cukup juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga virus corona pun enggan untuk menghampiri kamu. 

Konsumsi makanan bergizi 

Tips hidup sehat di masa pandemi selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Makanan adalah hal pokok dalam kehidupan manusia. Dimana kesehatan tubuh paling banyak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Kamu harus memastikan bahwa kebutuhan nutrisi dalam tubuh sudah terpenuhi. Tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan nutrisi. 

Perbanyak makan sayur dan buah adalah cara yang tepat agar tubuh tetap dalam keadaan yang sehat. Di dalam sayur dan buah sendiri terdapat banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, memperbanyak makan sayur dan buah juga akan membantu kamu memiliki berat badan tubuh yang ideal. 

Dari semua tips hidup sehat di atas, mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah adalah hal yang sangat penting. Karena sudah pasti kita akan mengkonsumsi jenis makanan yang berbeda-beda. Ketika kamu tidak memperhatikan asupan makanan, bisa jadi tubuh mengalami masalah kesehatan. 

Misalnya kekebalan tubuh menurun dan menyebabkan sakit seperti flu dan batuk. Tidak hanya itu saja, tidak menjaga makanan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan penyakit kronis di masa depan. 

Maka daripada itu, penting sekali untuk menjaga diri dari makanan yang dikonsumsi. Pastikan kamu selalu membeli bahan makanan dalam keadaan yang sangat baik dan segar. Kamu bisa membeli bahan makanan yang masih segar dan berkualitas di aplikasi Astro yang merupakan tempat belanja online dengan pengantaran selama 24 jam penuh tanpa henti. 

Referensi: 

5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi yang Ampuh – Alodokter

Begini Cara Menerapkan Hidup Sehat selama Pandemi (halodoc.com)

Sumber Gambar: Shutterstock

Reza Purnama Putra
Reza Purnama Putra