Sudah Pasti Lezat, Ini Cara Membuat Salad Buah Untuk Diet

Sudah Pasti Lezat, Ini Cara Membuat Salad Buah Untuk Diet

Salad buah menjadi salah satu menu andalan diet. Makanan ini terbuat dari buah-buahan segar yang rendah kalori, kaya mineral, vitamin, dan tinggi serat sehingga membantu sistem metabolisme pencernaan. Sudah pasti lezat karena kamu dapat menggunakan beberapa jenis buah dan varian toping tambahan. Namun sebelum membahas cara membuat salad buah untuk diet, mari ketahui manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Mengkonsumsi Salad Buah Setiap Hari

Berikut beberapa manfaat salad buah yang bisa diperoleh jika dikonsumsi dalam komposisi dan porsi tepat. Baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

1.      Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salad buah kaya akan serat, membantu melancarkan fungsi saluran pencernaan sehingga mencegah konstipasi. Selain itu, fungsi serat juga dapat mengurangi peradangan dalam saluran cerna dan mendukung fungsi bakteri baik di usus.

2.      Mencegah berbagai Penyakit

Konsumsi buah secara rutin terbukti dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker usus, penyakit jantung, hipertensi, atau diabetes tipe 2. Ini karena kandungan antioksidan, vitamin C, E, dan asupan nutrisi lainnya yang melimpah dalam buah-buahan akan memperkuat kekebalan dan fungsi organ tubuh.

3.      Baik Bagi Kesehatan Mental

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa manfaat salad buah juga dapat memelihara kesehatan mental seseorang bila dikonsumsi secara rutin. Hal ini diduga karena kandungan polifenol dan karbohidrat kompleks yang bisa meningkatkan stamina, suasana hati, bahkan konsentrasi. Sehingga memberikan efek terhadap mental dan produktivitas.

4.      Menurunkan Berat Badan

Buah-buahan yang dijadikan salad tidak hanya nikmat dan menyegarkan, namun juga mengurangi rasa lapar dengan memberikan efek kenyang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan rendah kalori untuk menurunkan berat badan secara sehat. Agar khasiatnya lebih optimal, pastikan untuk membatasi porsi dan menghindari saus yang tinggi lemak dan kalori.

2 Cara Membuat Salad Buah untuk Diet Sehat, Enak, dan Simpel

Semua jenis buah sebenarnya mengandung nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.  Namun saat kamu menjalankan program diet, tentu ada beberapa pilihan buah yang lebih membantu menurunkan berat badan. Berikut beberapa jenis buah untuk penyajian salad buah diet:

  • Jambu biji, mendukung kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin C.
  • Semangka, mencegah dehidrasi dan menjaga kelembaban kulit karena kaya akan air.
  • Alpukat, melindungi pembuluh darah dan jantung dengan kandungan lemak baiknya.
  • Buah naga, menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A.
  • Pisang, menjaga kadar elektrolit yang hilang akibat diare atau muntah melalui kandungan kaliumnya.

Orang-orang biasanya menambahkan saus mayones untuk membuat salad buah semakin lezat. Namun penyajian ini tidak dianjurkan bila kamu sedang diet, karena mayones mengandung banyak lemak dan kalori tinggi. Nanti bukannya memperoleh manfaat salad buah dengan maksimal, justru berat badan semakin bertambah. Sebagai solusinya, kamu bisa mengganti mayonaise dengan yoghurt.

Jenis makanan yang bagus untuk pencernaan karena mengandung bakteri baik serta kalsium. Sebaiknya kamu juga menghindari pemanis tambahan seperti sirup, susu kental manis, atau gula, dan ganti dengan pemanis alami seperti madu. Perlu diingat bahwa tiap-tiap buah memiliki kandungan vitamin dan mineral berbeda-beda. Supaya asupan nutrisi yang diperoleh lebih beragam, kamu bisa membuat salad buah dari beberapa jenis buah-buahan segar di atas.

1. Salad Buah Saus Yogurt

Berikut langkah cara membuat salad buah untuk diet sehat. Dimulai dari bahan-bahan yang diperlukan:

Cara membuat:

  1. Cuci dan kupas buah apel, pisang, dan mangga lalu potong sesuai selera.
  2. Pindahkan ke dalam wadah dan kucuri dengan sedikit air jeruk lemon.
  3. Tambahkan semua bahan saus dan aduk merata.
  4. Simpan dalam lemari es hingga mendingin
  5. Salad buah diet siap disajikan.

2. Perfect Summer Salad

Salad buah menyegarkan dengan rasa kecut dan tidak terlalu manis. Perfect Summer Salad aman untuk diet karena hanya mengandung 155 kalori, 1.8 gr protein, 5 mg sodium, 0.6 gram lemak, dan 39 gram karbohidrat. Berikut bahan-bahannya:

  • 2 cangkir blueberry
  • 1 cangkir anggur tanpa biji
  • 2 buah jeruk.
  • 3 buah pisang.
  • 3 buah kiwi.
  • 2 cangkir stroberi
  • 2 cangkir nanas segar
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • ½ sdt parutan kulit lemon
  • ½ sdt parutan kulit jeruk
  • 3 sdm gula aren
  • 40 ml air lemon
  • 150 ml air jeruk

Cara membuat:

  1. Cuci semua buah, kupas lalu potong kecil-kecil.
  2. Siapkan panci untuk diisi air jeruk dan lemon, kulit lemon dan kulit jeruk, gula aren, lalu masak hingga mendidih.
  3. Setelah mengental, matikan kompor dan taburkan ekstrak vanili.
  4. Siapkan buah dalam mangkuk besar.
  5. Tuangkan saus yang telah dingin ke atas buah.
  6. Simpan di lemari pendingin sebelum disajikan.

Demikian informasi cara membuat salad buah untuk diet. Kamu bisa membeli semua jenis buah-buahan segar di atas melalui platform belanja online Astro dengan pengiriman cepat dan harga hemat. Download dan buka aplikasi Astro di Google Play Store dan App Store!

Referensi:

3 Kreasi Resep Salad Buah Sehat yang Pas Jadi Menu Diet

Kenali 4 Manfaat Salad Buah di Balik Kelezatannya

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu