Tidak Banyak yang Tahu Ini Manfaat Rebusan Kayu Manis

Mempunyai rasa dan aroma yang khas, kayu manis kerap kali dipakai menjadi penambah rasa untuk berbagai jenis masakan, minuman maupun kue. Tidak hanya itu, rempah ini pun banyak digunakan menjadi pengobatan, karena sifat antibiotik dan antioksidan yang dimilikinya. 

Cara yang paling tepat untuk memperoleh seluruh manfaat dari kayu manis yaitu dengan merebusnya sampai mendidih dan rajin mengkonsumsinya. Menurut para pakar kesehatan air, ada segudang manfaat rebusan kayu manis untuk kesehatan. Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin. 

Baca Juga: Ini Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Kandungan Kayu Manis

Sebelum mendiskusikan manfaat kayu manis, penting untuk mengetahui kandungan gizinya. Sebanyak satu sendok teh kayu manis bubuk seberat 2,6 gram mengandung sejumlah nutrisi, termasuk:

  • Energi: 6,42 kkal
  • Karbohidrat: 2,1 gram
  • Kalsium: 26,1 miligram
  • Kalium: 11,2 miligram
  • Zat besi: 0,21 miligram
  • Fosfor: 1,66 miligram
  • Magnesium: 1,56 miligram
  • Vitamin A: 0,39 mikrogram

Selain itu, kayu manis juga mengandung berbagai zat fitonutrien seperti katekin, epikatekin, beta-karoten, cineole, eugenol, keton, tanin, fenol, alpha-pinene, dan aldehida.

Meskipun dalam makanan jumlah kayu manis yang biasanya dikonsumsi relatif kecil, nutrisi yang terkandung di dalamnya memiliki potensi untuk mengurangi stres oksidatif dan mencegah sejumlah kondisi, termasuk kanker dan diabetes tipe 2.

Manfaat Rebusan Kayu Manis 

Ada berbagai manfaat kesehatan dalam air rebusan kayu manis untuk membantu menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan mendasar. Tetapi, kamu tidak harus mempunyai gangguan kesehatan terlebih dulu, baru rutin mengkonsumsi air rebusan kayu manis ini. 

Sebab, mengkonsumsi rebusan kayu manis pun dapat membantu merawat sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, mengurangi berat badan dan lainnya. Berikut beberapa manfaat rebusan kayu manis: 

1. Mengurangi berat badan 

Rebusan kayu manis ternyata telah lama dianggap menjadi minuman yang efektif guna menurunkan berat badan. Sebab minuman dari rempah-rempah ini dapat membantu membangun metabolisme dan membakar lemak dalam tubuh dengan lebih baik. 

Pada sebuah riset, kayu manis di dapat menaikkan thermogenesis atau jumlah panas tubuh sampai 20%, yang bisa mempercepat kalori dalam tubuh terbakar. Tidak hanya itu, kayu manis memiliki aroma yang sangat enak ini pun dapat menurunkan nafsu makan, sehingga membantu mengelola jumlah makanan tidak sehat yang dikonsumsi. 

Yang terakhir, kayu manis pun dapat membantu pencernaan karbohidrat dan lemak, sehingga menghindari nutrisi tersebut disimpan menjadi lemak pada tubuh. Nah, jika dipadukan dengan pola hidup sehat, meminum rebusan kayu manis ini dapat menjadi salah satu cara efektif guna turunkan berat badan. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Kayu Manis dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

2. Bagus untuk penderita diabetes 

Manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh dari rebusan kayu manis yaitu bagus dikonsumsi untuk penderita diabetes. Hal tersebut sebab kayu manis telah terbukti dapat membantu mengelola kadar gula darah. Tidak hanya itu, kayu manis pun mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa membantu menjaga penderita terhindar dari komplikasi diabetes. 

Sehingga, jika kamu menderita diabetes, mengkonsumsi rebusan kayu manis ini dapat menjadi cara guna mengelola kadar gula darah tidak hanya dari obat-obatan saja. Saat masuk ke dalam tubuh, kayu manis akan bekerja di sel-sel otot dan membantu merubah gula menjadi sebuah energi, sehingga bisa menyeimbangkan kadarnya di dalam tubuh. 

3. Batu mengobati kram menstruasi 

Untuk wanita yang kerap kali merasakan kram ketika menstruasi, kamu bisa mencoba rajin minum rebusan kayu manis. Karena sifat antispasmodik (anti kontraksi atau kejang) yang dipunyainya, kayu manis ini bermanfaat guna meredakan rasa sakit yang hadir karena menstruasi. 

Mengkonsumsi segelas air hangat dengan campuran kayu manis dapat membantu meredakan kram karena datang bulan. Jika sudah tidak merasakannya pada esok hari, maka kamu tidak perlu meminumnya lagi. 

4. Menguatkan sistem kekebalan tubuh 

Rebusan kayu manis ini pun mempunyai kandungan proanthocyanidins dan antioksidan polifenol yang tinggi sehingga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. 

Karena adanya sifat antivirus, antijamur dan antibakterinya membantu menekan kemungkinan berkembangnya beberapa bahaya kesehatan, misalnya masalah jantung, gangguan pernapasan dan lainnya. 

