Resep dan Cara Mudah Membuat Ketupat Untuk Lebaran, Gampang Banget!

Hari Raya Idul Fitri identik dengan makanan khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan lainnya. Ketupat adalah makanan yang biasanya menjadi sajian utama pada saat lebaran tiba. Namun, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam membuat ketupat. Bagi kamu yang ingin membuat ketupat sendiri di rumah, artikel ini akan memberikan tips dan resep praktis untuk membuat ketupat yang lezat dan empuk.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Wajib Ketika Hari Raya Idul Fitri

Apa itu Ketupat?

Sebelum membahas cara membuat ketupat, kamu perlu tahu apa itu ketupat. Ketupat adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun kelapa atau janur. Ketupat biasanya dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti opor ayam, rendang, sate, atau disantap dengan sambal kacang.

Hidangan ketupat masing – masing daerah di indonesia juga cukup bervariasi antara satu sama lain, dari mulai sayur yang digunakan, bumbu hingga lauk pendamping, nah supaya kamu bisa membuat ketupat kamu sendiri dirumah, pastikan kamu perhatikan baik – baik resep dan cara membuatnya dibawah ini yah!

Resep dan Cara Membuat Ketupat Lebaran Anti Gagal

Berikut ini adalah resep untuk membuat ketupat:

Bahan:

  • 500 gram beras
  • Air secukupnya
  • Daun kelapa atau janur secukupnya

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Ketupat kamu di ASTRO!

Resep-dan-Cara-Mudah-Membuat-Ketupat

Cara membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih, kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 4 jam.
  2. Tiriskan beras hingga airnya benar-benar tersisa.
  3. Ambil daun kelapa atau janur, lalu potong-potong menjadi ukuran 20 x 20 cm.
  4. Ambil sekitar 2 sendok makan beras yang sudah dicuci dan tiriskan, lalu masukkan ke dalam daun kelapa atau janur yang sudah dipotong tadi.
  5. Bentuk beras yang sudah dimasukkan ke dalam daun kelapa atau janur menjadi segitiga.
  6. Kencangkan daun kelapa atau janur dengan menggunakan tali rafia.
  7. Masukkan ketupat yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih, dan masak selama kurang lebih 2 jam.
  8. Angkat ketupat dan tiriskan.

Baca Juga: Resep Rendang Daging Sapi Untuk Lebaran, Gurih dan Nikmat!

Tips Membuat Ketupat yang Empuk dan Lezat

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat ketupat yang empuk dan lezat:

  1. Gunakan beras yang kualitasnya baik. Hindari menggunakan beras yang terlalu baru atau terlalu lama.
  2. Rendam beras dalam air selama kurang lebih 4 jam agar ketupat lebih mudah dibentuk dan tidak mudah hancur saat dimasak.
  3. Jangan terlalu banyak memasukkan beras ke dalam daun kelapa atau janur, agar ketupat tidak terlalu padat dan bisa menjadi empuk.
  4. Jangan terlalu kencang saat mengikat daun kelapa atau janur, agar ketupat tidak terlalu keras dan tetap empuk.
  5. Gunakan air mendidih yang banyak saat merebus ketupat, agar ketupat bisa matang sempurna dan tidak pecah saat dimasak.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Ketupat Sayur yang Gurih dan Nikmat

Membuat ketupat untuk lebaran tidaklah sulit, asalkan kamu tahu tips dan trik dalam membuatnya. Dengan resep dan tips yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa membuat ketupat yang empuk dan lezat di rumah dengan mudah. Ingatlah untuk menggunakan beras yang berkualitas baik dan mengikuti langkah-langkah secara teliti agar ketupat yang dihasilkan memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang lezat.

Jika kamu ingin mencari beras berkualitas untuk bahan ketupat lebaran, kamu bisa mendapatkan Raja Platinum Beras Slyp Super 5kg, Puregreen Beras Pulen Wangi 1 kg/Beras Organik, atau Sumo Hijau Beras Premium 5kg/Rice hanya di aplikasi Astro dengan mudah. Lewat aplikasi Astro kamu bisa belanja berbagai kebutuhan bulan puasa dan lebaran dengan cepat hanya lewat smartphone. Jadi, tunggu apalagi? Yuk!, belanja segala kebutuhanmu di aplikasi astro.

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu