Resep Olahan Tempe Untuk Diet yang Bisa Dibuat Dengan Mudah

Resep Olahan Tempe Untuk Diet yang Bisa Dibuat Dengan Mudah

Tempe adalah salah satu jenis makanan yang tinggi akan protein dan banyak disukai orang. Tidak hanya protein, makanan yang satu ini juga mempunyai berbagai kandungan lain yang sangat baik untuk tubuh, seperti mineral, vitamin, lemak jahat, serat, dan karbohidrat.

Untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi yang ada pada makanan ini, cara pengolahan masakan tempe wajib kamu lakukan dengan benar. Mengolah tempe dengan tidak sehat seperti digoreng bisa menjadikan kandungan nutrisi di dalamnya hilang bahkan bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan. 

Walaupun demikian, resep olahan tempe untuk diet ini tidak selalu direbus ataupun dikukus saja. Ada pula berbagai olahan tempe kekinian yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Baca Juga: Kumpulan Resep Olahan Tahu Untuk Diet yang Lezat

Rekomendasi Resep Olahan Tempe untuk Diet

1. Steak tempe

Biasanya steak terbuat dari daging sapi atau daging ayam. Tapi, siapa sangka diketik dari olahan tempe ini pun mempunyai rasa yang sangat lezat. Tidak sama seperti daging, tempe rendah akan lemak jenuh tentunya lebih sehat. 

Cara pengolahannya yaitu kamu bisa memegangnya, cara ini lebih baik dibandingkan digoreng, yang penting tidak gosong. Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat makanan yang satu ini yaitu:

Bahan untuk sausnya:

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Tempe kamu di ASTRO!

Resep Olahan Tempe Untuk Diet yang Bisa Dibuat Dengan Mudah

Sesudah seluruh bahan tersebut kamu dapatkan, kamu dapat langsung membuatnya menjadi steak tempe dengan cara seperti berikut:

  • Kukus tempe dan bawang putih.
  • Sambil menunggu tahu tempe matang, kamu dapat merebus buncis dan brokoli yang telah dibersihkan dan potong sesuai selera. Angkat bila telah memperoleh tingkat kematangan yang kamu inginkan.
  • Setelah tempe dan bawang putih matang, haluskan dan tambahkan lada dan garam secukupnya guna memberikan rasa pada adonan tersebut.
  • Lalu, aduk semua bahan dengan bumbu sampai tercampur rata.
  • Bentuk adonan tadi yang telah halus menjadi stick sesuai dengan selera dan panggang adonan di atas teflon sampai warnanya menjadi kecoklatan.
  • Jangan memasak sampai gosong sebab dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan mu.
  • Bila telah memperoleh warna yang diinginkan atau adonan sudah matang, maka kamu dapat memindahkan steak tersebut ke piring.
  • Sausnya kamu bisa membuat dengan cara mencincang bawang putih dan menulisnya sampai harum dan tambahkan sedikit air.
  • Setelah harum, tambahkan saus tiram dan saos sambal. Tidak lupa untuk menambahkan lada secukupnya guna menambah cita rasa.
  • Tuangkan saus pada steak tempe dan sajikan untuk makan malam.

Steak tempe ini siap untuk kamu nikmati dan dapat kamu jadikan pilihan makanan untuk diet. Hanya memiliki rasa yang lezat saja, makanan yang satu ini juga rendah kalori.

2. Burger tempe

Burger adalah jenis makanan kekinian yang paling banyak disukai oleh orang Indonesia ketika tetapi, umumnya sajian yang satu ini tidak sihat sebab dibuat menggunakan bahan seperti mayonaise, tepung dan daging olahan. 

Namun tidak perlu khawatir lagi sebab kamu dapat membuat Burger sehat memakai tempe. Makanan berbahan dasar tempe ini memerlukan bahan-bahan yaitu:

Bila bahan tersebut telah siap, pembuatan burger tempe dapat kamu lakukan dengan cara berikut:

  • Rebus telur dan jagung sampai matang. Masak di panci yang berbeda, atau jangan dicampur.
  • Panggang bawang bombay dan tempe di teflon. Tambahkan sedikit minyak Canola dan masak sampai kecoklatan. Jika tidak ingin memakai minyak, kamu bisa memasaknya memakai airfryer.
  • Sudah matang, susunan bawang Bombay, tempe, telur, keju, daun Selada dan Tumpuk seperti burger. Kamu boleh memberikan sedikit saus agar rasanya semakin lezat. Burger sehat yang satu ini tentu saja cocok untuk kamu yang sedang diet.

Baca Juga: Resep Olahan Telur Agar Tidak Bosan Untuk Sehari-hari

3. Tempe bacem

Bila kamu bosan dengan makanan kekinian, ada pula olahan tempe sederhana yang bisa kamu buat di rumah namun tetap memiliki rasa yang enak yakni tempe bacem. Untuk membuat masakan yang satu ini, kamu membutuhkan bahan seperti:

Cara untuk membuat tempe bacem yang nikmat dan sehat sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa cara di bawah ini.

  • Haluskan seluruh bumbu, kamu dapat menggunakan blender atau ulekan. Tapi, demi memperoleh cita rasa yang lebih nikmat di lidah, ada baiknya kamu menggunakan ulekan.
  • Panaskan air pada panci atau wajan secukupnya, dan masukan bumbu yang telah dihaluskan serta tempe ke dalam wajan tersebut. Diamkan sampai air surut dan bumbu menyerap secara merata ke dalam tempe.
  • Sudah bumbu tersebut menyerap dan air menyusut, kamu bisa mengangkat dan memindahkan temp ke atas piring. Tempe bacem yang lezat dan sehat ini sudah bisa kamu nikmati. 

Baca Juga: Daftar Resep Olahan Beras Merah Untuk Diet yang Tidak Membosankan

Nah, Itu tadi beberapa resep olahan tempe untuk diet yang kekinian dan sederhana yang cocok untuk kamu konsumsi selama dia. Semoga rekomendasi pilihan menu diet di atas ini bisa membantu kamu untuk mengkonsumsi makanan diet yang lebih bervariasi lagi. Namun, kamu juga perlu mengimbanginya dengan rajin berolahraga dan hindari makanan berlemak.

Yuk coba resep di atas untuk dukung program diet kamu. Kalau masih ada bahan-bahan yang kurang langsung aja pesan di Astro. Tenang, pesanan di Astro nggak akan lama, pesanan kamu di Astro akan sampai dalam hitungan menit. Jadi, kamu bisa langsung coba resepnya di rumah. Yuk belanja di aplikasi Astro! Download aplikasinya di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu