Resep Karedok Khas Sunda Dijamin Rasanya Gurih dan Menyehatkan

Resep Karedok Khas Sunda Dijamin Rasanya Gurih dan Menyehatkan

Setiap orang harus mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya agar berdampak baik pada kesehatannya. Ada banyak makanan sehat karena diisi berbagai jenis sayuran yang bisa kamu nikmati ketika siang hari dan salah satunya adalah karedok. Karedok merupakan makanan khas Sunda yang berisi berbagai sayuran mentah segar yang ditambahkan dengan bumbu kacang gurih. Jika di sekitar kamu sulit menemukan penjual karedok, sebaiknya kamu bisa membuat resep karedok asal Sunda yang akan dibahas berikut ini.

Baca Juga: Resep Terong Balado Khas Jawa Simpel Dengan Pedas Yang Menggoda

Bahan-Bahan

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu memiliki bahan-bahan di bawah. Jika ada bahan yang tidak ada di dapurmu, jangan lupa kamu bisa pesan semua kebutuhan masak di aplikasi Astro!

Bahan Bumbu Halus

Bahan Topping

  • Kerupuk kanji atau emping secukupnya

Proses Pembuatan

Baca Juga: Resep Cilok Bumbu Kacang Pedas Spesial Favorit Semua Orang!

  1. Pertama potong timun dengan ukuran kecil selanjutnya buang tangkai pada terong dan potong tipis juga.
  2. Lalu potong kacang panjang secara melintang, daun kol berukuran 1 centimeter, dan petik daun kemangi.
  3. Masukkan air matang ke sebuah wadah lalu tambahkan sedikit garam.
  4. Selanjutnya rendam sayuran yang sudah dipotong sebelumnya ke dalam wadah sebentar saja lalu tiriskan.
  5. Aduk semua bumbu halus yang ditambahkan dengan air Jawa dan air matang secukupnya sampai bumbunya kental.
  6. Kemudian masukkan semua sayuran yang sudah dipotong dan juga toge lalu aduk sampai semua bumbu tercampur merata dengan sayuran.
  7. Setelah diaduk merata, pindahkan ke piring saji dan karedok siap disajikan dengan tambahan kerupuk atau emping.

Itulah cara membuat resep karedok khas Sunda yang rasanya gurih dan juga sehat buat kamu. Dengan banyaknya sayuran yang dipakai tentunya membuat makanan ini cocok untuk diet karena memiliki jumlah kalori yang sedikit. Dalam satu porsi karedok maka hanya menghasilkan kalori sebanyak 169 kalori saja yang masuk ke tubuh. Jadi bagi kamu yang sedang diet atau menjaga berat badan maka bisa mengkonsumsi menu yang satu ini.

Selain kalorinya sedikit, kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari berbagai sayuran di karedok. Mulai dari kacang panjang yang berperan mengurangi rasa nyeri ketika sedang haid, kulit jadi lebih sehat, mencegah terjadinya kanker, menyembuhkan asam urat, hingga berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Lalu ada toge bisa memperlancar pencernaan kamu, mengendalikan gula darah, imunitas tubuh jadi meningkat, dan juga bisa mengendalikan berat badan tetap ideal.

Selanjutnya ada terong hijau yang kaya vitamin, mineral, dan juga protein sehingga memberikan manfaat buat kamu. Manfaat dari terong hijau adalah bisa menyehatkan kulit, meningkatkan kekebalan pada tubuh, mengendalikan tekanan darah, mencegah penyakit kolesterol, meminimalisir risiko diabetes, dan juga melancarkan sistem pencernaan. Kemudian ada juga daun kemangi yang bisa menghilangkan jerawat di wajah, mencegah terjadinya infeksi, sampai menurunkan stres.

Baca Juga: Rahasia Resep Bakwan Jagung Renyah & Empuk Anti Alot!

Dengan banyaknya manfaat yang akan kamu peroleh dari sayuran maka mulai sekarang stok sayuran di dalam lemari pendingin. Untuk mencari berbagai jenis sayuran yang paling lengkap maka bisa buka aplikasi Astro. Di dalam aplikasi Astro ada banyak sayuran segar dan tentunya bermanfaat untuk tubuh yang akan diantarkan ke rumah kamu dalam waktu beberapa menit saja.

Hakim Habibie
Hakim Habibie