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur 

5. Mengobati kista ovarium 

Sindrom ovarium polikistik atau biasa dikenal dengan PCOS merupakan masalah hormonal yang mengakibatkan ovarium membesar bersama kista kecil yang ada di tepi terluar. Sejumlah penelitian memperlihatkan manfaat rebusan kayu manis ini dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kista pada ovarium. 

Minuman sehat ini pun berkhasiat untuk para wanita yang mempunyai siklus menstruasi yang berat maupun tidak teratur. Kamu bisa mengkonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. 

6. Meredakan peradangan 

Untuk para penderita radang sendi atau nyeri sendi pun disarankan untuk mengkonsumsi rebusan kayu manis ini guna meredakannya. Karena sifat anti inflamasinya ini, membuat minuman sehat tersebut dapat membantu meredakan rasa sakit karena peradangan. 

Air kayu manis pun membantu menaikan sirkulasi darah, sehingga dapat memperlambat perkembangan keadaan seperti radang sendi. 

7. Melindungi sel dan saraf otak 

Kayu manis dianggap bisa mengatasi masalah neurodegeneratif dengan ciri-ciri menurunnya fungsi atau struktur dari sel otak. Ada penyakit neurodegeneratif yang sangat terkenal yaitu penyakit Parkinson dan Alzheimer.  

Khasiat rebusan kayu manis untuk melawan penyakit Alzheimer disebabkan oleh kemampuannya untuk memperlambat terbentuknya protein tau pada otak yang diyakini menjadi penyebab dari terjadinya penyakit Alzheimer. 

Studi yang dilakukan pada tikus pengidap penyakit Parkinson mendapati jika kayu manis bisa melindungi sel saraf, berguna untuk stabilitas kadar kandungan kimia dan membangun fungsi motorik. 

Tetapi, penelitian lebih dalam masih dibutuhkan guna memastikan khasiat dari kayu manis untuk penyakit neurodegeneratif.

8. Menekan penuaan kulit 

Antioksidan yang tinggi menjadikan kayu manis dianggap bisa merangsang terbentuknya kolagen dan membangun hidrasi beserta elastisitas kulit. Berdasarkan penelitian, manfaat kayu manis ini menjadikanya dianggap dapat menekan penuaan pada kulit. 

9. Mengatasi masalah lambung 

Kayu manis adalah bumbu dapur yang bagus untuk pencernaan. Tidak hanya itu, kayu manis untuk penderita asam lambung berfungsi guna mengatasi gastritis atau peradangan yang terjadi di dalam lambung. 

Mengkonsumsi rebusan kayu manis sesuai takarannya diperbolehkan untuk pengidap asam lambung. Adapun makanan yang lebih baik dihindari yaitu makanan pedas, berbumbu dan berminyak yang berlebihan. 
Itu dia sejumlah manfaat rebusan kayu manis untuk kesehatan yang belum diketahui banyak orang. Kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin dan konsisten untuk bisa merasakan khasiat dari minuman sehat satu ini.

Baca Juga: Daftar Fungsi Minyak Wijen Untuk Masakan 

Berbagai Alternatif Mengonsumsi Kayu Manis

Selain mengonsumsi kayu manis melalui rebusan, terdapat berbagai alternatif cara untuk menikmati kayu manis ini dalam hidangan sehari-hari! Berikut adalah beberapa cara kreatif untuk menambahkan kayu manis ke dalam menu makanan dan minuman:

1. Kayu Manis Bubuk:

Campurkan bubuk kayu manis dengan gula, lalu taburkan di atas roti yang dioles mentega. Ini juga bisa menjadi topping lezat untuk ubi. Atau kamu bisa menggunakannya untuk memberi rasa pada yogurt biasa atau kopi pagi kamu. Cukup campurkan 2 sendok teh kayu manis ke dalam 1 cangkir gula pasir dan simpan dalam wadah tertutup.

Atau cooba buat topping untuk oatmeal apel dengan kayu manis.

Bahan:

Dalam panci kecil, lelehkan mentega. Tambahkan apel dan masak dengan api sedang selama 5 menit dan tetap mengaduk. Tambahkan gula dan bubuk kayu manis, aduk rata. Masak selama 1 menit lagi atau hingga gula larut. Tuangkan campuran apel ke atas oatmeal yang sudah disiapkan.

2. Kayu Manis Batang:

Betul kayu manis batang bisa dimakan begitu saja, meskipun lebih umum digunakan untuk memberikan aroma pada minuman atau hidangan. kamu bisa menikmati kayu manis batang dalam minuman hangat seperti hot chocolate, apple cider, atau lainnya. Sisa masukkan saja batang kayu manis ke dalam gelas untuk memberi varian rasa baru kepada minuman tersebut.

Dengan berbagai pilihan cara mengonsumsi kayu manis ini, kamu dapat menikmati manfaatnya dalam beragam hidangan dan minuman. Coba kreativitas kamu sendiri dan tambahkan sentuhan istimewa kayu manis pada menu sehari-hari kamu!

Belanja kebutuhan harian dengan praktis dan pengiriman cepat sampai dalam hitungan menit hanya di Astro! Belanja di Astro sekarang dan dapatkan berbagai promo untuk pengguna baru. Download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu