Rekomendasi Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

Ketika diare kamu akan buang air besar terus-menerus dan tentunya akan sangat merepotkan. Gejala diare memang bisa hilang dengan sendiri nya tanpa perlu diobati, namun proses penyembuhannya mungkin akan berjalan cukup lambat. Agar cepat sembuh, kamu perlu mengenai makanan yang harus dihindari saat diare. 

Tentunya ada alasan jika kamu perlu menghindari makanan tersebut, salah satunya agar kamu tidak terus-menerus buang air besar. Jadi, apa sajakah daftar makanan yang perlu kamu hindari ketika diare? Berikut daftar makanan nya yang perlu kamu ketahui. 

Baca Juga: Jangan Salah Langkah! Panduan Lengkap Membersihkan Daging Slice dengan Baik

Hindari Makanan Ini saat Diare 

Tidak hanya mengkonsumsi obat, kamu pun tetap perlu menjaga pola makan. Ini sebab dalam keadaan diare, sistem pencernaan mengalami masalah sehingga pilihan makanan perlu diperhatikan. Bila tidak, kemungkinan besar diare mu bisa semakin parah. Demi menghindari hal tersebut terjadi, sejumlah makanan berikut perlu kamu hindari. 

1. Makanan pedas

Rasa pedas dari sambal, lada atau potongan cabai, tentunya menambah kenikmatan sebuah makanan. Namun sayangnya, makanan ini dilarang dikonsumsi ketika diare. Pasalnya, makanan pedas ini menjadi penyebab diare untuk sebagian orang. Makanan pedas mempunyai kandungan senyawa yang dapat mengiritasi, yaitu capsaicin. 

Capsaicin bisa mengganggu kerja usus untuk menyerap cairan dalam minuman dan makanan. Proses yang semestinya berjalan lambat menjadi sangat cepat sehingga penyerapan cairan tidak mungkin dilakukan dengan maksimal. 

Dampaknya, kamu menjadi sangat sering buang air besar dengan tekstur feses yang cair. Tidak hanya itu, capsaicin pun mengaktifkan reseptor rasa sakit pada anus sehingga anus mu akan terasa panas sesudah buang air besar. 

2. Makanan dengan rempah kuat 

Makanan yang perlu dihindari ketika diare berikutnya yaitu makanan dengan bumbu kuat. Khususnya jika makanan mengandung banyak santan, garam, dan ditambah dengan cuka atau perasan lemon. 

Makanan yang mempunyai rasa kuat ini memiliki berpengaruh besar terhadap proses pencernaan, sebagian diantaranya bahkan dapat menyebabkan gejala diare, seperti perut melilit dan terus-menerus buang air besar. 

Begitu pula dengan makanan yang diolah dengan terlalu banyak menggunakan bawang bombay dan bawang putih. Bahan-bahan tersebut tinggi akan serat dan memiliki kandungan fruktan, yaitu karbohidrat kompleks yang cukup sulit untuk dicerna. 

Jika makanan ini kamu konsumsi ketika diare, perut mu akan mulas. Sebaliknya, kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan rasa yang hambar, yaitu berkuah bening, tidak pedas dan tidak asam. Kurangi pula penggunaan bawang bombay dan bawang putih serta tambahkan dengan adas atau seledri. 

Baca Juga: Mengenal Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

3. Makanan berlemak dan berminyak 

Memang makanan yang digoreng akan terasa lebih gurih, renyah dan lezat. Sayangnya, makanan tersebut menjadi makanan yang perlu kamu hindari ketika diare. 

Efeknya, gejala diare bisa semakin memburuk. Sebagai solusi, kamu harus mengurangi konsumsinya sampai sembuh dan beralih dengan mengkonsumsi makanan yang dikukus atau direbus. Tidak hanya lembut, makanan yang direbus atau dikukus teksturnya sangat empuk sehingga mudah sekali dicerna oleh sistem pencernaan mu. 

4. Makanan kaya akan serat 

Serat membantu kamu terhindar dari masalah sembelit. Tetapi ketika diare, makanan yang kaya akan serat justru perlu kamu hindari. Pasalnya, serat mempunyai sifat melunakkan feses, yang jika dimakan bisa membuat gejala diare yang sedang kamu rasakan semakin parah. 

Jenis makanan tinggi serat yang perlu dihindari ketika diare, yaitu gandum utuh, kembang kol dan brokoli. Walaupun begitu, tidak berarti kamu tidak mengkonsumsi sama sekali makanan yang tinggi akan serat. Serat tetap harus kamu konsumsi ketika diare, namun pilih sumber serat yang kandungannya rendah seperti buah bit atau wortel. 

5. Makanan bergas 

Kacang-kacangan mengandung vitamin, protein dan beragam zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Namun, mengkonsumsi makanan ini untuk beberapa orang dapat mengakibatkan perut terasa penuh dan kembung. 

Keadaan ini dapat terjadi sebab kacang-kacangan mempunyai kandungan gas yang tinggi. Ketika diare, keadaan perut sedang kurang baik. Nah, kandungan gas yang cukup tinggi dapat memperburuk keadaannya. 

Baca Juga: Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun, Gak Cuma Usir Kuman

6. Produk susu 

Makanan dengan bahan dasar susu pun menjadi pantangan ketika diare. Produk susu mempunyai kandungan laktosa, yaitu gula yang terdapat pada sapi. Pada orang yang mempunyai intoleransi laktosa, produk susu dapat memicu timbulnya masalah pencernaan, salah satunya adalah diare. 

Sekalipun kamu tidak memiliki keadaan ini, tentunya lebih baik hindari mengkonsumsinya ketika diare. Makanan yang mengandung susu seperti susu cair, keju dan es krim. Mengkonsumsi produk susu mungkin bisa menimbulkan gas yang menjadikan perut terasa kembung. 

Tetapi, ada jenis makanan berbahan dasar susu yang bisa kamu konsumsi yakni yogurt. Alasannya yaitu yogurt mengandung bakteri yang yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Demikianlah, rekomendasi makanan yang harus dihindari saat diare agar kamu bisa sembuh lebih cepat. Dengan adanya ulasan di atas, semoga kamu bisa menjaga asupan makanan ketika sedang diare. Jangan lupa kamu bisa dapatkan bahan-bahan masak yang sehat dan aman untuk diare dari Astro! Yuk, Download Aplikasi Astro di Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu